Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Dolar: Cara Mudah Merawat dan Menanamnya

Ekormurai.com - Bonsai Dolar atau lebih dikenal dengan nama pohon uang atau pohon dolar, merupakan salah satu jenis Bonsai yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Bonsai ini berasal dari Taiwan dan pertama kali ditemukan pada akhir tahun 1980-an. Bonsai Dolar memiliki nama ilmiah Portulacaria afra variegata dan termasuk dalam famili portulacaceae. Tanaman ini memiliki tampilan yang menarik dengan daun hijau kecil yang unik dengan pola warna putih yang menyebar. Selain itu, Bonsai Dolar sangat mudah dirawat sehingga banyak orang yang menyukai tanaman ini sebagai penghias interior rumah ataupun meja kerja.

Bonsai Dolar

Pengertian

Bonsai Dolar adalah praktik menanam pohon dolar Amerika Serikat (USD) dalam pot kecil sehingga bisa memberikan efek estetika dan keindahan yang unik. Meskipun Bonsai Dolar tidak membawa manfaat finansial, tapi tumbuhan ini menjadi populer di kalangan penghobi bonsai karena keindahan dan kemudahan dalam perawatannya.

Sejarah

Istilah Bonsai Dolar muncul pada tahun 1980-an ketika krisis dolar merajalela di Jepang. Orang-orang tertarik dengan manfaat estetika dari penanaman pohon dolar sebagai pengganti investasi karena harga dolar yang turun.

Cara Menanam dan Merawat

Gambar Bonsai Dolar:
Bonsai DolarUntuk menanam Bonsai Dolar, diperlukan benih pohon dolar dan media tanam seperti campuran antara pasir, serat seram, dan pupuk organik. Setelah itu, benih ditanam di media tanam dan diberi air secukupnya. Agar pohon cepat tumbuh dan cabangnya bisa dipangkas agar tetap kecil, diperlukan pupuk dan pemangkasan secara teratur.Pohon dolar tidak memerlukan perawatan khusus serta tahan terhadap segala jenis cuaca. Namun, pastikan media tanam tidak terlalu lembab karena bisa mengakibatkan jamur atau hama mengganggu pertumbuhan pohon.

Manfaat

Meskipun Bonsai Dolar tidak menawarkan manfaat finansial, namun keindahan dan estetika dari tanaman ini menjadi daya tarik tersendiri. Bonsai Dolar juga bisa dijadikan sebagai hadiah dan dekorasi untuk penggemar bonsai maupun orang yang menyukai tanaman hias.

Kesimpulan

Bonsai Dolar menjadi populer karena memberikan efek estetika yang unik dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Meskipun tidak memberikan manfaat finansial, Bonsai Dolar tetap menjadi favorit bagi para penggemar bonsai dan orang yang menyukai tanaman hias.

Bonsai Dolar

Asal Usul

Bonsai dolar atau lebih dikenal dengan nama bonsai uang adalah tumbuhan kecil yang memiliki bentuk dan ukuran kecil seperti uang logam. Bonsai ini berasal dari Jepang dan merupakan varian dari bonsai shohin yang banyak ditemukan di Jepang.

Nama Latin

Nama latin dari bonsai dolar adalah Crassula ovata atau biasa disebut dengan jade tree atau friendship tree. Crassula ovata sendiri merupakan tumbuhan sukulen yang berasal dari Afrika Selatan.

Penyebaran

Bonsai dolar pertama kali diperkenalkan di Jepang dan kemudian menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Bonsai ini menjadi populer di kalangan penggemar bonsai karena ukurannya yang kecil dan mudah dirawat.

Harga

Harga bonsai dolar bervariasi tergantung dari ukuran dan bentuknya. Bonsai dolar yang berukuran kecil dengan harga sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah sedangkan bonsai dolar yang berukuran sedang bisa mencapai harga 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Ciri-ciri

Bonsai dolar memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari bonsai lainnya. Pertama, bonsai dolar memiliki batang yang tebal dan daun yang berbentuk oval dengan tepi bergerigi. Daun bonsai dolar berwarna hijau gelap dan bertekstur lembut. Kedua, bonsai dolar memiliki pot yang kecil dan dangkal. Pot bonsai dolar biasanya terbuat dari bahan keramik dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran bonsai. Ketiga, bonsai dolar memiliki akar yang pendek dan tebal. Akar bonsai dolar terkadang tumbuh ke atas dan membentuk pola yang menarik.

Perawatan

Bonsai dolar memerlukan perawatan yang cukup mudah dan sederhana. Pertama, bonsai dolar harus diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang stabil. Kedua, bonsai dolar harus disiram secara teratur dan tidak boleh terlalu banyak air. Tanah bonsai dolar harus selalu lembab tetapi tidak boleh tergenang air. Ketiga, bonsai dolar harus dipangkas secara teratur untuk menjaga bentuknya yang indah. Pemangkasan bonsai dolar harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya menghilangkan ranting dan daun yang rusak atau mati.

Kesimpulan

Bonsai dolar atau bonsai uang adalah tumbuhan kecil yang memiliki bentuk dan ukuran kecil seperti uang logam. Bonsai ini berasal dari Jepang dan kemudian menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Bonsai dolar memiliki batang yang tebal, daun yang berbentuk oval, dan akar yang pendek dan tebal. Perawatan bonsai dolar cukup mudah dan sederhana dengan menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang stabil, menyiramnya secara teratur, dan memangkasnya secara teratur untuk menjaga bentuknya yang indah.

Terimakasih Telah Membaca Tentang Bonsai Dolar

Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan tambahan terkait budidaya Bonsai Dolar bagi para pembaca. Jangan lupa kunjungi website kami lagi di kemudian hari untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar hobi tanaman. Sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Bonsai Dolar: Cara Mudah Merawat dan Menanamnya"