Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah

Ekormurai
Ini dia Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah
Burung kenari menjadi salah satu jenis burung yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Namun, selain mempunyai keindahan pada warna bulunya, burung kenari juga memerlukan perawatan yang tepat supaya bisa selalu sehat dan tetap bersemangat. Salah satu kondisi yang paling sering dihadapi para pemilik burung kenari adalah saat mabung, di mana burung kenari akan mengalami masa pergantian bulu. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara perawatan terbaik bagi burung kenari saat mengalami masa mabung dengan mudah.

Ini dia Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah

Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah– Sebenarnya dalam cara merawat Kenari mabung ini tidaklah se repot seperti yang kita pikirkan, memang pada saat ini Burung Kenari masih menjadi Burung peliharaan yang paling populer. Bila anda sudah lama memiliki burung kenari ini dan merawatnya maka bung-gacor yakin burung kenari rawatan anda pernah mengalami fase dimana burung tersebut mengalami mabung rontoknya bulu-bulu. Mabung atau proses ganti bulu (moulting) bisa dibilang merupakan masa cuti bagi burung dan unggas lainnya. Selama mabung, burung akan mengurangi berbagai aktivitasnya termasuk berkicau. Kesalahan dalam menangani burung mabung bisa memunculkan berbagai masalah.

Perlu penanganan yang tepat terhadap burung ketika menjalani masa mabungnya, kesalahan besar ketika kenari mabung tetapi masih saja di kemas untuk tetap aktif beraktifitas dan dipaksa berbunyi malah terkadang di berikan doping atau suplemen bunyi untuk lomba. Hal ini yang malah akan semakin menurunkan kondisi si burung. Bagi anda yang memiliki burung kenari sedang mabung, maka anda harus tahu cara perawatannya dengan mudah agar burung mabung mendapatkan perhatian yang baik sesuai dengan kondisinya.

Ketika sedang menjalani masa mabung, burung seperti kehilangan jati diri nya karena bulu–bulu kebanggaannya selama ini ambrol satu per satu. Burung yang sebagian besar memiliki kebiasaan preening atau merapikan bulu-bulunya tak bisa melakukannya lagi, dan ini jelas sangat menyiksa. Yang perlu anda ketahui yaitu pada waktu burung kenari sedang mabung, burung tersebut menyerap protein yang ada dalam tubuhnya sebanyak 25%. Oleh karena itu, hal penting yang harus anda lakukan dalam perawatan burung kenari seperti ini adalah dengan memberikan protein sebagai penggantinya.

Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah

Ketiadaan bulu yang dimilikinya selama masa mabung juga sangat mempengaruhi fisiologisnya, karena kulitnya nyaris botak alias tak berbaju, sehingga mudah terkena penyakit apabila kita salah dalam menyimpan dan merawat burung. Dalam cara merawat Kenari mabung setiap para pecinta ataupun peternak tentunya berbeda-beda, namun perawatan yang tepat dan terbaik adalah memberikan asupan makanan yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan bulu baru agar kenari bisa kembali ngoceh dan beraktifitas kembali (baca: Cara Merawat Kenari Biar Cepat Berkicau dan Gacor Terus). Berikut beberapa perawatan yang perlu diperhatikan.

Namun sebelumnya perlu anda ketahui dulu kenapa burung kenari bisa mabung? adapun beberapa faktor yang mempengaruhi mabungnya burung kenari antara lain sebagai berikut:

1. Karena faktor musiman, Faktor ini umumnya terjadi secara bersamaan pada semua burung dalam satu rumah.

2. Karena faktor hormon, hormon yang tidak stabil dapat memicu burung kenari mengalami proses mabung, dan biasanya peningkatan hormon terjadi karena kenari dalam kondisi birahinya naik.

3. Karena faktor umur, burung kenari yang mabung ketika umurnya masih muda prosesnya lebih lama dari kenari dewasa.

4. Karena faktor alam, kondisi lingkungan seperti, suhu dan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi terjadinya mabung pada burung kenari.

Dalam kondisi seperti di atas, Anda jangan khawatir, agar dalam proses ini kenari bisa mabung dengan baik dan sempurna maka harus dilakukan perawatan yang tepat. Berikut cara yang tepat untuk merawat burung kenari yang sedang mabung:

1. Burung kenari ketika mabung harus dipastikan apakah sudah bebas dari virus pembawa penyakit. Untuk mengeceknya sebaiknya bawa kenari anda ke dokter hewan terdekat.

2. Sebaiknya bersihkan burung kenari dari gangguan parasit seperti: kutu, mikroba, maupun cacing.

3. Angin-angin kan kenari ditempat yang tidak langsung menerima cahaya matahari, karena saat mabung kenari tidak membutukan asupan cahaya matahari bagi tubuhnya.

4. Jangan mandikan kenari saat mabung, saat kenari merontokan bulunya dan kita memandikan mereka ini malah menghambat proses perontokan, jadi mulai mandikan kenari saat mereka memulai proses penumbuhan bulu baru bukan pada saat mereka merontokan bulunya.

5. Yang terpenting adalah berikan asupan pakan nutrisi sebagai pemenuh kebutuhan protein pada burung kenari. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa kenari mabung mengalami penurunan protein sebanyak 20% dalam tubuhnya, maka dari itu sebagai penggantinya adalah dengan memberikan makanan yang mengandung banyak protein, kalsium, yodium, dan mineral. Baca: Pakan Yang Paling Bagus Untuk Burung Kenari Agar Cepat Gacor.

Tambahan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus untuk burung kenari antara lain sebagai berikut:

1. Telur yang telah direbus. 

2. Sayur-sayuran hijau dan segar seperti: sawi. 

3. Biji-bijian segar seperti: kecambah. 

4. Tulang sotong, ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat baik buat kenari mabung. 

5. Buah-buahan segar seperti: pepaya, pisang, apel, dll. 

6. Tambahkan multivitamin  yang sangat efektif untuk membantu mempercepat dan melancarkan proses mabung. 

7. Berikan kulit tiram, karena kulit tiram mengandung kalsium yang penting untuk kenari saat mabung.

Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung yang bisa kami ulas dalam postingan kali ini. Semoga burung kenari yang sedang mabung bisa mendapatkan perawatan yang baik dan tepat agar burung kenari merasa nyaman dan berhasil mabung dengan sempurna.

Artikl terkait:
kenari mabung, cara merawat kenari mabung, kenari mabung macet bunyi, ciri ciri kenari mabung, kenari mabung berapa lama, kenari mabung umur berapa, kenari mabung pertama, kenari mabung terus, perawatan kenari mabung umur 3 bulan, pakan kenari mabung, pantangan ketika kenari sedang mabung.


Dari semua tips dan cara perawatan terbaik yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa menjaga kondisi fisik dan mental burung kenari saat masa mabung adalah hal yang sangat penting. Melalui perawatan yang tepat, dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung kenari. Sebagai pemilik, Anda harus senantiasa memantau kondisi kesehatan dan memberikan perawatan yang optimal untuk burung kenari kesayangan Anda. Yuk, terapkan tips perawatan terbaik untuk burung kenari mabung dengan mudah agar tetap merdu dan sehat selalu!

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "Ini dia Cara Perawatan Terbaik Burung Kenari Mabung dengan Mudah"