Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Istimewa

Ekormurai
Ini dia Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Istimewa
Murai Batu Medan memang menjadi primadona bagi para pecinta burung kicauan. Burung yang terkenal dengan keindahan suaranya ini memiliki banyak jenis dan spesies yang berbeda. Namun di antara semua jenisnya, ada satu jenis Murai Batu Medan yang sangat istimewa, yaitu Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang. Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai ciri-ciri dari Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang membuatnya sangat istimewa.

Ini dia Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Istimewa

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Istimewa – Murai batu medan adalah salah satu jenis murai batu yang sangat terkenal dengan berbagai kelebihannya, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara kicauan gacor keras yang luar biasa juga dari segi tampilan fisik yang gagah. Keindahan suaranya, menjadikan buruan kicau mania untuk mendapatkan audio mp3 suara murai batu. Dan inilah yang menjadikan burung ini cukup laris di pasaran dan harganya bisa dibilang lumayan mahal, yaitu harganya rata-rata di atas 1 juta rupiah.

Namun sayangnya kepopuleran jenis Murai Batu tersebut berbanding terbalik dengan fakta yang ada. Dimana keberadaan murai batu medan sudah terancam punah, entah karena pemburu liar atau murni sebab kerusakan lingkungan. Hal ini mesti mendapatkan perhatian yang khusus karena jumlahnya sudah semakin berkurang. Murai Batu Medan sesungguhnya hanya makna sebutan saja, kebetulan murai batu yang terkenal adalah murai batu medan, ini karena stok murai batu dari wilayah Sumatera bagian utara hingga pantai utara wilayah NAD sejak dulu selalu terkumpul di Medan sebelum menyebar ke wilayah-wilayah lain.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Mantab 

Karena banyak yang memfavoritkan murai batu ekor panjang, maka pemikat murai batu pun banyak yang suka mengumpulkan murai batu ekor panjang yang kemudian di bawa ke kota Medan. Untuk mempersingkat cerita, murai batu Medan adalah nama panggilan murai batu berdasarkan kebiasaan untuk memudahkan penyebutan murai batu ekor panjang dan lengkung. Meski begitu sebagai seseorang pengagum burung kicau, Anda pasti pernah mendengar sebutan Murai Medan super bukan? Nah nyatanya Murai medan super hanya arti buatan beberapa penjual serta pedagang murai yang mempromosikan murai berpostur besar serta berbuntut panjang juga sebagai murai yang bagus serta super. Berikit Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super antara lain:

1. Umumnya murai medan mempunyai ekor yang panjang yang rata-rata mencapai 25cm lebuh, kebanyakan melengkung, tetapi adapula yang lurus serta tak begitu panjang.

2. Pastikan Umur Burung Murai Batu sudah mencapai kuran lebih 4-6 Bulan, ini dikarenakan jika dibawah usianya itu kebanyakan murai batu yang super agak sedikit susah membedakannya.

3. Warna bulunya sepintas terlihat hitam kelam serta sedikit mengkilap. Tetapi bila terkena sinar matahari bakal tampak sedikit kilatan biru semu.

4. Warna kaki merah gelap tunjukkan bahwa murai itu yaitu murai medan muda. Bila telah dewasa bakal bersisik serta ada lekukan seperti buah belimbing.

5. Dari postur badan, murai medan masuk dalam kelompok murai berpostur besar. Oleh karenanya lihatlah postur, murai medan senantiasa tampak semakin besar serta tegap dari pada murai yang lain.

6. Kicauannya terdengar keras serta berbagai – jenis. Nada basic waktu keluarkan nada alamnya tunjukkan bahwa nada murai medan sangatlah keras serta agak besar. Tetapi waktu dia menirukan nada burung lain, jadi nyaring serta bahkan juga lebih keras dari pada burung yang ditirukan.

7. Ada warna putih di seputar pangkal ekor menuju ke pangkal paha.

8. Sewaktu masuk step awal emosi dalam bermain, ekor putih bakal tampak ngipas dengan tubuh jadi lebih tegak sambil memaki – maki lawannya.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Berdasarkan Ekor

Banyak sekali orang awam yan belum mengerti atau belum tahu tentang membedakan murai batu biasa dengan murai batu medan kualitas super, nah untuk lebih jelasnya anda bisa lihat sepintas ekor burung murai batu medan super ini sebagai berikut:

Murai batu medan asli memiliki empat pasang bulu putih strip hitam di pola ekornya. Panjang ekor sekitar antara 14cm – 28cm.

Jika diluar dari prihal diatas dapat di pastikan Burung Murai Batu Bisa yang Banyak di pasaran.

Nah itu ciri spesial yang mudah dalam membedakan murai batu medan asli. Dikarenakan kadang-kadang ada ciri yang susah untuk membedakan mana murai medan yang asli serta yang bukan. Ada satu hal lagi yakni pada istilah burung murai batu medan kualitas super. Ada arti super di sini, menurut satu diantara redaksi yang bisa janganlah terlampau dipengaruhi pada embel-embel super, karenanya mungkin saja rekayasa penjual untuk menambah nilai jual murai. Baca juga: Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Paling Jitu. Semoga bermanfaat.


Dari artikel yang telah diulas di atas, dapat disimpulkan bahwa Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis burung lainnya. Selain jangkauan suaranya yang luas, warna bulu yang meriah, dan kemampuan tarikannya yang kuat, burung ini juga dikenal sebagai burung yang rendah hati dan mudah dijinakkan. Oleh karena itu, bagi pecinta burung, memelihara Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa memelihara burung tersebut juga membutuhkan keterampilan dan kesabaran yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "Ini dia Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli Super Ekor Panjang yang Istimewa"