Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Ekormurai.com - Bonsai bunga kertas merupakan salah satu jenis bonsai yang mempesona dan mudah dibuat oleh siapa saja. Bonsai ini terbuat dari kertas origami yang dilipat dan disusun sedemikian rupa seperti pohon mini yang indah dan menawan. Selain sebagai hiasan dekorasi, membuat bonsai bunga kertas juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan melatih kreativitas. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat bonsai bunga kertas secara sederhana.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Pendahuluan

Bonsai adalah sebuah seni menata pohon dalam sebuah pot yang dicetak kecil, sehingga terlihat indah dan menawan. Namun, ternyata tidak hanya pohon yang bisa dijadikan bonsai, tetapi bunga kertas pun bisa menjadi bonsai yang menarik. Berikut adalah cara membuat bonsai bunga kertas.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

- Bunga kertas (tisu warna atau crepe paper)- Kawat florist- Gunting- Lem- Pot- Tanah- Batu kecil

Langkah-Langkah Membuat Bonsai Bunga Kertas

1. Potong kawat florist sepanjang 2 kali dari ukuran pot yang akan digunakan.2. Bungkus sebagian kawat dengan bunga kertas menggunakan lem. Lakukan hingga 5 kali bungkus untuk setiap kawat.3. Tekuk kawat menjadi bentuk seperti ranting pohon.4. Potong bunga kertas berukuran kecil-kecil.5. Sisipkan batu kecil ke dalam pot dan tuangkan tanah hingga setengah pot terisi.6. Masukkan ranting kawat yang sudah dibuat dan atur posisi agar seimbang.7. Semprotkan air ke seluruh wadah agar tanah menjadi lembab.8. Tempelkan bunga kertas pada ranting-ranting kawat yang sudah dibuat sampai menyerupai daun.9. Potong beberapa bunga kertas dengan ukuran lebih besar dan susun di atas ranting-ranting kawat yang sudah ditutupi bunga.10. Letakkan bonsai bunga kertas di tempat terbuka yang teduh dan menyiraminya secara teratur agar tetap lembab.

Contoh Bonsai Bunga Kertas yang Telah Selesai

contoh bonsai bunga kertas

Kesimpulan

Membuat bonsai bunga kertas tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu beberapa bahan dan alat serta mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Bonsai bunga kertas yang indah dan menawan akan menjadi dekorasi yang menyenangkan untuk rumah atau untuk hadiah bagi orang terdekatmu.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Pendahuluan

Bunga kertas populer dijumpai pada dekorasi pernikahan, seperti dihias di meja tamu, sebagai karangan bunga pengantin, atau sebagai hiasan lainnya. Namun, bunga kertas juga bisa dijadikan sebagai sebuah bonsai yang indah. Bonsai bunga kertas terlihat sangat estetis dan menawan ketika diletakkan di meja atau rak buku dalam kamar atau ruang tamu. Dalam artikel ini, akan diberikan panduan cara membuat bonsai bunga kertas yang cantik.

Apa itu Bonsai Bunga Kertas?

Bonsai bunga kertas adalah bonsai yang terbuat dari kertas origami yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bunga yang indah. Bunga kertas biasanya terbuat dari kertas origami warna-warni dan dilipat dan ditempel sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bunga yang nyata. Setelah terlipat dan terbentuk seperti bunga, kertas origami kemudian ditempel pada sebuah bonsai mini atau tanaman mini. Bonsai bunga kertas sangat populer pada hiasan rumah atau pernikahan.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Berikut adalah cara membuat bonsai bunga kertas:1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti kertas origami warna-warni, lem, gunting, tusuk gigi, tanaman mini, atau bonsai mini.2. Potong kertas origami sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran kertas origami tersebut disesuaikan dengan ukuran bunga yang dikehendaki. Potong kertas sesuai dengan ukuran persegi panjang dan buatlah lipatan di tengah-tengah kertas origami.3. Lipat kedua ujung kertas origami ke arah lipatan tengah sehingga menyerupai bentuk segitiga.4. Lakukan serangkaian lipatan lainnya sehingga kertas origami terlihat seperti sebuah kelopak bunga.5. Potong bagian atas segitiga sehingga kertas origami menyerupai kelopak bunga.6. Lakukan langkah 2 sampai 5 untuk membuat kelopak bunga lain.7. Gunakan tusuk gigi untuk menekan tulangan pada kelopak bunga sehingga memudahkan bentuk kelopak bunga menjadi lebih lentur.8. Ambil lem dan gunakan untuk menempelkan setiap kelopak bunga pada tanaman mini atau bonsai mini. Gunakan perpaduan warna yang cantik dan menarik agar hasilnya lebih estetik.9. Setelah selesai menempelkan kelopak bunga pada tanaman mini atau bonsai mini, biarkan hingga lemnya kering.

Keuntungan Membuat Bonsai Bunga Kertas

Membuat bonsai bunga kertas memberikan banyak keuntungan bagi pembuatnya, di antaranya:1. Bahan kertas origami yang digunakan untuk membuat bonsai bunga kertas mudah ditemukan di toko-toko kertas dan toko online. Harga kertas origami juga sangat terjangkau.2. Bonsai bunga kertas tidak perlu dipelihara seperti bonsai hidup pada umumnya, tidak perlu menyiram, memupuk, atau menjaga kelembaban tanah.3. Bonsai bunga kertas tidak memerlukan perawatan khusus seperti bonsai hidup pada umumnya. Jadi, bonsai bunga kertas lebih awet dan tahan lama dari bonsai hidup.

Kesimpulan

Bonsai bunga kertas adalah bonsai mini yang terbuat dari kertas origami yang dilipat dan ditempel sehingga terlihat seperti bunga yang nyata. Membuat bonsai bunga kertas terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Bonsai bunga kertas bisa diletakkan di mana saja yang dikehendaki, baik di dalam kamar atau ruang tamu, yang membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik dan menarik.

Terakhir

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat bonsai bunga kertas. Ingatlah untuk selalu bersabar dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti sehingga hasilnya akan maksimal. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi menarik tentang tanaman bonsai. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas"