Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Untuk Lomba Agar Juara

Ekormurai – Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Untuk Lomba Agar Juara

Kacer adalah salah satu burung yang banyak digemari dan populer di Indonesia. Mereka menarik orang karena suara unik, kemampuan untuk berkicau dengan lancar, dan kualitas yang tinggi. Maka dari itu, banyak orang yang terlibat dalam berbagai macam lomba kacer. Untuk mencetak kacer muda yang berkualitas untuk lomba agar juara, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kacer Juara Cetak- Setting Kacer Juara, Latihan Kacer Pejuang, Video Kacer Juara Nasional, Kacer Juara Piala Presiden, Setting Kacer Sebelum Lomba, Kacer Ngobra, Merawat Kacer Juara Om Kicau, Ciri-Ciri Kacer Juara, Cara Merawat Kacer Agar Jinak dan Gacor, Kacer juara, download mp3 kacer juara, video kacer juara nasional, pengobatan kacer juara nasional, juara kacer piala presiden, kacer juara nasional 2015, kacer juara 1 nasional, jual kacer juara, kacer juara nasional mp3, kacer juara nasional, setting kacer jelang lomba, kicau kacer champ care om , setting kacer ngetem, kacer juara piala presiden, download mp3 kacer juara, kacer juara nasional 2015, video kacer juara nasional, video kacer juara nasional.
Cetak Kacer Muda Berkualitas untuk Juara Lomba – Kacer merupakan salah satu burung petarung yang saat ini semakin populer di kalangan pecinta burung kicau. Kelasnya dalam kompetisi tersebut juga menempati posisi/kelas bergengsi di setiap daerah. Tidak hanya di Jawa, di Sumatera dan Kalimantan peminat lomba kacer juga banyak. Bahkan, para pemilik kacer biasanya rela datang jauh-jauh ke luar kota, luar provinsi, bahkan luar pulau untuk mengikuti lomba kacer sekaligus silaturahmi dengan komunitas pecinta kacer. Hampir tak kalah ramai dengan pamor murai batu yang masih menempati posisi teratas yang tak tergoyahkan hingga saat ini.

Memiliki burung kacer juara tentunya sangat didambakan oleh banyak pecinta kacermania, terutama bagi mereka yang sangat menyukai kontes burung kicau. Mengapa demikian? karena memiliki burung kicau juara yang bagus hanya menang di event kecil seperti latber mampu mendongkrak harga jual pacarnya, apalagi jika pacar kita mampu tampil mengesankan dan memenangkan juara tingkat nasional itu bisa di jamin dan sangat mungkin pacar kita bisa bernilai puluhan bahkan ratusan juta.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mencetak dan memproduksi burung kacer kualitas juara? Singkatnya tips cara mencetak dan menghasilkan burung kacer juara, bisa dilihat dari beberapa faktor yang akan kita persiapkan sendiri burung kacer untuk dididik menjadi calon juara. Untuk menghasilkan burung kacer agar menjadi burung yang berkualitas unggul, diperlukan waktu, perjuangan, dan kerja keras dari pemilik atau pengasuhnya. Namun, semua usaha tersebut akan terbayar jika burung menunjukkan tanda-tanda bersuara lantang, jinak, bahkan mau di adu. Sebenarnya disinilah hakikat memelihara burung yang sebenarnya. Ada kepuasan dalam hasil kerja kita sendiri. Nah, berikut cara mencetak kacer muda berkualitas agar unggul.

http://miefbird.blogspot.com/2016/04/menprint-kacer-muda-yang-berkualitas.html
Mencetak Kacer Muda Berkualitas Untuk Mencapai


Cara Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Dalam Lomba Meraih Prestasi

1. Memilih Kandidat Kacer Berkualitas Kompetisi

Untuk mendapatkan keturunan laki-laki, ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan patokan:

1. Pertama memilih burung Kacer untuk dilombakan tentunya harus yang jantan dengan ciri khas bulu hitam mengkilat berbeda dengan Kacer betina yang hitam kusam.

2. Pilih burung dengan paruh yang lebar di pangkal, tebal tapi besar dan panjang. Sedangkan pilih paruh bawah lurus, jangan pilih burung yang paruhnya bengkok, maka lubang hidungnya akan lebih bagus jika dekat dengan mata.

3. Burung berkarakter kuat biasanya memiliki kepala persegi, mata bulat besar dan mata melotot. Burung dengan ciri-ciri tersebut biasanya tidak hanya baik secara karakter, tetapi juga baik secara mental.

4. Pilih burung dengan ciri tubuh proporsional, dengan ukuran leher sesuai dengan bentuk tubuhnya.

5. Pilih burung yang sayapnya mengapit rapat, kaki mencengkeram erat dan terlihat kering.

6. Burung lincah dan sehat serta nafsu makannya besar.

7. Leher burung terlihat panjang namun padat, burung dengan leher panjang berisi padat menandakan memiliki daya bunyi yang bagus.

2. Tips Dasar Perawatan Burung

Dalam hal perawatan burung laut hal ini tidak lepas dari perawatan memandikan, menjemur dan memberikan EF (Extra Fooding) yang tepat secara rutin dan bila perlu mendengarkan. Mengenai porsi masing-masing perawatan (mandi, jemur, EF, tenggara) pasti tidak ada ketentuannya, karena yang diharapkan dari perawatan burung kicau adalah bagaimana bisa bekerja maksimal di arena pertandingan dan menang, bukan sekedar hidup dan gacor. .

Sekedar tips perawatan burung dasar khususnya kacer

1. Pagi hari sekitar pukul 07.00 kacer sudah boleh diangin-anginkan di teras.

2. Setengah jam kemudian (pukul 07.30), kacer sudah bisa dimandikan baik menggunakan shower sangkar maupun dengan cara disemprot, tergantung kebiasaan kacer itu sendiri.

3. Sambil menunggu kacer mandi di kandang, anda bisa membersihkan kandang setiap hari. Jangan lupa cek ketersediaan voer dan ganti air minum dengan air bersih.

4. Beri 3 ekor jangkrik ke dalam dipuk yang terpisah. Ingat, jangan pernah memberikan jangkrik langsung ke kacer Anda, karena bisa merusaknya.

5. Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan beberapa saat, kemudian dijemur selama 1-2 jam. Pengeringan bisa dimulai pukul 08.00, atau lebih sedikit. Namun usahakan jangan menjemur burung melebihi jam 11.00, karena bisa menyebabkan dehidrasi.

6. Selama penjemuran, usahakan juga agar kacer tidak melihat kacer lain.

7. Setelah kering, burung diangin-anginkan kembali selama 10 menit.

8. Siang sampai malam (pukul 10.00 s/d 15.00), kacer bisa ditempeli burung masteran. Jika anda tidak memiliki burung masteran, anda juga bisa menggunakan suara burung kacer dalam format mp3, atau dalam bentuk CD. Selama menempel, kacer sebaiknya digosok-gosok agar hasilnya lebih efektif.

9. Sore hari, sekitar pukul 15.30, kacer diangin-anginkan lagi di teras. Jika burung sudah terbiasa dimandikan pada pagi dan sore hari, maka pada saat itu juga bisa dimandikan.

10. Berikan 2 jangkrik ke dalam kokpit.

11. Menjelang sore atau sekitar pukul 18.00, kacer dicekik lagi untuk istirahat hingga besok pagi. Selama masa istirahat, Anda juga dapat menguasainya kembali, baik menggunakan burung master atau audio mp3 atau CD.

Itu semua adalah tips dasar dalam merawat burung khususnya kacer, namun tidak menutup kemungkinan kicau kacer mania memiliki sistem perawatan yang lain karena bagaimanapun juga setiap burung memiliki karakter, suara, gaya dan tingkat kecerdasan yang berbeda. Akhirnya, kondisi terbaik untuk kacer juara kita kembali ke diri kita sendiri sejauh mana kita memahami karakter burung kacer juara kita.

3. Tips bila kacer anda terlalu bernafsu

Menurut pakar burung kacer, kacer yang terlalu bernafsu akan mengurangi penampilannya saat bertanding. Ciri-ciri kacer yang terlalu panas adalah sering bergerak ke samping kandang sambil mematuk-matuk kandang (mengerang) atau biasanya bertingkah tapi tidak bersuara sama sekali (Kacer Mbagong/mbedesi).

Tips untuk mengurangi birahi Kacer kesayangan adalah dengan mengubah pola perawatan yaitu porsi mandi ditambah porsi jemur dikurangi porsi masak plus untuk masalah porsi EF bisa dikurangi bertahap dari kebiasaan misalnya porsi jangkrik bisa dikurangi 1 perhari sampai kondisi birahi kacer terlihat berkurang dan tentunya pengurangan porsi jangkrik harus dihentikan, untuk pemberian kroto untuk sementara dapat dihentikan. Jika performanya masih belum maksimal, Anda bisa mencoba menghentikan menu jangkrik dan mengganti menu wajib dengan kroto, dimulai dari porsi terkecil kemudian ditambahkan secara bertahap. Biasanya cara ini cukup ampuh dan sudah banyak dibuktikan oleh para maniak kacer.

Untuk kacer yang kondisinya terlalu bernafsu lebih baik diistirahatkan/dipingit dulu, dan kalau bisa dimasukkan ke kandang umbaran dengan cara mengontrol porsi EF nya sampai kondisi terlihat normal kembali, dan bisa coba latihan jangan belum dilombakan karena untuk menangani kacer (mbagong/mbedesi) dibutuhkan kesabaran ekstra bagi perawatnya. Sesuai nasehat Mbahnya Mania Kacer “jika ingin kacer juara anda kembali jaya maka bersabarlah dengan kacer (mbedesi/mbagong) pasti kacer juara anda akan kembali jaya” dan tentunya kita akan kesulitan mencari penggantinya.

4. Mempersiapkan Burung Kacer Untuk Lomba

Selain pemberian pakan utama dan pakan tambahan seperti Voer dan Extra Fooding (jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu, kroto), multivitamin dan mineral juga sangat penting. Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam skala kecil, namun jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi akan berakibat fatal, misalnya: mudah terserang penyakit, lumpuh, sakit berkepanjangan dan menimbulkan kelainan yang menyimpang. Pilih multivitamin dan mineral yang diformulasikan dan dikemas khusus untuk burung. Berikan dosis secara tepat dan bijak pada burung secara rutin dengan interval waktu tertentu.

Sekedar tips mempersiapkan burung kacer untuk lomba

1. Pemeliharaan lomba dapat dimulai dari H-3. Kalau misalnya lombanya hari Minggu, maka pengobatan bisa dimulai hari Kamis.

2. Selama itu, burung tidak perlu lagi dibawa keluar atau bahkan dijemur. Cukup kerodong full sampai hari H dan tempatkan di lokasi yang sepi.

3. Pagi hari beri kroto ± 1 sendok teh, setelah kroto habis boleh diberi jangkrik. Sedangkan untuk takaran jangkrik, tambahkan 1 jangkrik dari setelan harian. Kalau misalnya jangkrik hariannya 5 ekor, maka mulai sekarang berikan 6 ekor. Sore harinya cukup berikan jangkrik dengan dosis yang sama (6 ekor). Lakukan ini sampai hari Sabtu.

4. Pada malam hari H-1 atau Minggu malam, lihat kondisinya. Jika misalnya terlihat masih kurang nafsu makan, bisa ditambahkan lagi 1 sendok teh kroto atau 1-3 UH ikan. Sebaliknya, jika burung terlihat kepanasan, Anda bisa memandikan kacer.

5. Sedangkan untuk hari H, pagi hari kacer harus dikentalkan sampai jam 7 pagi. Pada jam tersebut, berikan kroto dengan dosis yang sama pada hari Kamis.

6. Jemur burung sampai puas sampai paruhnya terbuka karena terlalu panas. Angkat burung dan biarkan mengangin-anginkan beberapa saat, lalu mandikan.

7. Setelah dimandikan, beri jangkrik sebanyak setingan harian, lalu krodong.

8. Sebelum berangkat ke lapangan, sangat dianjurkan untuk kembali memberikan jangkrik seperti harian.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Kacer Mabung Agar Cepat Selesai.

Itu semua adalah settingan dalam upaya agar kacer jagoan kita mampu bekerja dengan maksimal tentunya hasilnya juara atau jangan sampai burung yang berbicara. Dan terakhir, jika pengaturannya benar dan seimbang sesuai karakter burung, maka burung akan bekerja maksimal. Oleh karena itu kenali dan pahami jenis/karakter burung kacer juara anda agar bisa bekerja maksimal dan mampu bersaing dengan lawan dan tujuan akhir tentunya menjadi JUARA.

  • Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Untuk Lomba Agar Juara
  • Dengan mencetak kacer muda yang berkualitas untuk lomba, Anda dapat memiliki kesempatan untuk memenangkan lomba. Dengan melakukan hal ini, Anda akan dapat membanggakan kacer Anda dan mendapatkan kepuasan dari mencetak burung yang berkualitas. Jadi, mari kita mulai mencetak kacer muda yang berkualitas dan bersiaplah untuk menang di lomba!

    FAQ Tentang Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Untuk Lomba Agar Juara

    1. Apa yang harus dilakukan untuk membuat Kacer Muda berkualitas dan bisa menjuarai lomba?

    Untuk membuat Kacer Muda berkualitas dan bisa menjuarai lomba, beberapa hal yang harus dilakukan antara lain: memilih jenis Kacer yang sesuai dengan kondisi lomba, memberikan pakan yang berkualitas tinggi dan bergizi, melakukan latihan secara teratur, dan menjaga kebersihan tempat tinggal Kacer Muda.

    2. Bagaimana cara melatih Kacer Muda agar berkualitas dan bisa menjuarai lomba?

    Cara melatih Kacer Muda agar berkualitas dan bisa menjuarai lomba adalah dengan memberikan latihan yang intensif. Latihan yang diberikan harus berkualitas tinggi, bervariasi, dan sesuai dengan kondisi lomba. Latihan juga harus dilakukan secara teratur serta diberikan reward secara berkala.

    3. Bagaimana cara memilih Kacer Muda yang berkualitas untuk lomba?

    Ketika memilih Kacer Muda untuk lomba, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti: kondisi fisik Kacer Muda, kualitas mata dan telinga, serta kondisi bulu. Anda juga harus memilih Kacer Muda dengan jenis yang sesuai dengan kondisi lomba.

    4. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan Kacer Muda?

    Untuk menjaga kesehatan Kacer Muda, beberapa hal yang harus dilakukan antara lain: Memberikan pakan berkualitas tinggi dan bergizi, menjaga kebersihan tempat tinggal Kacer Muda, melakukan vaksinasi secara teratur, dan menjaga kelembaban tempat tinggal Kacer Muda.

    5. Apa yang harus dilakukan untuk membuat Kacer Muda bersikap baik saat lomba?

    Untuk membuat Kacer Muda bersikap baik saat lomba, Anda harus melakukan latihan secara teratur dan mengajarkan Kacer Muda cara berinteraksi dengan orang lain. Anda juga harus menjaga kebersihan tempat tinggal Kacer Muda dan memberikan reward berupa makanan atau latihan setelah prestasi yang baik.

    Posting Komentar untuk "Mencetak Kacer Muda Yang Berkualitas Untuk Lomba Agar Juara"