Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANDUAN BAKALAN MURAI BATU BERKWALITAS TINGGI

Ekormurai
PANDUAN BAKALAN MURAI BATU BERKWALITAS TINGGI
Murai batu menjadi salah satu burung yang diminati oleh para penghobi burung kicauan di Indonesia. Burung yang memiliki penuh warna cerah ini memiliki suara kicauan yang merdu dan membuat penggemarnya terpukau. Namun, untuk memilikinya, tentu diperlukan panduan untuk memilih dan merawat bakalan murai batu berkualitas tinggi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan yang berguna bagi para penghobi burung kicauan untuk mendapatkan bakalan murai batu berkualitas tinggi.


PANDUAN BAKALAN MURAI BATU BERKWALITAS TINGGI

A. Ciri-ciri Bakalan yang baik.

Syarat utama memilih bakalan ialah mencari burung yang sehat. Kesehatan burung (bakalan) dapat dilihat dari geraknya yang lincah, bulu sayap tidak mengembang, bulu kepala tidak berdiri dan burung tidak selalu diam disangkar. Ciri khusus untuk bakalan yang bagus dapat dibagi menjadi dua yaitu Ketrekan dan ciri fisik. Cirri fisik meliputi ukuran dan bentuk : tubuh, ekor, kaki, paruh kepala, leher dan mata.

Pengertian ketrekan disini ialah suara yang selalu disuarakan oleh setiap burung murai, suara trek…trek…trek…akan diperdengarkan oleh burung setiap ada sesuatu yang mencurigakan maupun sangkarnya didekati sambil melompat lompa ke jeruji sangkarnya. Besarnya suara ketrekan tersebut biasanya dijadikan pedoman untuk menilai kualitas bakalan murai batu, jika suaranya bersambung seperti : trek…trek…trek…maka bakalan murai batu tersebut akan bersuara keras bila sudah dewasa. Suara ketrekan yang pendek dan lamban merupakan ciri burung yg kicauannya tidak keras, Tentu saja potensi itu baru dapat berkembang jika burung ini dirawat dengan baik.

Bakalan murai batu yang bagus bertubuh besar dan panjang, pada saat berkicau bakalan murai batu yang seperti itu akan terlihat gagah, anggun dan menarik pada waktu dilombakan dan dapat mempengaruhi mental burung lainnya.

Keadaan ekor bakalan murai batu merupakan factor penting dalam memilih bakalan murai batu, Masalahnya dapat terjadi kemungkinan bulu ekor muraibatu tercabut saat burung ini ditangkap. Jika hal ini terjadi maka bulu ekor itu akan sulit tumbuh lagi.

Dalam memilih bakalan murai batu, jangan memilih burung yang jari kaki dan kukunya terluka. Luka itu umumnya terdapat di bagian bawah antara jari dan pangkal kuku.

Warna kaki murai batu ada 3 macam yaitu, : warna Cokelat muda kemerah-merahan, kuning keputihan. Para kicauan mania banyak yang percaya bahwa burung berkaki cokelat kehitaman adalah murai yang bermental baja. Sebenarnya anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Mental dan kicauan murai batu yang bagus lebih banyak dipengaruhi ileh factor keturunan dan perawatan yang baik.

Bentuk paruh dapat menentukan besar kecilnya kicauan murai batu. Para kicauan mania lebih banyak memilih burung berparuh agak panjang dan tidak terlalu tebal, Burung berparuh seperti ini biasanya memiliki kicauan yang besar, keras dan tajam.

6. Kepala burung murai batu yg baik

Kebanyakan bentuk kepala murai batu agak bulat, Meskipun sulit, sebaiknya mencari kepala yang agak gepeng dan tidak terlalu bulat. Kepala seperti itu dapat menunjang penampilan dan gaya burung waktu berkicau.

7. Leher burung murai batu yg baik.

Umumnya murai berleher panjang akan berkicau panjang, sambung menyambung, keras dan tajam. Selain itu gaya saat berkicau murai batu yang berleher panjang lebih bagus dibandingkan murai batu berleher pendek.

8. Mata burung murai batu yg baik.

Jarang sekali penggemar burung yang memperhatikan mata bakalan. Yang penting mata itu sehat, tidak cacat atau tidak sedang sakit. Sebagian penggemar murai batu lebih suka memilih bakalan yang matanya melotot. Ada anggapan bahwa murai batu yang bermata melotot bersifat galak dan lincah. Selain itu ukuran badannya lebih besar dibanding burung sejenisnya.

B. Membedakan Murai batu Jantan dan Betina

Mengetahui perbedaan murai batu jantan dan Betina sudah beberapa kali di posting pada blog murai ini, tetapi secara umum adalah seperti dibawah ini:

Berdasarkan Ciri Fisik Burung murai batu.

Burung murai batu yang dijual dipasar burung dapat dibagi menjadi tiga bagian tingkat usia: yaitu Dewasa, Muda hutan, Anakan. Ciri fisik muda hutan dan dewasa sama, akan tetapi yang agak berbeda dan cukup sulit dilihat ialah murai anakan. Berikut ini adalah cirri fisik masing masing golongan murai batu :

a. Burung murai batu jantan dewasa dan muda hutan:

  • Bulu tumbuh berwarna hitam sangat pekat, terutama dibatas antara bulu yang berwarna hitam dan kecokelatan.
  • Badannya Besar.
  • Ekornya Panjang, besar dan kuat.
  • Bulunya tidak terlalu kasar.
  • Sisik kaki agak kasar.

b. Burung murai batu betina dewasa.

  • Bulunya berwarna hitam agak kotor atau keabu abuan, terutama dibatas antara bulu yang berwarna hitam dan kecokelatan.
  • Badannya berukuran kecil
  • Ekornya pendek dan kecil

c. Burung Murai batu Anakan Jantan.

  • Dibagian dada yang kelak ditumbuhi bulu berwarna hitam ada bintik warna cokelat
  • Ukuran badan cukup besar dan agak panjang
  • Ekor agak panjang dan besar.
  • Disayap ada totol totol berwarna cokelat (belum hitam seluruhnya)

d. Burung Murai batu Betina Anakan.

  • Dibagian dada kelak ditumbuhi bulu hitam kotor atau keabuabuan, ada ada bulu muda berwarna keputihan dan sedikit bercampur cokelat tipis. Wrna itu memanjang ke bawah.
  • Badan agak kecil
  • Ekor pendek dan kecil.

Dalam artikel ini, telah disampaikan panduan penting bagi Anda yang ingin memiliki burung murai batu berkualitas tinggi. Mulai dari pemilihan bakalan, perawatan, hingga penanganan masalah kesehatan, semuanya harus diperhatikan dengan baik jika ingin memiliki burung murai batu yang berkualitas tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, murai batu memang merupakan jenis burung yang memiliki suara khas dan memukau. Tidak hanya itu, burung murai batu juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki burung murai batu berkualitas tinggi, tidak ada salahnya untuk mengikuti panduan dalam artikel ini. Dengan melaksanakan panduan tersebut, diharapkan Anda dapat berhasil memiliki burung murai batu yang berkualitas tinggi dan memuaskan.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "PANDUAN BAKALAN MURAI BATU BERKWALITAS TINGGI"