Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Bonsai Pohon Kelor untuk Hiasan Interior Rumah

Ekormurai.com - Bonsai merupakan seni memangkas pohon untuk membentuk miniatur dari tumbuhan yang telah berumur. Bonsai sendiri memiliki beragam jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai, salah satunya adalah pohon kelor. Pohon kelor sendiri dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Bonsai pohon kelor juga memiliki keunikan dengan akar yang kuat dan batang yang tebal sehingga dapat memperkuat tampilan bonsai tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bonsai pohon kelor mulai dari teknik merawat hingga manfaatnya bagi kesehatan.

Bonsai Pohon Kelor

Pendahuluan

Bonsai adalah seni menumbuhkan tanaman dalam pot kecil dengan bantuan teknik pemangkasan dan pembentukan. Salah satu jenis tanaman yang layak dijadikan bonsai adalah pohon kelor.

Pengertian

Pohon kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman obat yang berasal dari India dan telah dikonsumsi banyak orang di seluruh dunia. Pohon kelor tumbuh dengan sangat cepat sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar bonsai.

Cara Menumbuhkan Bonsai Pohon Kelor

Untuk menumbuhkan bonsai pohon kelor, terlebih dahulu kita harus memilih bibit yang sudah memiliki beberapa cabang. Kemudian, bibit tersebut ditanam dalam pot kecil yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik.

Teknik Pemangkasan dan Pembentukan

Teknik pemangkasan dan pembentukan menjadi kunci dalam menumbuhkan bonsai pohon kelor. Pemangkasan dilakukan secara teratur untuk menjaga ukuran dan bentuk pohon, sedangkan pembentukan dilakukan dengan membentuk beberapa cabang menjadi bentuk yang diinginkan.

Manfaat Bonsai Pohon Kelor

Selain enak dipandang mata, bonsai pohon kelor juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Daun pohon kelor mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.Bonsai Pohon Kelor

Bonsai Pohon Kelor: Sejarah dan Keunikan Jenis Tanaman

Asal Usul Pohon Kelor

Pohon kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman yang berasal dari India Utara. Tanaman ini telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai tanaman obat tradisional dan bahan pangan yang bernutrisi tinggi. Pohon kelor adalah salah satu jenis tumbuhan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.Di Indonesia sendiri, pohon kelor sudah populer beberapa tahun terakhir sebagai bahan pangan dan minuman kesehatan. Tidak hanya sebagai tanaman pangan, pohon kelor juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias, salah satunya adalah sebagai bonsai.

Ciri-ciri Pohon Kelor Sebagai Bonsai

Bonsai pohon kelor memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Pertama, pohon kelor memiliki batang yang kuat dan bertekstur halus. Kedua, daun kelor hijau tua dan berbentuk bulat lonjong. Ketiga, bunga kelor putih kekuningan yang mudah berdahan dari tanaman.Bonsai pohon kelor memiliki bentuk yang bervariasi. Ada bonsai kelor yang dibentuk seperti kubah, piramida, dalam bentuk heliks atau pohon miniatur dalam bentuk tradisional Jepang.

Penyebaran Pohon Kelor

Pohon kelor memiliki penyebaran yang luas di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran, perbukitan, atau daerah pegunungan hingga ketinggian 1.000 m dpl. Pohon kelor dapat tumbuh baik di tanah subur maupun tanah kering.Di Indonesia, pohon kelor saat ini banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Wilayah Jawa dan Bali adalah daerah yang banyak membudidayakan pohon kelor. Selain itu, di daerah Sumatera dan Kalimantan, pohon kelor dijadikan sebagai tanaman peneduh dan hias.

Harga Bonsai Pohon Kelor

Harga bonsai pohon kelor bervariasi tergantung pada bentuk, ukuran, dan kualitas pohon. Bonsai kelor dengan bentuk tradisional Jepang yang lebih rumit dan besar biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan bonsai kelor yang berbentuk sederhana dan kecil.Namun, harganya di pasaran, bonsai kelor memiliki harga yang cukup terjangkau, dimulai dari sekitar Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Kegunaan Pohon Kelor

Pohon kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Daun kelor dan biji kelor mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh, termasuk protein, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Selain itu, ekstrak daun kelor juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah beberapa penyakit seperti kanker dan diabetes.Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, pohon kelor juga bermanfaat bagi lingkungan. Pohon kelor dapat memperbaiki tanah yang rusak dan menjaga kelembaban tanah. Selain itu, pohon kelor dapat memberikan bayangan dan udara segar untuk lingkungan sekitar.

Pertimbangan Menanam Bonsai Pohon Kelor

Sebelum memilih menanam bonsai pohon kelor, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki lokasi yang cukup terang dan cukup untuk menanam bonsai kelor. Kedua, pastikan Anda memiliki waktu untuk merawat bonsai kelor secara teratur dengan memberikan air dan pupuk yang tepat.Bonsai kelor dapat dibeli di toko-toko tanaman hias atau di nursery tertentu. Selain itu, Anda juga dapat membeli bibit pohon kelor dan menanamnya sendiri.

Kesimpulan

Bonsai pohon kelor adalah salah satu jenis bonsai unik yang dapat dipilih sebagai tanaman hias. Tanaman yang berasal dari India Utara ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Jika Anda tertarik untuk menanam bonsai pohon kelor, pastikan Anda mempertimbangkan lokasi dan waktu yang sesuai untuk perawatan tanaman yang baik.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Pohon Kelor

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menambah pengetahuan tentang cara merawat bonsai pohon kelor. Selamat mencoba membuat bonsai sendiri dan jangan lupa tetap merawatnya dengan baik agar tetap sehat dan indah. Kami harap Anda dapat mengunjungi situs kami lagi untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Terima kasih telah berkunjung!

Posting Komentar untuk "Keindahan Bonsai Pohon Kelor untuk Hiasan Interior Rumah"