Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Memilih Burung Murai Bordan yang Bagus

Ekormurai.com – Burung Murai Bordan merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Namun, untuk memilih burung Murai Bordan yang bagus tidaklah mudah. Diperlukan beberapa trik dan tips agar dapat memilih burung Murai Bordan yang memiliki kualitas baik dan siap mengikuti perlombaan. Berikut adalah beberapa trik memilih burung Murai Bordan yang bagus yang perlu diketahui.

Murai Batu

Trik Memilih Burung Murai Bordan yang Bagus

Burung murai bordan merupakan salah satu jenis burung kicau yang sering dijadikan hobi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki suara yang merdu, burung murai bordan juga memiliki warna bulu yang indah. Namun, dalam memilih burung murai bordan yang bagus, diperlukan beberapa trik agar tidak salah pilih dan mendapatkan burung yang sesuai dengan keinginan. Berikut adalah beberapa trik memilih burung murai bordan yang bagus:

Pilih burung yang sehat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih burung murai bordan yang bagus adalah kesehatannya. Pastikan burung yang akan dibeli tidak memiliki tanda-tanda penyakit seperti bulu rontok, mata sayu, atau napas yang tidak normal. Pilih burung yang aktif dan lincah, serta memiliki nafsu makan yang baik.

Perhatikan postur tubuh burung

Postur tubuh burung murai bordan juga perlu diperhatikan dalam memilih burung yang bagus. Pilih burung yang memiliki postur tubuh yang tegap dan seimbang, serta memiliki ukuran tubuh yang proporsional. Hindari memilih burung yang memiliki postur tubuh yang condong atau terlalu pendek, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas suara burung tersebut.

Perhatikan warna dan keindahan bulu

Salah satu daya tarik dari burung murai bordan adalah warna dan keindahan bulunya. Pilihlah burung yang memiliki warna bulu yang cerah dan indah, serta memiliki pola bulu yang rapi dan simetris. Namun, jangan terlalu terpaku pada keindahan bulu saja, karena kualitas suara burung juga sangat penting.

Pilih burung yang memiliki suara bagus

Sebagai burung kicau, suara burung murai bordan menjadi hal yang sangat penting. Pilihlah burung yang memiliki suara yang merdu dan jernih, serta memiliki variasi suara yang banyak. Hindari memilih burung yang memiliki suara yang kasar atau serak, karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas suara burung.

Perhatikan usia dan masa mabung burung

Usia dan masa mabung burung juga perlu diperhatikan dalam memilih burung murai bordan yang bagus. Pilihlah burung yang sudah dewasa dan selesai masa mabungnya, karena burung yang masih dalam masa mabung cenderung memiliki kualitas suara yang kurang baik. Selain itu, burung yang sudah dewasa juga lebih mudah dalam perawatannya.

Demikianlah beberapa trik memilih burung murai bordan yang bagus. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan dapat membantu dalam memilih burung murai bordan yang sesuai dengan keinginan dan memiliki kualitas yang baik.

Secara keseluruhan, memilih burung murai bordan yang bagus memang memerlukan keahlian khusus dan pengalaman yang cukup. Namun, dengan mengikuti beberapa trik yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Anda dapat menemukan burung murai bordan yang berkualitas dan memiliki potensi untuk menjadi juara dalam kontes burung. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kondisi burung sebelum membelinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para penggemar burung murai bordan.

Posting Komentar untuk "Trik Memilih Burung Murai Bordan yang Bagus"