Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya

Ekormurai.com – Burung Kadalan Birah atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Common Myna merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki ciri-ciri perbedaan antara jantan dan betina yang cukup mudah dikenali. Pada burung Kadalan Birah jantan, bulu-bulu di bagian kepala dan leher berwarna hitam mengilap dengan sedikit kilauan ungu. Sedangkan pada burung Kadalan Birah betina, bulu-bulu di bagian kepala dan leher berwarna coklat kemerahan. Selain itu, pada burung Kadalan Birah jantan, terdapat tambahan bulu-bulu kecil di bagian belakang kepala yang membentuk seperti jambul. Sedangkan pada burung Kadalan Birah betina, bulu-bulu di bagian belakang kepala cenderung lebih pendek dan tidak membentuk jambul. Berikut adalah gambar ilustrasi dari burung Kadalan Birah jantan dan betina.

Ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya

Ciri-ciri Perbedaan Burung Kadalan Birah Jantan dan Betina Beserta Gambarnya

Burung Kadalan Birah merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunikan pada bulu-bulunya yang terlihat indah dan menarik. Namun, untuk membedakan antara burung Kadalan Birah jantan dan betina tidaklah mudah. Berikut adalah ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya.

Ciri-ciri Burung Kadalan Birah Jantan

1. Ukuran Tubuh
Burung Kadalan Birah jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan betina. Jantan memiliki panjang tubuh sekitar 20-25 cm, sedangkan betina hanya sekitar 18-22 cm.

2. Warna Bulu
Bulu burung Kadalan Birah jantan memiliki warna yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan dengan betina. Bulunya berwarna kuning dengan garis-garis hitam pada bagian kepala, leher, dan ekor.

3. Bentuk Paruh
Paruh burung Kadalan Birah jantan lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan betina. Paruh jantan juga lebih melengkung dan tajam, sehingga dapat digunakan untuk memotong dan melumat biji-bijian.

4. Suara
Burung Kadalan Birah jantan memiliki suara yang lebih kuat dan bervariasi dibandingkan dengan betina. Jantan dapat mengeluarkan suara nyaring dan panjang dengan variasi nada yang berbeda-beda.

Ciri-ciri Burung Kadalan Birah Betina

1. Ukuran Tubuh
Burung Kadalan Birah betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jantan. Betina memiliki panjang tubuh sekitar 18-22 cm, sedangkan jantan sekitar 20-25 cm.

2. Warna Bulu
Bulu burung Kadalan Birah betina memiliki warna yang lebih lembut dan pucat dibandingkan dengan jantan. Bulunya berwarna kuning pucat dengan garis-garis hitam yang lebih tipis pada bagian kepala, leher, dan ekor.

3. Bentuk Paruh
Paruh burung Kadalan Birah betina lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan jantan. Paruh betina juga lebih lurus dan tidak sepanjang paruh jantan.

4. Suara
Burung Kadalan Birah betina memiliki suara yang lebih lembut dan singkat dibandingkan dengan jantan. Betina dapat mengeluarkan suara yang nyaring, tetapi tidak sekuat dan sepanjang suara jantan.

Burung Kadalan Birah Jantan dan Betina

Dari ciri-ciri di atas, dapat dilihat bahwa burung Kadalan Birah jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada ukuran tubuh, warna bulu, bentuk paruh, dan suara. Dengan memahami ciri-ciri tersebut, kita dapat dengan mudah membedakan antara burung Kadalan Birah jantan dan betina.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa ciri-ciri perbedaan antara burung Kadalan Birah jantan dan betina. Salah satunya adalah warna bulu yang berbeda, dimana jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dibandingkan betina. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada ukuran tubuh dan bentuk paruh yang agak berbeda. Hal ini membuktikan bahwa meskipun serupa, namun burung Kadalan Birah jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, bagi para pecinta burung, penting untuk memahami ciri-ciri perbedaan tersebut agar dapat mengidentifikasi jenis kelamin burung dengan tepat. Berikut adalah gambar yang menggambarkan perbedaan antara burung Kadalan Birah jantan dan betina.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya"