Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas

Ekormurai – Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas Cendet atau burung pentet adalah salah satu jenis burung kicauan yang populer di Indonesia. Namun, seperti halnya burung lainnya, cendet juga mengalami proses mabung atau pergantian bulu. Hal ini membutuhkan perawatan yang tepat agar cendet dapat pulih dengan cepat dan kembali tampil prima. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tips cara perawatan cendet pasca mabung agar cepat tuntas.

Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas

Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas-Cendet Mabung, banyak yang bertanya kalau cendet mabung berapa lama atau berapa hari juga bagaimana cara merawat cendet mabung pertama agar ketika mabung tidak macet bunyi dan tetap gacor lalu seperti apa ciri-ciri cendet mabung. Berikut akan kami berikan Tips Cara Merawat Cendet Mabung Agar Cepat Tuntas karena Cara merawat pentet mabung sangatlah berbeda dengan merawat burung pentet pada umumnya. Ketika burung pentet memasuki masa mabung, maka harus dirawat dengan ekstra karena ketika mabung burung pentet akan sangat manja dan sensitif.

Perlu anda ketahui Burung cendet adalah salah satu burung yang memiliki selera fighter yang bagus , untuk itu para Cendet mania lebih menyukai gaya khas tempur burung ganas ini, burung yang dialam liar menjadi predator bagi jenis burung lain ini kalau sudah naik ditempat gantangan biasanya akan memberikan penampilan maksimal kepada para penggemarnya. Namun  Perawatan pentet pada saat memasuki masa mabung meliputi banyak hal, terutama dalam segi pemberian makanan dan perawatan hariannya. Masa mabung ini merupakan masa di mana burung pentet mengganti bulunya.

Ciri cendet atau pentet mabung biasanya yang tadinya sering berbunyi atau gacor menjadi pendiam bahkan tidak mau berbunyi. Tanda lain dari burung pentet mengalami mabung adalah bulu yang ada pada tubuh menjadi lebih kusam, mudah nyeri dan sangat kering serta ada bulu-bulu kecil mulai rontok, maka itulah tanda burung pentet memasuki masa mabungnya. Maka segera rawat dengan cara yang benar dan tepat. Karena Kesalahan dalam merawat cendet mabung akan berakibat patal bagi kesehatan cendet itu sendiri. Untuk itulah anda sebaiknya memahami betul bagaimana cara merawat cendet saat mabung yang benar.

Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas

Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas :

1. Pertama yang biasa dilakukan oleh para cendet mania adalah dengan mencampurkan voer ayam broiler BR1) pada pur yang biasa diberikan, perbandingannya setengah, setengah. Pur BR1 ini diberikan selama masa mabung tujuannya agar bulu-bulu pada burung cendet cepat ambrol setelah mengkonsumsi pur tersebut.

2. Berikan vitamin tambahan pada burung cendet dan vitamin ini dapat mudah anda dapatkan di kios burung dekat rumah anda. Vitamin ini bisa dicampur pada minuman untuk merk bebas Silahkan pilih merek yang disukai dan dipercaya oleh sobat semua.

3. Saat cendet sedang dalam proses ambrol atau menjatuhkan bulu-bulunya jangan terlebih dahulu memandikan atau menjemur cendet, karena bisa mengakibatkan bulu ambrol kurang sempurna. Mandikan dan jemur cendet setelah bulu ambrol semua dan mulai tumbuh bulu-bulu baru.

4. Setelah itu saat cendet mabung kita harus meningkatkan porsi protein. Protein disini didapat dengan meningkatkan pemberian Extra Food. Pemberian extra food seperti jangkrik dan kroto ditingkatkan menjadi dua kali lipat misalkan biasanya pagi diberikan 4 ekor jangkrik selama masa mabung diberikan 8 ekor jangkrik.

Protein berfungsi untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu baru. Selain itu meningkatkan kondisi fisik dari cendet yang sedang mabung, karena membutuhkan energi yang besar.

5. Sebisa mungkin tidak mendekatkan burung cendet yang sedang mabung dengan burung lainnya. Berikan ketenangan pada burung cendet agar proses mabung yg bisa berjalan dengan sempurna.

6. Saat-saat mabung adalah saat yang sempurna untuk memaster cendet. Silahkan perdengarkan suara-suara masteran pada burung cendet, karena saat mabung biasanya burung cendet lebih banyak diam, jadi fokus untuk mendengar suara masteran. Hasilnya akan lebih baik jika burung cendet diperdengarkan suara masteran yang karakternya cocok dengan burung cendet.

Baca juga:

Artikl terkait:

Cendet Mabung berapa lama, cendet mabung, Perawatan cendet mabung, perawatan cendet mabung pertama, Cara merawat cendet mabung, ciri cendet mabung, cara merawat cendet mabung yg baik, cendet mabung tidak tuntas, cendet mabung pertama, berapa lama masa mabung jalak suren.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Demikianlah tips cara perawatan cendet pasca mabung agar cepat tuntas yang dapat kami sampaikan. Perawatan yang tepat dan konsisten akan memastikan kesehatan dan kebahagiaan burung cendet Anda. Selain memberikan makanan yang seimbang dan bergizi, pastikan lingkungan kandang tetap bersih dan nyaman bagi burung cendet Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan waktu istirahat yang cukup dan memperhatikan kebutuhan mental dan emosional burung cendet Anda. Dengan perawatan yang baik, burung cendet Anda akan tumbuh sehat dan aktif serta bisa bernyanyi dengan merdu.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Perawatan Cendet Pasca Mabung Agar Cepat Tuntas"