Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MASA MABUNG MURAI BATU DAN TIPS PERAWATANNYA


Ekormurai – MASA MABUNG MURAI BATU DAN TIPS PERAWATANNYA - Murai batu merupakan burung kicau yang banyak diminati oleh pecinta burung di Indonesia. Namun, saat musim mabung tiba, burung murai batu akan mengalami masa istirahat untuk mengganti bulu-bulunya yang rusak. Masa mabung ini menjadi momen yang sangat penting untuk memperhatikan perawatan murai batu, sebelum burung tersebut kembali bersinar dengan keindahan bulu-bulunya yang baru. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas tentang masa mabung murai batu dan tips perawatannya.

MASA MABUNG MURAI BATU DAN TIPS PERAWATANNYA

Merawat Burung Murai Batu Saat Rontok Bulu- Siklus mabung atau lebih di kenal dengan siklus rontok bulu merupakan siklus alamiah yang selalu terjadi pada setiap burung. jika terjadi dalam burung murai batu berarti anda harus mengetahui cara perawatannya.

pada masa ini burung murai batu akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi sekitar 40% lebih. dan dalam hal ini maka asupan gizi yang di butuhkan burung murai batu haruslah berkualitas. hindari lah makan-makan yang tidak mempunyai nilai gizi yang baik jika burung murai batu dalam kondisi ini.

Pada saat ini juga hindari pertemuan antara burung satu dengan yang lain baik sejenis maupun tidak sejenis. hal ini di sebabkan jika terjadi pertemuan maka akan mempengaruhi hormon pada burung. hormon ini pula lah yang akan mempengaruhi reproduksi burung. jadi sebisa mungkin hindari pertemuan antara burung. pastikan hanya ada satu burung di kandang dan jangan dekatkan burung murai batu yang sedang mengalami siklus mabung ini dengan burung lain.

Dibawah ini cara merawat burung murai batu Masa Mabung :

  • Taruh sangkar atau tempat burung murai batu di tempat yang sepi dan tidak di tempat keramaian. pastikan sangkar di tempat sendirian dan jika bisa gunakan kerudung untuk mengkerudungi sangkar burung murai batu. 
  • Berikan EF lebih banyak dari porsi biasa sebab sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan juga untuk pertumbuhan bulu baru. Contoh porsi EF : Setelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor tiap pagi. 
  • Berikan Vitamin burung dan mineral burung kepada burung murai batu yang berkualitas seminggu 2 kali agar asupan burung tercukupi. 
  • Sering-sering melakukan pemansteran terhadap burung murai batu dengan cara mengajak bicara burung murai batu dengan suara-suara burung. hal ini di sebabkan karena burung murai batu lebih banyak diam dalam siklus ini. 
  • Untuk memandikan burung murai batu yang sedang mengakami siklus rontok bulu cukup 1x dalam seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari. jangan terlalu lama agar burung murai batu tidak stres. 
  • Jangan sering menyentuh burung murai batu dan memindah sangkar burung murai batu. hal ini di karena kan burung murai batu butuh ketenangan dalam siklus mabung. 
  • Tunggu sampai burung murai batu selesai mengalami siklus ini agar sudah tidak

Dalam melakukan perawatan burung Murai Batu, masa mabung adalah salah satu fase yang perlu diperhatikan dengan seksama. Pemilik burung hendaknya memahami fase ini agar bisa memberikan perawatan yang tepat secara total, baik dari segi pakan, perawatan bulu, hingga faktor lingkungan tempat burung dipelihara. Jika dilakukan dengan benar, masa mabung bisa menjadi fase yang menarik untuk dinikmati oleh para penggemar burung Murai Batu. Demikianlah tips dan penjelasan mengenai masa mabung pada burung Murai Batu dan bagaimana cara merawatnya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi para penggemar burung Murai Batu dalam merawat dan membina burung kesayangan mereka.


Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "MASA MABUNG MURAI BATU DAN TIPS PERAWATANNYA"