Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat

Ekormurai – Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat Lovebird merupakan burung yang memiliki keunikan dalam penampilannya. Salah satu hal yang membuat mereka unik adalah ciri yang membedakan mereka antara jantan dan betina. Tak bisa dipungkiri bahwa perbedaan antara lovebird jantan dengan betina seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi para pemula. Walaupun mungkin terlihat sama dari segi penampilan, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang sangat jelas dan akurat antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail mengenai ciri-ciri lovebird jantan dan betina yang paling akurat.

Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat

Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat – Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina- Burung lovebird atau burung cinta ini memang sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan penghobi burung kicaun. Tak hanya mampu menarik peminat dari kalangan kicau mania saja, burung yang berciri khas dengan paruh bengkok ini juga mampu memikat minat masyarakat yang posisinya tidak terlalu gemar pada burung gacoran. Burung ini mempunyai warna yang bermacam-macam, karena persilangan yang panjang dan pemilihan indukan yang selektif saatdi kembangbiakkan. Nah bagi pecinta LB ini tentu membedakan jantan dan berina lovebird sangatlah penting. Bisa untuk tujuan dilatih suara kicauannya bisa juga dikembang biakkan.

Lovebird yang sering ditangkar atau di ternakan di berbagai negara, termasuk Indonesia, umumnya berasal dari jenis muka salem (Agapornis roseicollis), kacamata fischeri (Agapornis fischeri), dan kacamata topeng (Agapornis personatus). Dan ketiga jenis lovebird ini sulit dibedakan jenis kelaminnya. Jadi untuk jenis tertentu terkadang lebih mudah dan jenis lainnya terkadang juga lebih sulit. Dan diantara yang kedua itu yang paling susah adalah pada saat umur lovebird masih menginjak anakan.

Banyak yang memiliki cara tersendiri untuk membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata, karena banyak perbedaan dan pendapat tentang ciri khusus untuk membedakan burung cinta tersebut. Diantaranya ada beberapa orang yang mencoba membuat panduan sexing berdasarkan katuranggan, seperti bentuk kepala, ukuran tubuh, dan bentuk paruh. Ada juga sexing lovebird berdasarkan perbedaan perilaku antara burung jantan dan betina, seperti yang akan dijelaskan bung gacor dalam artikel kali ini. Berikut Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat:
Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat 

Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat 

Ciri fisik antara lovebird jantan dan betina  


1. Bentuk Sayap

Selain pada bentuk ekornya cara termudah membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk sayapnya. Bentuk sayap sering dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Jika burung lovebird jantan, ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang dan merapat. Sedangkan pada burung lovebird betina dalam posisi lebih terbuka dan melebar kesamping.

2. Bentuk Kepala

Bentuk kepala lovebird juga bisa menjadi patokan jenis kelamin lovebird. Kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bulat tetapi rata di bagian atas seperti potongan rambut tukul gitu rata. Sedangkan pada betina kepala terlihat lebih besar dan menonjol secara umum, seperti jambul syahrini kurang lebih.

3. Bentuk Ekor

Paling mudah membedakan LB jantan atau betina adalah dengan melihat bentuk ekornya. Jika jantan ujung ekornya membentuk huruf v atau lancip. Jika betina bentuk ekornya datar seperti burung merpati.

4. Bentuk Kaki

Bentuk kaki in bisa dilihat pada posisi lovebird sedang bertengger. Posisi betina lebih melebar kesamping kakinya atau ngangkang, sedangkan jantan lebih rapat dan tidak melebar.

5. Bentuk Paruh

Bentuk paruh lovebird bisa dilihat dari dekat agar jelas. Bentuk dari paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah dan terlihat kering. Sedangkan bentuk paruh lovebird betina akan lebih melebar dari panggkalnya.

Perbedaan Prilaku

1. Membawa bahan sarang

LB Betina lebih rajin membawa bahan sarang ketika membangun sarangnya dibandingkan dengan LB jantan. Ini juga bisa kita masukkan kedalam faktor pembanding kita.

2. ketika Birahi

Pada saat lovebird sudah berjodoh biasanya kepala jantan mengangguk atau bergetar seakan ingin memberi makan pada anaknya. Lovebird jantan akan melolohkanya ke betina, ini adalah perilaku yang cukup jelas untuk menjadi patokan kita dalam menetukan LB jantan dan LB betina.

3. Mengigit objek dari dalam kandang

LB betina lebih bersifat agresif didalam kandangnya. Ini mungkin normal karena sifat keibuannya yang lebih agresif melindungi sarang. Nah jika kita memasukkan objek kedalam kandang biasanya LB betina mematuk-matuk atau mengigitnya.

Perbedaan itu kurang jelas jika dilihat pada lovebird anakan karena fisik dan prilakunya belum tumbuh menjadi matang. Nah diatas adalah beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina, perbedaan diatas bersifat relatif melainkan perlu perbandingan lebih. Karena terkadang juga ada yang tidak sesuai dengan ciri-ciri diatas. Namun secara gamblang ciri-ciri diatas bisa digunakan. Selamat mencoba.

Sebaiknya Anda simak juga info di bawah ini:

Cara Paling Akurat Membedakan Kelamin Pleci
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Paling Lengkap

Sekian Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat yang dapat bung-gacor sampaikan dan mudah-mudahan ada manfaatnya bagi pecinta burung semua. Semoga sukses.

Artikl terkait:
Perbedaa lovebird jantan dan betina, cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa, cara membedakan lovebird jantan dan betina, perbedaan lovebird jantan dan betina, gambar lovebird, burung lb, ciri lovebird jantan betina anakan, gambar burung lovebird, perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi, ciri lovebird jantan, membedakan lovebird jantan dan betina ciri lovebird jantan betina anakan, lovebird jantan atau betina untuk lomba, cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan, kenari jantan dan betina.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Secara umum, membedakan lovebird jantan dan betina tidaklah sulit. Ciri-ciri fisik yang dapat diamati antara lovebird jantan dan betina memiliki perbedaan yang signifikan. Selain itu, perilaku lovebird jantan dan betina juga berbeda, terutama dalam hal cara mereka bersikap terhadap pasangannya. Namun, perlu diingat bahwa meskipun terdapat perbedaan antara lovebird jantan dan betina, namun keduanya sama-sama membutuhkan perawatan dan perhatian yang sama agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, sebagai pemilik lovebird, penting bagi kita untuk memahami perbedaan ciri antara lovebird jantan dan betina serta memberikan perawatan dan perhatian yang baik dan tepat pada keseluruhan individu lovebird yang dimiliki.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat"