Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina

Ekormurai.com – Burung Opior Jambul merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki ciri-ciri khas yang membedakan antara jantan dan betina. Bagi para pecinta burung kicau, mengetahui ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina sangatlah penting. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina.

Ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina

Ciri-ciri Burung Opior Jambul Jantan dan Betina

Burung Opior Jambul atau yang juga dikenal dengan nama burung Opior Jambul Jawa merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki ciri-ciri yang khas pada jantan dan betinanya. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina.

Ciri-ciri Burung Opior Jambul Jantan

1. Ukuran Tubuh

Burung Opior Jambul jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding burung Opior Jambul betina. Ukuran tubuh jantan bisa mencapai 22-24 cm.

2. Warna Bulu

Warna bulu burung Opior Jambul jantan umumnya lebih cerah dan tajam dibanding betina. Warna bulu jantan bisa berupa hitam, coklat, atau merah.

3. Jambul

Ciri khas dari burung Opior Jambul jantan adalah adanya jambul di kepalanya. Jambul ini terbentuk dari bulu-bulu yang tumbuh di bagian atas kepala dan rahang. Jambul jantan lebih besar dan panjang dibanding betina.

Ciri-ciri Burung Opior Jambul Betina

1. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh burung Opior Jambul betina lebih kecil dibanding jantan. Ukuran tubuh betina hanya mencapai 18-20 cm.

2. Warna Bulu

Warna bulu burung Opior Jambul betina cenderung lebih pucat dan lembut. Warna bulu betina bisa berupa coklat, abu-abu, atau merah muda.

3. Jambul

Burung Opior Jambul betina tidak memiliki jambul di kepalanya seperti jantan. Namun, bulu-bulu di bagian atas kepala dan rahang betina tetap tumbuh dan membentuk bulatan kecil.

Kesimpulan

Burung Opior Jambul jantan dan betina memiliki ciri-ciri yang khas pada ukuran tubuh, warna bulu, dan jambul di kepalanya. Mengetahui ciri-ciri ini dapat membantu kita dalam membedakan jenis kelamin burung Opior Jambul. Jadi, jika Anda ingin memelihara burung Opior Jambul, pastikan Anda dapat membedakan jantan dan betinanya dengan tepat.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jantan memiliki warna yang lebih cerah dan pola bulu yang lebih menarik, sedangkan betina memiliki warna yang lebih pudar. Selain itu, dari segi ukuran tubuh, betina cenderung lebih kecil daripada jantan. Namun, keduanya memiliki karakteristik yang sama-sama menarik, seperti jambul yang mempesona dan suara kicauan yang merdu. Oleh karena itu, burung Opior Jambul dapat menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta burung kicauan.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri burung Opior Jambul jantan dan betina"