Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Jenis burung Rangkong yang ada di Indonesia

Ekormurai.com – Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya, termasuk di dalamnya adalah burung Rangkong. Burung Rangkong atau yang juga dikenal dengan nama hornbill merupakan burung yang memiliki paruh besar dan bentuk kepala yang unik. Di Indonesia sendiri, terdapat 13 jenis burung Rangkong yang tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Sumatera hingga Papua. Setiap jenis burung Rangkong memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi spesies yang menarik untuk dipelajari dan dijaga keberadaannya.

13 Jenis burung Rangkong yang ada di Indonesia

13 Jenis Burung Rangkong yang Ada di Indonesia

Burung rangkong merupakan salah satu jenis burung terbesar di dunia. Di Indonesia, terdapat 13 jenis burung rangkong yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Berikut adalah 13 jenis burung rangkong yang ada di Indonesia:

1. Burung Rangkong Gading (Rhinoplax vigil)

Burung rangkong gading memiliki ukuran tubuh yang besar dan mencapai panjang sekitar 1 meter. Burung ini memiliki warna putih pada bagian kepala dan dada, serta coklat pada bagian perut dan sayap. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan di Sumatera dan Kalimantan.

2. Burung Rangkong Jambul (Aceros corrugatus)

Burung rangkong jambul memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki jambul yang menonjol pada bagian kepala. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera dan Kalimantan.

3. Burung Rangkong Kepala Merah (Rhabdotorrhinus waldeni)

Burung rangkong kepala merah memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki kepala yang berwarna merah. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera dan Kalimantan.

4. Burung Rangkong Dada Kuning (Anthracoceros malayanus)

Burung rangkong dada kuning memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki dada yang berwarna kuning. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

5. Burung Rangkong Kepala Hitam (Aceros malaccensis)

Burung rangkong kepala hitam memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki kepala yang berwarna hitam. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

6. Burung Rangkong Kepala Kuning (Aceros cassidix)

Burung rangkong kepala kuning memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki kepala yang berwarna kuning. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Papua.

7. Burung Rangkong Sulawesi (Rhinoplax vigil subsp. Satu)

Burung rangkong Sulawesi memiliki ukuran tubuh yang besar dan mencapai panjang sekitar 1 meter. Burung ini memiliki warna putih pada bagian kepala dan dada, serta coklat pada bagian perut dan sayap. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sulawesi.

8. Burung Rangkong Enggang Gading (Buceros rhinoceros)

Burung rangkong enggang gading memiliki ukuran tubuh yang besar dan mencapai panjang sekitar 1 meter. Burung ini memiliki warna putih pada bagian kepala dan dada, serta coklat pada bagian perut dan sayap. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

9. Burung Rangkong Sumba (Aceros everetti)

Burung rangkong Sumba memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki jambul yang menonjol pada bagian kepala. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumba.

10. Burung Rangkong Benggala (Anthracoceros albirostris)

Burung rangkong Benggala memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki paruh yang berwarna putih. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

11. Burung Rangkong Papua (Aceros plicatus)

Burung rangkong Papua memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki jambul yang menonjol pada bagian kepala. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Papua.

12. Burung Rangkong Hitam (Buceros bicornis)

Burung rangkong hitam memiliki ukuran tubuh yang besar dan mencapai panjang sekitar 1 meter. Burung ini memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki paruh yang besar. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

13. Burung Rangkong Kepala Putih (Aceros leucocephalus)

Burung rangkong kepala putih memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya dan memiliki kepala yang berwarna putih. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kesimpulan

Itulah 13 jenis burung rangkong yang ada di Indonesia. Kehadiran burung rangkong di Indonesia merupakan salah satu aset penting yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, kita harus melakukan upaya konservasi terhadap burung rangkong agar tidak punah.

Dari 13 jenis burung rangkong yang ada di Indonesia, dapat kita lihat betapa pentingnya menjaga kelestarian mereka. Burung-burung ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di hutan-hutan Indonesia. Namun, sayangnya beberapa spesies burung rangkong terancam punah karena perburuan liar dan hilangnya habitat mereka. Oleh karena itu, kita semua harus berperan aktif dalam melestarikan burung-burung rangkong ini agar mereka tetap dapat hidup dan berkembang biak di alam liar. Mari kita jaga keanekaragaman hayati Indonesia, termasuk burung-burung rangkong yang menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia.

Posting Komentar untuk "13 Jenis burung Rangkong yang ada di Indonesia"