Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik

Ekormurai – Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik Cara membedakan antara burung kacer jantan dan betina memang menjadi salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan bagi para penghobi burung kicau. Selain dari perbedaan suara dan cara menyanyi, perbedaan dari fisik juga bisa menjadi acuan untuk membedakan jenis kelamin dari burung kacer. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membedakan ciri burung kacer jantan dan betina dari fisik.

Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik

Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik – Dalam dunia burung kicauan siapa orangnya yang tidak mengenal salah satu jenis burung ini yang biasa kita kenal burung kacer atau yang sering kita sebut dengan burung poci yang memiliki nama ilmiah Copsychus Saularis Musicus?.. Burung Kacer sebenarnya hadir dalam beberapa jenis diantaranya adalah, jenis Kacer Hitam yang dikenal memiliki dua jenis yaitu Kacer Dada Hitam dan Kacer Poci atau yang berdada putih. Dan satu lagi Kacer yang banyak dikenal yaitu Kacer Madagaskar, dsb. Unggas gacoran ini memiliki ciri yang khas dan jarang sekali bisa ditemui pada burung jenis lain. Ciri khas tersebut akan terlihat ketika ia sedang berkicau dengan gaya mendongakkan kepala ke atas sembari terus melantunkan irama-irama indahnya. Gaya yang khas ini sering disebut masyarakat dengan istilah ngobra.

Hingga saat ini, kacer yang seringkali dicari oleh penghobinya ialah burung yang berkelamin jantan dari pada betina. Karena burung jenis kelamin jantan memiliki suara gacor yang lebih bervariasi dan lebih lantang dibandingkan dengan burung dengan jenis kelamin betina. Selain itu ciri kacer jantan pada bodi tubuhnya terlihat lebih gagah dibandingkan sang betina. Dengan beberapa kelebihan tersebut, tak heran jika harga dari burung pejantan bisa dihargai dengan nilai yang tinggi. Harga kacer anakan/trotolan saja sudah di atas Rp325.000,-. Tentu harga segitu sebanding dengan kicauan dan gaya khas dari kacer yang gemar ngobra.

Khusus untuk jenis burung Bakalan yang biasa disebut dengan Kacer Trotolan, saat ini yang banyak diperjualbelikan dan memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah perawatannya yang mudah dan bisa menerima berbagai jenis master. Itulah yang kemudian menyebabkan banyak peternak menyukai burung ini untuk dirawat dan dibentuk agar menjadi burung juara lomba. Nah, buat Anda yang berkeinginan mencoba merawat kacer untuk dijadikan sebagai burung kicauan dirumah atau untuk mencetak kacer juara, pastinya sudah yakin untuk memilih jenis kacer jantan. Apabila anda masih ragu untuk membeli unggas kicauan ini lantaran belum tahu cara untuk membedakan jenis kelaminnya, maka ada baiknya bila anda menyimak beberapa informasi yang berhubungan dengan cara membedakan ciri kacer jantan dan ciri kacer betina yang telah bung-gacor rangkum dibawah ini.

Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik 

Ciri-ciri kacer jantan dan betina bisa kita amati dari ciri fisiknya. Untuk kacer dewasa memang lebih mudah.  Dan untuk membedakan kacer jantan dan betina yang masih anakan/trotolan, ada beberapa ciri fisik yang bisa dijadikan patokan/acuan. Berikut ini beberapa ciri fisik yang bisa anda amati untuk membedakan kacer anakan/trotolan jantan atau betina. Mulai dari paruh, kepala, bulu, atau katuranggannya. Berikut ini bahasan detil tentang Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina:

1. Dilihat dari kepala

Cara yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk membedakan kacer anakan jantan atau betina adalah dari kepalanya. Kacer anakan/trotolan jantan memiliki bentuk kepala yang persegi dan rata. Sedangkan betina terlihat sedikit bulat.

2. Dilihat dari bulu

Untuk menambah bukti, anda bisa juga melihat warna bulu pada anakan kacer. Untuk anakan kacer jantan, warna bulu pada bagian punggung dan sayapnya adalah hitam gelap/legam. Sedangkan anakan kacer betina biasanya memiliki warna bulu yang hitam namun sedikit abu-abu bahkan cenderung coklat. Jadi kacer trotolan jantan memiliki warna hitam yang lebih tegas/jelas.

3. Dilihat dari paruh

Untuk membedakan kacer jantan dan betina yang masih anakan/trotolan, anda bisa mengamati dari paruhnya. Untuk anakan kacer jantan, pada bagian bawah paruhnya (yang berbentuk huruf “ Λ “) berwarna hitam. Bentuknya pendek dan tebal. Sedangkan anakan kacer betina, warna paruhnya berwarna putih atau abu-abu.

4. Dilihat dari gaya berdiri

Cara yang ke empat untuk membedakan ciri-ciri kacer jantan dan betina trotolan adalah dilihat dari gaya berdirinya. Disebut juga katuranggan. Untuk anakan kacer jantan, saat berdiri terlihat lebih tegap dengan dada bidang dan ramping. Sedangkan untuk anakan kacer betina, bentuk tubuhnya bulat sehingga saat berdiri terlihat gemuk/bulat. Sebagian kacermania yang sudah memahami kacer juga mengatakan bahwa ada titik hitam pada lidah anakan kacer jantan.

Memang jika saat kacer masih trotolan atau bakalan sedikit sulit dibedakan jenis kelaminnya. Namun berbekal informasi di atas setidaknya bisa memberikan sedikit referensi untuk anda. Anda harus teliti memilih kacer trotolan jika tak ingin kecewa sesudahnya. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Baca juga:
– Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap.
– Cara Paling Akurat Membedakan Kelamin Pleci.

Demikian artikel mengenai Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik yang dapat bung-gacor sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

perbedaan kacer jantan dan betina, kacer jantan dan betina, membedakan kacer jantan dan betina trotolan, kacer jantan dan betina trotol, kacer jantan dan betina anakan, kacer jantan dan betina dewasa, cara membedakan kacer jantan dan betina, ciri kacer jantan, Kacer jantan, ciri ciri kacer jantan, kacer betina, perbedaan burung kacer jantan dan betina, membedakan kacer, ciri kacer trotol jantan, cara memilih kacer trotolan jantan, ciri ciri kacer jantan anakan, perbedaan kacer jantan dan betina dewasa, jantan dan betina, ciri kacer betina, ciri ciri burung kacer jantan.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Dalam mengetahui ciri-ciri burung kacer jantan dan betina dari fisiknya, memang memerlukan pengamatan yang cukup teliti. Namun, dengan memperhatikan beberapa hal seperti ukuran tubuh, bentuk kepala, dan suara yang dihasilkan, kalian dapat membedakan secara mudah antara kacer jantan dan betina. Sebagai pemilik burung kacer, penting untuk mengetahui jenis kelamin burung yang kalian miliki agar dapat memberikan perawatan yang tepat dan bisa menghasilkan suara kicauan yang baik. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam membedakan ciri burung kacer jantan dan betina.

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina dari Fisik"