Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Murai Bahorok

Ekormurai.com – Murai Bahorok, atau yang dikenal juga dengan sebutan Murai Medan, merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki keunikan suara yang khas dan indah sehingga banyak menjadi buruan para penghobi burung kicau. Namun, sebelum membeli Murai Bahorok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih dan mendapatkan burung yang berkualitas. Berikut ini adalah 10 hal yang harus diperhatikan saat membeli Murai Bahorok.

Murai Batu

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Murai Bahorok

Murai Bahorok adalah jenis burung yang berasal dari Sumatera Utara, Indonesia. Burung ini terkenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang cantik. Jika Anda ingin membeli murai Bahorok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah 10 hal yang harus diperhatikan saat membeli murai Bahorok:

1. Pastikan Murai Bahorok yang Dibeli Sudah Jantan atau Betina

Murai Bahorok yang sudah jantan atau betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jantan memiliki suara yang lebih merdu dan ekor yang lebih panjang, sementara betina memiliki suara yang lebih halus dan ekor yang lebih pendek. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah dapat membedakan jenis kelamin burung tersebut.

2. Perhatikan Kondisi Fisik Burung

Pastikan kondisi fisik burung yang akan dibeli dalam keadaan sehat, lincah, dan tidak ada tanda-tanda penyakit. Perhatikan juga postur tubuh dan bulu burung, pastikan tidak ada bagian tubuh yang cacat atau rusak.

3. Pilih Burung yang Sudah Terlatih Bunyi

Murai Bahorok yang sudah terlatih bunyi akan lebih mudah untuk dilatih dan dijadikan burung tanding. Pastikan burung yang akan dibeli sudah terbiasa dengan lingkungan baru dan sudah bisa bersuara dengan baik.

4. Pastikan Murai Bahorok yang Dibeli Sudah Dipasterkan

Pemasteran adalah proses pelatihan suara burung agar dapat mengeluarkan suara yang lebih merdu dan berkualitas. Pastikan murai Bahorok yang akan dibeli sudah dipasterkan agar suaranya lebih merdu dan bernilai jual lebih tinggi.

5. Perhatikan Umur Burung

Murai Bahorok yang masih muda biasanya lebih mudah untuk dilatih dan dijadikan burung tanding. Namun, pastikan usia burung tidak terlalu muda karena dapat mempengaruhi kesehatan dan kualitas suara burung tersebut.

6. Pilih Burung yang Sesuai dengan Anggaran

Harga murai Bahorok bisa sangat bervariasi tergantung dari kualitas dan umur burung tersebut. Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki agar tidak terjadi pemborosan atau kekecewaan.

7. Pilih Burung dari Penjual Terpercaya

Pastikan membeli burung dari penjual yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik. Jangan mudah tergiur dengan harga murah atau penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

8. Perhatikan Lokasi Burung Dipelihara

Perhatikan juga lokasi burung dipelihara, pastikan lingkungan tempat burung dipelihara bersih, sehat, dan tidak terlalu bising. Jangan membeli burung dari tempat yang tidak jelas atau tidak terawat dengan baik.

9. Tanyakan Riwayat Burung kepada Penjual

Tanyakan riwayat burung kepada penjual, seperti asal-usul burung, riwayat kesehatan, dan riwayat pelatihan suara. Ini akan membantu Anda dalam menentukan kualitas dan harga burung tersebut.

10. Pastikan Mendapatkan Surat Keterangan dan Sertifikat

Pastikan Anda mendapatkan surat keterangan dan sertifikat dari penjual sebagai bukti pembelian burung tersebut. Hal ini akan membantu mempermudah dalam menjual kembali burung tersebut di kemudian hari.

Kesimpulan

Membeli murai Bahorok memang membutuhkan perhatian yang ekstra, namun jika dilakukan dengan benar akan memberikan hasil yang memuaskan. Pastikan membeli burung dari penjual yang terpercaya dan memperhatikan kondisi fisik, umur, dan riwayat burung tersebut. Dengan memperhatikan 10 hal di atas, Anda akan mendapatkan murai Bahorok yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Dalam membeli Murai Bahorok, ada 10 hal yang harus diperhatikan seperti melihat kondisi fisik burung, memilih jantan atau betina, memeriksa riwayat kesehatan, memilih penjual yang terpercaya, dan sebagainya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan kamu bisa mendapatkan Murai Bahorok yang sehat dan berkualitas. Namun, tidak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan perawatan dan pemeliharaannya agar burung tersebut tetap sehat dan bisa berkicau dengan merdu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli Murai Bahorok, pastikan kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pecinta burung kicau.

Posting Komentar untuk "10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Murai Bahorok"