Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Piyik Murai Batu Jantan dan Betina

Ekormurai
Perbedaan Piyik Murai Batu Jantan dan Betina
Piyik murai batu jantan atau betina merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh penggemar burung kicau. Meskipun dari luar mungkin terlihat sama, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan antara piyik murai batu jantan dan betina. Mengetahui perbedaan tersebut sangat penting agar dapat memahami karakteristik dan sifat dari piyik murai batu tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai perbedaan piyik murai batu jantan dan betina.

Perbedaan Piyik Murai Batu Jantan dan Betina

Membedakan jenis kelamin murai batu yang masih piyik sedikit lebih sulit, karena bulu-bulunya belum lengkap atau belum tumbuh secara sempurna. Diperlukan sedikit kejelian, terutama dengan mencermati bintik-bintik cokelat di bagian sayap dan bagian tengah dada. Jika terlihat tanda-tanda tersebut, berarti piyik tersebut jantan.

Jika bagian tengah dadanya berwarna keputihan, sedikit bercampur dengan warna cokelat tipis yang memanjang ke bawah, berarti piyik tersebut betina. Sebenarnya jenis kelamin pada piyik murai batu juga bisa diamati dari postur tubuhnya. 

Jika tubuhnya agak besar dan panjang, piyik tersebut berkelamin jantan. Sebaliknya, jika tubuhnya lebih kecil dan pendek, berarti betina. Persoalannya, untuk membandingkan hal ini mesti ada dua piyik atau lebih. Jika yang diamati hanya satu ekor saja, maka bintik-bintik cokelat di bagian sayap dan bagian tengah dada bisa dijadikan tengara. 

sekarang melakukan pengamatan terhadap kondisi burung, terutama kesehatannya. Burung yang sehat tercermin dari gerakannya yang lincah, sorot mata yang tajam, melotot tidak berair, tidak memiliki cacat pada mata, sayap, kaki, paruh dan bagian tubuh lainnya.

Murai batu akan mengeluarkan suara cetrekan murai batu jika didekati atau merasa takut dan curiga dengan situasi sekelilingnya. Nah, jika suara cetrekan terdengar panjang dan kencang, bisa dipastikan burung tersebut akan mampu berkicau dengan lantang dan panjang. Hal ini sekaligus merupakan tanda kalau burung tersebut berkelamin jantan.

Artikel lainnya seputar murai batu yang kami sarankan Anda baca

Terimakasin

Dalam industri burung kicauan, pemahaman terhadap perbedaan piyik murai batu jantan dan betina penting untuk menjaga kualitas dan homogenitas dari hasil reproduksi. Meskipun sulit untuk membedakan piyik murai batu jantan dan betina pada awalnya, namun dengan pengamatan dan pengalaman yang tepat, banyak hal yang bisa dipelajari tentang karakter, perilaku, dan ciri khas dari kedua jenis kelamin tersebut. Oleh karena itu, sebagai pemilik burung kicauan, mengetahui perbedaan piyik murai batu jantan dan betina dapat memberikan keuntungan dan kemudahan dalam pengelolaan dan perawatan burung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penghobi burung kicauan dalam memilih piyik murai batu jantan atau betina yang berkualitas.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "Perbedaan Piyik Murai Batu Jantan dan Betina"