Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet

Ekormurai.com – Perkutut adalah burung yang dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara merdu dan indah. Ada banyak jenis perkutut yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya adalah Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet. Meskipun sama-sama berasal dari jenis perkutut cemani, namun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan antara Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet.

Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet

Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet

Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet adalah jenis burung perkutut yang memiliki keunikan tersendiri. Keduanya memiliki warna yang sama, yaitu hitam legam, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya. Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet.

1. Asal Usul

Perkutut Cemani Majapahit berasal dari Jawa Timur, Indonesia, sementara Perkutut Cemani Kol Buntet berasal dari Kolombia, Amerika Selatan. Keduanya memiliki asal usul yang berbeda, sehingga memiliki karakteristik dan kualitas yang berbeda pula.

2. Ukuran Tubuh

Perkutut Cemani Majapahit memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet. Hal ini karena Perkutut Cemani Majapahit merupakan hasil persilangan antara burung perkutut lokal dengan burung perkutut dari luar negeri, sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet merupakan burung perkutut asli dari Kolombia.

3. Suara

Perkutut Cemani Majapahit memiliki suara yang lebih khas dan nyaring dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet. Suara Perkutut Cemani Majapahit terdengar lebih jernih dan dapat memenuhi ruangan dengan baik. Sedangkan suara Perkutut Cemani Kol Buntet cenderung lebih lembut dan tidak terlalu keras.

4. Harga

Perkutut Cemani Majapahit memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet. Hal ini disebabkan karena Perkutut Cemani Majapahit memiliki keunikan tersendiri dan sulit untuk didapatkan. Sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet lebih mudah didapatkan dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

5. Ketersediaan

Perkutut Cemani Majapahit masih sulit untuk ditemukan di pasaran, sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet lebih mudah untuk didapatkan. Hal ini karena Perkutut Cemani Majapahit masih tergolong burung yang langka, sementara Perkutut Cemani Kol Buntet sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Demikianlah perbedaan-perbedaan antara Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet. Meskipun memiliki warna yang sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Bagi para pecinta burung perkutut, kedua jenis burung ini tentu memiliki keunikan tersendiri dan dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dipelihara.

Asal Usul

Perkutut Cemani Majapahit berasal dari Jawa Timur, Indonesia, sementara Perkutut Cemani Kol Buntet berasal dari Kolombia, Amerika Selatan.

Ukuran Tubuh

Perkutut Cemani Majapahit memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet.

Suara

Perkutut Cemani Majapahit memiliki suara yang lebih khas dan nyaring dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet.

Harga

Perkutut Cemani Majapahit memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Perkutut Cemani Kol Buntet.

Ketersediaan

Perkutut Cemani Majapahit masih sulit untuk ditemukan di pasaran, sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet lebih mudah untuk didapatkan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal warna bulu, bentuk tubuh, dan suara kicauannya. Meskipun keduanya memiliki nilai ekonomi dan keindahan yang tinggi, namun masing-masing memiliki karakteristik yang unik dan berbeda. Oleh karena itu, bagi pecinta burung perkutut, pemilihan jenis burung yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Demikianlah penutup tentang perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet"