Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Burung Murai Bordan dengan Bahan Alami

Ekormurai.com – Murai Bordan merupakan jenis burung yang sangat populer dan diminati oleh para pecinta burung. Selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga memiliki tampilan yang menarik dengan warna bulu yang cerah. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan burung murai bordan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pakan yang diberikan. Ada banyak cara untuk membuat pakan burung murai bordan, namun dalam artikel ini akan dibahas tentang cara membuat pakan burung murai bordan dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan nutrisi pakan yang diberikan kepada burung murai bordan.

Murai Batu

Cara Membuat Pakan Burung Murai Bordan dengan Bahan Alami

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras merah 100 gram
  • Biji jagung 100 gram
  • Biji kedelai 100 gram
  • Biji kacang hijau 50 gram
  • Biji wijen 50 gram
  • Biji bunga matahari 50 gram
  • Madu 1 sendok makan
  • Air matang secukupnya

Cara membuat pakan burung murai bordan:

  1. Cuci bersih beras merah, biji jagung, biji kedelai, dan biji kacang hijau. Rendam kedua biji tersebut selama 12 jam.
  2. Setelah direndam, tiriskan air dan biarkan biji tersebut selama 24 jam agar berkecambah.
  3. Cuci bersih biji wijen dan biji bunga matahari. Sangrai biji tersebut sampai kecoklatan.
  4. Campurkan biji yang sudah direndam dan berkecambah dengan biji wijen dan biji bunga matahari yang sudah disangrai. Aduk rata.
  5. Tambahkan madu dan air secukupnya. Aduk kembali hingga merata.
  6. Pakan burung murai bordan dengan pakan yang sudah dibuat. Ganti pakan setiap hari agar tetap segar dan bersih.

Manfaat menggunakan bahan alami untuk pakan burung murai bordan:

Pakan yang terbuat dari bahan alami memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan pakan buatan yang mengandung bahan kimia. Bahan alami seperti biji-bijian mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh burung murai bordan, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, pakan alami juga lebih aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan burung karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat pakan burung murai bordan dengan bahan alami tidaklah sulit. Kita dapat memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti jagung, kacang tanah, dan telur ayam. Selain itu, kita juga dapat menambahkan beberapa bahan lainnya seperti ulat hongkong dan jangkrik untuk memenuhi kebutuhan protein burung. Dengan memberikan pakan yang seimbang, burung murai bordan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa setiap burung memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga perlu melakukan pengamatan dan penyesuaian terhadap pakan yang diberikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pecinta burung murai bordan dalam merawat dan memberikan pakan yang baik untuk burung kesayangan mereka.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Burung Murai Bordan dengan Bahan Alami"