Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina

Ekormurai – Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan BetinaJalak suren merupakan salah satu burung pengicau yang memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan indah. Bagi para pecinta burung, pasti tak asing lagi dengan burung yang satu ini. Namun, seringkali kita sulit untuk membedakan jalak suren jantan dan betina karena secara fisik keduanya hampir tidak memiliki perbedaan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara membedakan ciri-ciri jalak suren jantan dan betina agar para penggemar burung dapat lebih memahami dan mengenal jenis-jenis burung tersebut.

Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina- Jalak suren jawa (Gracupica contra jalla) merupakan salah satu dari lima ras /subspesies jalak suren yang ada di dunia. Istilah jalak suren jawa digunakan para kicaumania untuk membedakannya dari jalak suren kalimantan. Di antara keluarganya yang lain seperti, jalak nias, jalak putih, rio-rio dan lain-lain. Burung jalak suren inilah yang mempunyai variasi kicau yang banyak. Sehingga harganya pun terpaut jauh. Jika burung ini sudah gacor ataupun sudah jadi, maka burung ini akan bersuara lantang dengan gaya jambul, bila di dekati orang ataupun sesuatu yang di rasa mengganggunya.

Salah satu jenis burung yang sudah banyak dibudidayakan atau ditangkarkan manusia. Sebagian besar jalak suren jawa yang ada di pasaran adalah hasil penangkaran. Burung Jalak Suren dijuluki sebagai burung penjaga rumah karena sifat jinaknya. Ketika diletakkan di depan rumah dan ada tamu yang berkunjung maka langsung saja burung ini akan bersuara nyaring dengan variasi yang menarik. Bagi anda yang ingin menangkar burung ini serta membudidayakannya, terlebih dahulu anda harus bisa menentukan perbedaan Jalak Suren jantan dan betina agar mudah dalam proses penjodohan.

Menentukan perbedaan Jalak Suren jantan dan betina cukup sulit dilakukan terutama bagi mereka yang belum berpengalaman. Selama ini salah satu cara untuk membedakannya bisa diamati dari suara gacornya. Apabila suara jalak suren terdengar lebih lantang dan bervariasi maka bisa dikatakan bahwa burung terbut berkelamin jantan, sedangkan betina memilki suara yang bernada lebih tinggi dengan banyak tembakan melengking. Namun, tetap saja ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu mencolok yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih antara burung jantan dan betina. Berikut adalah beberapa diantaranya informasi Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina yang telah saya rangkum dari beberapa sumber.
Untuk yang masih pemula memelihara jalak suren, pastinya agak kesulitan saat menerapkan beberapa perbandingan ciri-ciri di atas, karena ciri-ciri tersebut memang membutuhkan kejelian serta waktu yang lama. Meski begitu, ternyata masih ada cara lain yang bisa kita jadikan acuan atau tolak ukur untuk membedakan jenis kelaminnya. Cara tersebut adalah dengan mengamati bagian kulit di sekitar duburnya. Apabila terdapat lingkaran berwarna gelap misal ungu ataupun biru, maka bisa diyakini bahwa burung tersebut berkelamin jantan. Selain itu, ciri jalak suren jantan juga bisa dilihat dari perilaku atau gerakan yang lebih agresif.

Baca juga:
Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina.
Cara Paling Akurat Membedakan Kelamin Pleci.


Demikian Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina, yang dapat bung-gacor sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Jalak uren, Jalak suren jantan, perbedaan jalak suren jantan dan betina, cara membedakan jalak suren jantan dan betina, jalak suren jantan dan betina, jalak suren jantan dan betina anakan, jalak suren jantan dan betina bagus mana, harga jalak suren, ciri jalak suren jantan, jalak suren betina, membedakan jalak suren jantan dan betina, burung jalak uren, ciri ciri jalak suren jantan, beda jantan dan betina jalak suren, jalak suren jantan dan betina trotolan, cara membedakan anakan jalak suren jantan dan betina.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Dalam mengetahui ciri-ciri jalak suren jantan dan betina, kita harus memahami secara seksama karakteristik dan tingkah laku keduanya. Meskipun memiliki perbedaan dalam segi warna dan corak, namun ada beberapa ciri yang sebenarnya dapat membedakan jenis kelamin dari jalak suren ini. Dengan memahami ciri-ciri ini, kita dapat lebih mudah mengenalinya dan memilih pasangan jalak suren yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi penggemar burung jalak suren ataupun para pecinta burung secara umum.

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina"