Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina


Ekormurai – Ini dia Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap - Kenari adalah burung cantik yang populer sebagai hewan peliharaan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa ada perbedaan antara kenari jantan dan betina, tapi tidak begitu tahu dengan pasti apa saja perbedaan tersebut. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap perbedaan kenari jantan dan betina, mulai dari fisik, perilaku, hingga cara membedakannya secara mudah. Jadi, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang dunia kenari, simaklah artikel ini sampai selesai ya!

Ini dia Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap– Burung kenari merupakan burung yang pandai berkicau dan terkenal dengan kicauannya yang khas, karena kicauannya yang merdu dan memukau itulah membuat bayak orang kepincut untuk memiliki dan merawatnya sebagai burung peliharaan di rumah. Ramainya burung kenari beberapa tahun silam di indonesia memang membuat banyak penangkar burung lain pindah haluan, yang awal sekedar sampingan berternak kenari sampai fase dimana mereka serius, karena burung kenari sangat menguntungkan. Namun dengan ramainya penghobi burung kenari ini ternyata masih juga ada yang belum mengerti bagaimana cara membedakan antara kenari jantan dan betina.

Untuk mengatasi hal ini bung-gacor akan memberikan trik jitu dengan tingkat keakuratan Insyaallah 100% tentang bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina. Memang dalam membedakannya sedikit lebih rumit dan memerlukan kejelian lebih, apalagi jika untuk pemula. Oleh sebab itu agar tidak salah memilih burung Kenari, sebaiknya ketahui perbedaan Kenari jantan dan betina. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membedakan apakah burung Kenari yang Anda pilih adalah jantan atau betina.

Cara membedakan kenari jantan dan betina sebetulnya lebih mudah bila burung kenari sudah dewasa, dan agak sulit bila kenari masih belum dewasa atau masih anakan. karena kenari yang masih anakan semua organ tubuhnya belum tumbuh sempurna. Pada usia 3 sampai 4 hari, burung Kenari memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Pembuluh vena ini terletak di sebelah perut dan menuju dubur, hal ini dapat dilihat dari burung Kenari jantan. Burung Kenari betina usia 3 sampai 4 hari tidak akan menunjukkan pembuluh vena. Untuk mengetahui Perbedaan Kenari Jantan dan Betina, Anda dapat menyimak ciri-ciri berikut ini.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap

1. Usia 3-4 hari

Pada saat usia 3 sampai 4 hari, burung Kenari memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Pembuluh vena ini terletak di sebelah perut dan menuju dubur, hal ini dapat dilihat dari burung Kenari jantan. Burung Kenari betina usia 3 sampai 4 hari tidak akan menunjukkan pembuluh vena.

2. Usia 7 hari

Ketika memasuki usia 7 hari, burung Kenari juga memberikan pertanda apakah ia jantan atau betina. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari posisi mata, jika sejajar dengan paruh maka itu adalah burung Kenari jantan. Burung Kenari betina akan memiliki mata yang tampak lebih tinggi dari paruh.

3. Usia 2-3 minggu

Memasuki usia 2 sampai 3 minggu, burung Kenari akan mulai aktif melompat-lompat. Jika diperhatikan, burung Kenari jantan akan memiliki lompatan yang lebih jauh dibandingkan burung Kenari betina.

4. Bentuk kepala

Burung Kenari jantan memiliki kepala yang berbentuk ramping, sementara burung Kenari betina memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

5. Kaki

Perbedaan Kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kakinya. Burung Kenari jantan memiliki kaki yang panjang dengan jari-jari yang renggang. Sedangkan burung Kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dan juga jari yang lebih rapat dibandingkan burung Kenari jantan.

6. Postur tubuh

Burung Kenari memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan juga lebih besar. Sedangkan burung Kenari betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan juga cenderung bulat.

7. Bentuk dubur

Ciri lain dari burung Kenari jantan yaitu memiliki dubur yang lebih menonjol atau memiliki benjolan. Sementara untuk burung Kenari betina biasanya tidak memiliki benjolan atau lebih datar jika dibandingkan burung Kenari jantan.

8. Tulang belakang

Jika Anda perhatikan pada tulang belakang burung Kenari, Anda dapat melihat warnanya. Jika warnanya tampak gelap dan pekat maka itu adalah burung Kenari jantan. Sedangkan jika warnanya lebih terang atau tidak pekat maka itu merupakan burung Kenari betina.

Membedakan Kenari Jantan dan Betina Saat Sudah Dewasa

Selain ciri diatas kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina saat sudah dewasa dengan beberapa tambahan berikut.

1. Kenari jantan identik dengan kicauannya yang keras,ngerol dan bervariasi sedang kenari betina tidak bunyi ngerol (bunyi berulang-ulang).

2. Kenari betina ada juga yang ngerol tapi putus-putus cenderung monoton suaranya dan tidak senyaring kicauannya kenari jantan.

3. Kenari jantan dewasa memiliki kloaka atau ven yang menonjol dan tegak  lurus sedangkan betina tidak memiliki kloaka atau ven yang menonjol tapi datar.

4. Kenari jantan posturnya lebah ramping dan panjang sedang kenari betina posturnya relatif pendek dan bulat.

5. Pada mata burung kenari jantan terlihat sejajar dengan paruh sedangkan mata kenari betina diatasnya paruh jika diamati dari samping.

6. Kenari jantan bentuk kepalanya lebih pipih sedang kenari betina agak bulat.

Demikian ciri-ciri sekaligus perbedaan antara burung Kenari jantan dan juga burung Kenari betina. Bagi Anda yang berniat membeli burung Kenari, pilihlah sesuai dengan jenis kelaminnya. Demikian informasi mengenai perbedaan Kenari jantan dan betina yang dapat bung-gacor berikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini, simak terus bung-gacor.blogspot.com untuk mengetahui Informasi Seputar Burung Ocehan. Salam mania kenari..

Source:

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina.ciri membedakan kenari jantan dan betina, kenari jantan dan betina dewasa,kenari jantan betina umur 2 bulan,membedakan kenari jantan betina umur 4 bulan membedakan kenari jantan dan betina umur 3 bulan,Kenari,burung kenari membedakan kenari jantan betina muda, perbedaan kenari jantan dan betina dari ekor, perbedaan kenari jantan dan betina bakalan,burung kenari, suara kenari betina, pen kenari jantan, suara kenari jantan, cara membedakan kenari jantan dan betina, ciri kenari jantan, Ciri-ciri kenari betina,ciri-ciri kenari jantan,perbedaan kenari jantan dan betina.


Dalam budidaya burung kenari, penting untuk memahami perbedaan antara kenari jantan dan betina. Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan karakteristik antara kenari jantan dan betina, seperti warna tubuh, ukuran tubuh, dan suara yang dihasilkan. Hal ini akan sangat membantu mengidentifikasi jenis kelamin kenari yang kita pelihara, serta mendukung keberhasilan dalam program pembiakan. Oleh karena itu, sebagai pencinta burung, kita perlu memperoleh pengetahuan yang cukup tentang perbedaan kenari jantan dan betina. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penggemar kenari dalam budidaya burung kesayangan mereka.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com

Posting Komentar untuk "Ini dia Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap"