Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang

Ekormurai – Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat PanjangBanyak penggemar burung kicau Indonesia yang tertarik dengan burung Murai Batu karena memiliki suara kicau yang merdu dan menarik. Namun, bagi para pemilik Murai Batu, menjaga kesehatan dan kebugaran burung menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara merawat Murai Batu saat dorong ekor agar cepat panjang. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk merawat Murai Batu Anda agar memiliki ekor yang panjang dan indah.

Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang

Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang- Berapa Lama Murai Batu Dorong Ekor Tumbuh Full??. Berikut ini ulasannya. Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik, juga merupakan salah satu jenis burung istimewa yang keberadaannya sudah sangat populer di Indonesia Selain Cucak Jenggot, Kenari, Lovebird, kacer dan jalak suren. Salah satu ciri khas burung murai batu selain suara ocehan gacornya yang sangat variatif adalah ekornya yang panjang. Kelenturan dan panjang ekor murai batu bisa bervariasi, tergantung faktor genetik dan rasnya. Dorong ekor adalah salah satu tahapan pada Murai Batu yang terjadi setelah MB mabung. Cara Merawat Murai Batu Dorong Ekor juga harus tepat agar penampilan Murai Batu anda semakin cantik indah dan menawan. Sayangnya, masih banyak muraimania yang tidak menyadari hal ini, dan langsung memberikan perawatan harian biasa saat murai dalam proses dorong ekor.
Saat sedang berkicau, Murai Batu akan menggerakkan ekornya untuk memperindah penampilannya. Tak heran jika perawatan ekor murai batu sangat penting, apalagi jika untuk MB lomba. Jika salah merawat pada masa ini, maka hal ini bisa mempengaruhi penampilan bulu ekornya. Misalnya saja ekor ini secara perlahan dan bertahap akan bertambah panjang, hingga akan mencapai 27cm hingga 33cm. Ekor MB biasanya sangat lentur, namun setiap MB punya karakter masing-masing. Jika salah merawat pada masa ini Akibatnya bisa ditebak, bulu ekor  mudah rusak, keriting, bercabang, dan nyerit. Bahkan panjang ekornya tak akan seperti biasanya. Ketahui Ciri Murai Batu Medan Asli.

Merawat Murai Batu Dorong Ekor mungkin bukan hal yang sulit bagi anda para MB mania senior. Tetapi bisa jadi sangat penting untuk para MB mania pemula. Banyak para pengemar murai batu yang memberikan pakan tambahan atau EF ketika murai batu sedang dorong ekor. Alasannya, EF bisa mempercepat tumbuhnya bulu-bulu ekor secara maksimal. Tetapi perawatan itu hanya bisa dilakukan jika Anda telah terbiasa, atau Anda punya waktu cukup dalam merawat burung yang hanya mengkonsumsi EF saja. Sayangnya, masih banyak muraimania yang tidak menyadari hal ini, dan langsung memberikan perawatan harian biasa saat murai dalam proses dorong ekor. Berikut ini bentuk perawatan dorong ekor yang biasa Anda lakukan pada burung murai batu kesayanggan Anda. Simak dibawah ini:

Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang

Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang

Ada beberapa tips perawatan MB yang sedang dorong ekor, dan berikut ini tipsnya :

1. Pertama-tama berikan jangkrik sebanyak 4-5 ekor setiap pagi dan sore.

2. selanjutnya kroto diberikan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu. Namun anda bisa juga memberikan kroto segar setiap pagi jika anda punya stok kroto yang cukup.

3. Untuk aktivitas mandi, siapkan cepuk/bak mandi dalam sangkar. Saat dorong ekor, hindari mandi dengan karamba.

4. Untuk aktivitas jemur, lakukan 2-3 kali seminggu. Lama jemurnya tidak lebih dari 15 menit dan hanya dilakukan di pagi hari.

5. Kebersihan sangkar harus anda perhatikan. Bersihkan sangkar setiap pagi dan sore hari agar selalu bersih dan steril.

6. Berikan full kerodong agar MB merasa tenang dan nyaman.

7. Tempatkan MB di ruangan terpisah yang jauh dari gangguan burung-burung sejenis/fighter lain.

8. Berikan multivitamin yang tepat untuk memperlancar proses dorong ekor.

Merawat Murai Batu saat dorong ekor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat ekor harian MB. Jika anda merawat dengan benar, maka ekor MB akan tumbuh panjang, lentur, kuat, berkilau, dan tak mudah rusak. Anda bisa mencobanya untuk MB kesayangan anda.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Dalam merawat murai batu, dorong ekor merupakan salah satu teknik yang bisa diterapkan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ekor. Namun, adanya faktor lingkungan dan genetika juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan bulu ekor. Oleh karena itu, selain meningkatkan perawatan dengan menerapkan teknik dorong ekor, juga perlu dilakukan perawatan secara keseluruhan yaitu memberikan pakan yang seimbang dan kualitas burung yang bagus. Dengan demikian, burung murai batu bisa tumbuh optimal dan menjadi burung yang sehat serta cantik dengan bulu ekor yang panjang dan indah.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor agar Cepat Panjang"