Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Jambu Krikil: Tips dan Trik dalam Merawat

Ekormurai.com - Bonsai Jambu Krikil adalah salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia. Bonsai Jambu Krikil memiliki ciri khas berupa daun kecil yang padat dan buah yang berukuran kecil. Jambu Krikil asli Indonesia sebenarnya adalah tanaman yang dapat tumbuh besar dan tinggi, namun dengan teknik bonsai, Jambu Krikil dapat dijadikan tanaman hias mini yang mempercantik ruangan. Bonsai Jambu Krikil sangat mudah dipelihara dan cocok untuk pemula yang baru belajar merawat bonsai. Tanaman ini juga sering dijadikan hadiah bagi orang yang memiliki kesukaan terhadap tanaman hias ataupun sebagai hadiah untuk hari-hari istimewa seperti ulang tahun ataupun pernikahan.

Bonsai Jambu Krikil

Sejarah Bonsai Jambu Krikil

Bonsai Jambu Krikil dulunya merupakan bentuk pohon jambu yang ditanam di kebun. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, masyarakat mulai mengubah bentuk pohon jambu tersebut menjadi bonsai dengan tujuan sebagai salah satu hiasan rumah.

Karakteristik Bonsai Jambu Krikil

Bonsai Jambu Krikil memiliki karakteristik unik yaitu tinggi tanaman hanya mencapai 50-60cm. Tergolong ke jenis bonsai mini, pohon jambu krikil di bonsai sebaiknya dipotong terlebih dahulu saat tumbuh. Bonsai ini bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan, lebih indah dengan dihiasi miniatur hiasan berupa kerikil atau batu-batu kecil dan tanah liat sebagai alas pot.

Perawatan Bonsai Jambu Krikil

Bonsai Jambu Krikil termasuk bonsai yang mudah dirawat. Penyiramannya dilakukan setiap hari, namun jangan terlalu banyak agar akarnya tidak membusuk. Pemupukan dilakukan sekitar 3-4 bulan sekali dengan pupuk NPK. Bonsai Jambu Krikil tidak perlu disemprot air karena daun yang tidak lebat.

Bonsai Jambu Krikil dalam Kehidupan Sehari-hari

Bonsai Jambu Krikil menjadi salah satu jenis bonsai yang paling diminati. Bentuk pohonnya yang unik, dan tingginya yang mini menjadikan bonsai ini cocok sebagai hiasan di dalam rumah, ruang tamu, atau ruang kerja. Selain itu, bonsai ini juga dikenal sebagai pohon yang membawa keberuntungan dan kesuburan. Dalam bahasa feng shui, pohon Jambu Krikil dianggap sebagai pohon yang dapat menarik energi positif.

Galeri Foto Bonsai Jambu Krikil

Foto Bonsai Jambu Krikil

Bonsai Jambu Krikil

Asal Usul

Bonsai Jambu Krikil merujuk pada bonsai dari pohon jambu krikil (Syzygium myrtifolium). Pohon ini berasal dari Asia Tenggara dan umumnya ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Nama Latin

Nama latin untuk jambu krikil adalah Syzygium myrtifolium. Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Myrtaceae dan memiliki berbagai nama dalam bahasa lokal, seperti jambu anjlok dan jambu ki ada di Indonesia.

Penyebaran

Jambu krikil tumbuh liar di hutan-hutan dataran rendah dan dapat ditemukan di banyak negara Asia Tenggara. Namun, saat ini pohon ini mulai dibudidayakan sebagai tanaman hias karena memiliki banyak kelebihan seperti daun hijau bersih, buah yang enak, dan mudah dibentuk menjadi bonsai.

Harga

Harga bonsai jambu krikil tergantung pada ukuran dan usia pohon. Bonsai jambu krikil yang kecil dan baru ditanam biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sedangkan untuk bonsai jambu krikil dengan umur dan ukuran yang lebih besar, dapat dijual dengan harga yang lebih mahal lagi, mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Ciri-Ciri

Bonsai jambu krikil memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dari bonsai pohon lain. Pohon ini memiliki daun hijau tua dengan ketebalan yang cukup sehingga dapat menjadi pemandangan menarik jika diberi peralatan penataan yang pas. Batang pohon jambu krikil biasanya berwarna abu-abu kecoklatan dan berbentuk kecil, Biasanya jika memiliki buah buah jambu yang mungil tetapi cukup menarik.

Perawatan

Perawatan bonsai jambu krikil tidak jauh berbeda dengan perawatan bonsai pohon lainnya. Perawatan yang dianjurkan adalah penggunaan tanah yang berair, penyiraman yang cukup, dan pemangkasan yang rutin untuk menjaga bentuk yang diinginkan. Agar pohon jambu krikil tetap sehat, bersihkan dedaunan yang turun setiap semester seminggu sekali untuk menghindari keluarnya kutu daun. Kesimpulannya, Bonsai jambu krikil merupakan tanaman hias yang menarik dan cocok ditanam di rumah, halaman ataupun di taman kecil. Bonsai jambu krikil dapat dimiliki oleh siapapun karena memliki harga yang cukup terjangkau dan perawatannya pun tidak begitu sulit. Dengan menanam bonsai pohon jambu krikil, kita bisa menikmati keindahan alam yang dapat memberi kesegaran dan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Jambu Krikil

Kini kamu sudah lebih mengenal lagi tentang Bonsai Jambu Krikil. Jangan ragu untuk mengunjungi kami di lain waktu untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang jenis bonsai lainnya. Kami sangat senang bisa berbagi pengetahuan tentang bonsai denganmu. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di lain waktu!

Posting Komentar untuk "Bonsai Jambu Krikil: Tips dan Trik dalam Merawat"