Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur

Ekormurai – Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang kerap dijadikan hewan peliharaan. Lovebird merupakan burung yang lucu dan juga sangat menarik. Jika Anda tertarik untuk memelihara lovebird, tentu Anda ingin lovebird betina Anda cepat bertelur. Namun untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara ampuh untuk membuat lovebird betina Anda cepat bertelur.

Cara Efektif Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur- Lovebird atau sering juga disebut burung lovebird, merupakan burung yang berasal dari Afrika dan merupakan anggota dari burung paruh beo dari famili Psittacidae. Di Indonesia burung lovebird banyak yang membudidayakannya terutama di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Penangkaran terus meluas ke berbagai kota dan daerah. Merawat lovebird memang gampang-gampang susah, bagi anda yang beternak burung pasti tahu bagaimana cara agar burung betina bisa bertelur. Namun, ada kalanya birahi betina turun, hal ini akan mempengaruhi lamanya proses kawin.

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/cara-membuat-lovebird-fast-bertelur.html
Cara Efektif Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya berikan pakan yang berfungsi untuk merangsang birahi betina agar kembali bangkit, dan burung lovebird yang ditangkarkan akan berproduksi dengan baik dan menghasilkan keturunan yang berkualitas. Langsung saja simak ulasan mengenai makanan tersebut di bawah ini:

A. Bayam

B. Biji bunga matahari

C. Jagung muda

Makanan di atas memang dipercaya ampuh untuk meningkatkan birahi lovebird. Namun selain meningkatkan nafsu birahi betina, Anda juga harus membuat betina nyaman dan siap bertelur. Lalu bagaimana cara membuatnya nyaman? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Betina Mau Bertelur

Selain untuk meningkatkan nafsu birahi betina, ternyata ada hal lain yang harus dilakukan agar betina mau dan siap bertelur, itulah sebabnya burung lovebird sulit bertelur. Jadi, metode ini adalah:

1. Tempatkan pasangan lain di tempat yang sama

Anda bisa meletakkan burung yang sedang mengerami telurnya di dekat indukan betina yang belum bertelur. Mengapa ini dilakukan? Tujuannya untuk memancing indukan agar mau bertelur, suara rintihan dari indukan yang sedang mengerami telur akan membuat indukan yang belum bertelur ingin bertelur. Namun perlu diingat, jangan tempatkan kedua pasangan ini dalam satu kandang yang sama.

2. Gunakan lampu spektrum penuh

Lampu ini akan mempercepat proses bertelur pada betina, mengapa demikian? Karena lampu ini memiliki suhu warna sekitar 5500 maka bisa dikatakan sangat senyap dan sejuk untuk proses bertelur. Sebaiknya selalu gunakan lampu full spectrum pada kandang lovebird, dengan tujuan agar sang betina mau bertelur dalam kondisi yang nyaman. Bila perlu anda juga bisa menggunakan timer pada lampu, agar pada malam hari lampu padam dan burung anda lebih nyaman beristirahat.

3. Atur menu makanan

Jika ingin betina cepat bertelur, ganti menu makanannya dengan menu makanan yang dapat merangsang proses bertelur. Makanan ini bisa berupa tauge, kangkung, kwaci. Baby corn, atau sotong. Makanan di atas sangat ampuh untuk meningkatkan peluang burung lovebird bertelur, jadi jika anda ingin burung anda cepat bertelur maka coba gunakan makanan di atas.

4. Pemasangan kotak sarang yang benar

Agar proses bertelur dan inkubasi berjalan lancar, sebaiknya Anda membuat kotak sarang yang tepat. Gunakan kotak sarang yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, untuk pintunya sesuaikan dengan ukuran tubuh burung anda. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan serutan kayu setebal 2,5 cm untuk sarang burung di dalam kotak.

5. Pemberian suplemen untuk burung

Pemberian suplemen akan meningkatkan peluang bertelur lovebird, jadi jika anda ingin burung ini cepat bertelur maka usahakan pemberian suplemen untuk merangsang proses bertelur. Namun ingat, sebaiknya gunakan suplemen yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada burung anda, selain itu pemberian suplemen yang kurang tepat kemungkinan besar akan berakibat pada penurunan kesehatan burung tersebut.

Dengan demikian Cara Efektif Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur, jadi jika anda ingin burung anda cepat berkembang biak maka coba gunakan cara-cara diatas. Selain cara diatas, anda juga harus bijak dalam memilih indukan yang akan anda nikahi, pilihlah indukan yang bagus dan baik agar menghasilkan keturunan yang baik pula. Semoga bermanfaat dan Sallam LBMania!!..

  • Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur
  • Dengan mengetahui cara ampuh membuat lovebird betina cepat bertelur, Anda bisa menjadi seorang penggemar lovebird yang sukses. Jika Anda tetap mengikuti petunjuk di atas dan menjaga lovebird Anda dengan baik, maka Anda akan melihat hasilnya dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba!

    FAQ Tentang Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur

    1. Apa yang harus saya lakukan untuk membuat lovebird betina saya cepat bertelur?

    Untuk membuat lovebird betina cepat bertelur, Anda harus memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang tepat, termasuk makanan yang seimbang, vitamin, dan mineral. Anda juga harus memberi mereka tempat yang nyaman untuk bertelur dan menghilangkan semua faktor stres yang mungkin.

    2. Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan kesuburan lovebird betina saya?

    Untuk meningkatkan kesuburan lovebird betina, Anda harus menyediakan mereka makanan yang seimbang, meningkatkan kualitas air, dan memastikan kebersihan yang baik di kandang mereka. Anda juga harus memberikan mereka suasana yang aman dan nyaman untuk bertelur.

    3. Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah lovebird betina saya dari kelelahan?

    Untuk mencegah lovebird betina Anda dari kelelahan, Anda harus memberi mereka makanan yang berkualitas tinggi dan seimbang. Anda juga harus menyediakan mereka dengan waktu istirahat yang cukup, perawatan yang tepat, dan menghilangkan semua faktor stres yang mungkin.

    4. Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah lovebird betina saya dari infeksi?

    Untuk mencegah lovebird betina Anda dari infeksi, Anda harus memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang tepat, termasuk makanan yang seimbang, vitamin, dan mineral. Anda juga harus memastikan bahwa kandang mereka selalu bersih dan bahwa mereka tidak terpapar berbagai jenis penyakit.

    5. Bagaimana cara mengetahui lovebird betina saya sedang bertelur atau tidak?

    Untuk mengetahui apakah lovebird betina Anda sedang bertelur atau tidak, Anda harus memperhatikan tingkah laku mereka. Jika mereka mulai mengubah perilaku mereka, seperti meningkatkan jumlah waktu mereka di kandang, atau menggali lubang di dalam kandang, maka itu adalah tanda bahwa mereka sedang bertelur.

    Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur"