Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MURAI BATU MALAS BERKICAU KARENA KEGEMUKAN

Ekormurai
MURAI BATU MALAS BERKICAU KARENA KEGEMUKAN
Murai batu merupakan burung yang populer di Indonesia sebagai burung kicauan dengan suara merdu dan indah. Namun, apa jadinya jika murai batu menjadi malas untuk berkicau? Itulah yang dialami oleh sebagian pemilik murai batu akhir-akhir ini. Penyebabnya bukanlah masalah kesehatan melainkan karena murai batu yang terlalu gemuk. Kelebihan berat badan pada burung ini dapat mempengaruhi stamina dan kesehatannya secara keseluruhan, termasuk kemampuannya untuk berkicau. Bagi para pecinta burung, ini tentunya menjadi problematika tersendiri yang perlu dicarikan solusinya. Mari simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui lebih jauh tentang “Murai Batu Malas Berkicau Karena Kegemukan”.

MURAI BATU MALAS BERKICAU KARENA KEGEMUKAN

Murai batu terlalu gemuk maka efek sampingnya adalah burung jadi malas berkicau dan suaranya pun kecil.  Biasanya burung dapat kegemukan bila kelebihan EF yang mana kelebihan itu bisa terjadi saat burung menjalani masa mabung atau ganti bulu. Karena saat mabung, burung membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk segera mengganti bulu bulu yang sudah rusak dengan bulu bulu baru yang halus dan bagus maka banyak kicau mania yang menggelontor jor joran EF secara berlebihan setiap hari, sementara dalam masa mabung burung sangat jarang di jemur. 


Burung yang sering kegemukan dalam masa mabung/rontok bulu adalah : 

  • Kembalikan porsi makan ke porsi sebelum mabung
  • Tingkatkan pemandian dan penjemuran hingga benar benar puas, karena dengan penjemuran yang cukup akan banyak energi dan lemak yang terbakar sehingga burung lama lama akan menjadi kurus. selain itu dengan penjemuran yang cukup diyakini juga mampu meningkatkan volume kicauan karena memiliki nafas yang panjang dan kuat.
  • EF yang paling banyak memberi pengaruh efek gemuk adalah Ulat Hongkong dan Kroto, mengganti EF dengan Jangkrik dan Ulat Kandang saja diyakini beberapa kicau mania bisa menghindari burung dari kegemukan.

Artikel lainnya blog murai yang mungkin bermanfaat bagi Anda dalam memelihara burung murai batu kesayangan Anda :

Dalam artikel ini sudah terungkap bahwa murai batu malas berkicau karena kegemukan. Hal ini menunjukkan bahwa kegemukan tidak hanya memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh manusia, tetapi juga pada hewan peliharaan seperti burung murai batu. Oleh karena itu, sebagai penggemar burung murai batu, penting bagi kita untuk memperhatikan pola makan burung murai batu kita dan memberikan perawatan yang baik agar burung tidak kegemukan dan tetap sehat. Mari berikan yang terbaik untuk burung murai batu kita sehingga mereka dapat berkicau dengan riang dan gembira lagi.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "MURAI BATU MALAS BERKICAU KARENA KEGEMUKAN"