Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang

Ekormurai – Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang

Murai batu adalah salah satu jenis burung yang diminati oleh banyak orang. Keindahan dan suara merdu yang dimilikinya membuat banyak orang ingin memelihara burung jenis ini. Namun, beberapa dari mereka mengalami masalah ketika ekor murai batu yang mereka pelihara tidak tumbuh panjang. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa penyebab ekor murai batu tidak tumbuh panjang.

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang- Artikel sebelumnya tentang Murai Batu: Rutinitas Murai Batu untuk persiapan lomba, Tips cara melatih mental tempur murai batu, tips cara menguasai murai batu dengan cepat dan tepat, cara mengambil perawatan murai batu saat dipencet ekor, mengenal jenis -jenis burung murai batu, murai berekor super panjang, tips cara membedakan murai jantan dengan betina, tips merawat murai batu, penyakit murai medan dan cara mengatasinya dengan itu, bagaimana cara merawat burung murai serak.

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang- Salah satu hal yang menjadi daya tarik Murai Batu di kalangan penghobi, selain kemampuan menyanyinya yang handal, adalah keindahan bentuk tubuhnya yang terlihat sangat proporsional. Tentunya keindahan bentuk tubuh ini tidak terlepas dari ciri fisik yang dimilikinya, salah satunya adalah bentuk ekor menjuntai yang indah memanjang. Ekor burung murai batu yang panjang dan berbulu halus menjadi nilai plus dalam penilaian saat balapan. Untuk itu anda harus selalu menjaga ekor murai batu agar tidak rusak.

Tapi apa yang terjadi jika ekor MB menjadi pendek? Kejadian seperti ini sering dialami oleh pemelihara murai, burung yang baru selesai mabung tidak lagi memiliki ekor yang panjang. Kejadian ini seharusnya tidak terjadi. Saat murai batu mabung, ekornya harus tumbuh lebih panjang, maksimal sampai mabung keempat. Lalu, apa yang menyebabkan hal ini? berikut beberapa hal yang menyebabkan ekor murai batu tidak panjang setelah mabung

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/Sebab-ekor-murai-batu-ntak-tumbuh.html
Penyebab Ekor Burung Murai Batu Tidak Panjang

Penyebab Ekor Burung Murai Batu Tidak Panjang

1. Suhu udara panas

Alasan kenapa Murai Batu berekor pendek selanjutnya adalah suhu yang panas. Pasalnya, jika cuaca terlalu panas, zat lilin pada bulu ekor burung murai akan hilang dan menyebabkan bulu tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Pakan yang tidak benar

Saat Murai mengalami mabung, ia harus mendapatkan nutrisi yang baik. Pasalnya, baik sebelum maupun sesudah mabung, murai harus mendapatkan nutrisi yang cukup seperti protein dan vitamin. Sedangkan fungsi dari zat tersebut adalah untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki bulu burung murai agar tetap sehat. Jadi bisa dipastikan, jika Murai Batu tidak memiliki ekor yang panjang setelah mabung, maka kemungkinan besar ia tidak mendapatkan nutrisi yang baik.

3. Dicabut paksa

Bulu murai juga akan pendek dan tidak bisa berkembang dengan baik, jika bulunya dicabut secara paksa.

4. Kondisi stres

Stres juga menjadi penyebab utama Murai tidak memiliki bulu ekor yang panjang. Umumnya hal ini terjadi saat murai sedang mabung. Ia mengalami kondisi stress dan terganggu, sehingga saat proses tumbuh bulu berlangsung, bulu tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

5. Bertarunglah sebelum Magpie selesai berganti kulit

Umumnya Murai yang berkarakter petarung akan membalas kicauan burung lain dan bermain dengan ekornya, bahkan saat sedang mabung. Jika sudah demikian, maka yang sangat mungkin terjadi adalah pertumbuhan bulu ekor burung murai akan terganggu, dan tidak jarang ekor burung murai tersebut tidak bisa memanjang lagi.

Penyebab Ekor Burung Murai Batu Tidak Panjang diatas dapat anda gunakan sebagai acuan dalam mencegah dan mengatasi burung MB yang memiliki panjang ekor yang tidak wajar. Namun yang jelas, untuk mencegahnya adalah dengan melakukan perawatan khusus saat murai sedang menjalani proses mabung.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..Sallam MB mania.!!

  • Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang
  • Secara keseluruhan, ekor murai batu yang tidak tumbuh panjang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berbagai faktor tersebut dapat berupa faktor lingkungan, faktor nutrisi, faktor genetik, atau faktor lainnya. Namun, dapat dikatakan bahwa faktor nutrisi adalah faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekor murai batu. Oleh karena itu, adalah penting untuk menjaga agar burung tersebut mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan dan suplemen yang tepat. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat memastikan bahwa burung tersebut akan tumbuh dengan baik dan memiliki ekor yang panjang.

    FAQ Tentang Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang

    1. Apa yang mempengaruhi pertumbuhan ekor murai batu?
    Pertumbuhan ekor murai batu dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk nutrisi yang tepat, kondisi suhu, kondisi kelembaban, dan gaya hidup.

    2. Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu murai batu saya dalam mempertahankan ekor panjang?
    Untuk membantu murai batu Anda dalam mempertahankan ekor panjang, pastikan bahwa Anda memberikannya nutrisi yang tepat, menjaga suhu tubuhnya stabil, dan memberi mereka cukup waktu untuk beristirahat.

    3. Apa penyebab utama murai batu memiliki ekor pendek?
    Penyebab utama murai batu memiliki ekor pendek adalah kurangnya nutrisi, suhu tubuh yang tidak stabil, dan gaya hidup yang kurang sehat.

    4. Bagaimana murai batu dapat mendapatkan nutrisi yang tepat?
    Murai batu dapat mendapatkan nutrisi yang tepat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini dapat berupa makanan segar, makanan kering, atau makanan yang dimasak.

    5. Bagaimana saya dapat memastikan bahwa murai batu saya memiliki suhu tubuh yang stabil?
    Untuk memastikan bahwa murai batu Anda memiliki suhu tubuh yang stabil, pastikan untuk menjaga lingkungan di sekitar mereka yang tetap hangat dan kering. Anda juga dapat menggunakan lampu inframerah untuk membantu menjaga suhu tubuh mereka.

    Posting Komentar untuk "Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang"