Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Mirten: Panduan Merawat Bonsai yang Cantik dan Menarik

Ekormurai.com - Bonsai Mirtus atau yang juga dikenal dengan nama Mirtus Commnunis adalah salah satu jenis tanaman bonsai yang cukup populer di banyak negara. Tanaman ini memiliki batang yang kecil namun kuat, daunnya yang kecil dan hijau membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Bonsai Mirtus sendiri memiliki karakteristik dan cara pemeliharaan yang sedikit berbeda dengan jenis bonsai lainnya, sehingga membutuhkan perhatian ekstra dari pemiliknya. Meskipun demikian, keindahan dan kesan elegan yang diberikan oleh Bonsai Mirtus patut diapresiasi dan layak untuk dipelajari.

Bonsai Mirten

Definisi

Bonsai Mirten adalah jenis bonsai yang memiliki bunga kecil dan berair manis. Jenis bonsai ini berasal dari keluarga myrtle dan tumbuh dengan subur di daerah Mediterania. Bonsai ini biasanya ditanam dalam pot dan dirawat dengan hati-hati untuk menjaga keaslian bentuk tanaman.

Cara Merawat

Merawat Bonsai Mirten memerlukan perawatan yang hati-hati. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah memberi pupuk, penyiraman, dan pemangkasan. Untuk menghindari tanaman terkena penyakit, disarankan untuk memotong daun-daun yang sudah mati atau rumput liar yang tumbuh di sekitar bonsai.

Keunikan

Satu hal yang membuat Bonsai Mirten unik adalah bentuk daunnya yang kecil dan menawan. Daunnya berwarna hijau kebiruan dan memiliki aroma yang harum. Selain itu, bunga-bunganya berwarna putih dan berair manis, memberikan nuansa yang cantik dan menenangkan.

Sejarah

Produksi Bonsai Mirten berasal dari Jepang pada abad ke-19. Tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan dan ketenangan, oleh karena itu banyak orang Jepang yang menanamnya dan merawatnya sebagai hobi. Kemudian, bonsai ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi semakin populer di kalangan pecinta tanaman.

Galeri

Bonsai MirtenDi bawah ini adalah beberapa contoh gambar Bonsai Mirten yang indah dan menarik untuk dilihat. Selain itu, jenis bonsai ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik taman atau ruang dalam rumah Anda.

Bonsai Mirten

Asal Usul dan Penyebaran

Bonsai Mirten atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Myrtle Bonsai mempunyai asal usul yang berasal dari wilayah Mediterania. Tanaman ini tumbuh dalam keadaan liar di daerah Pegunungan Atlas dan Maroko. Di negara Italia, tanaman ini sudah menjadi tanaman populer dan dikembangkan sebagai pohon hias selama ribuan tahun. Meskipun bonsai mirten berasal dari wilayah Mediterania, tanaman ini kini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Tanaman ini didatangkan dari negara-negara di Eropa dengan kondisi hidup yang masih dapat bertahan serta berkembang dalam kondisi lingkungan Indonesia yang tropis.

Nama Latin dan Ciri-Ciri

Nama latin dari bonsai mirten adalah Myrtus communis. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 meter, namun dalam pembuatan bonsai, tinggi maksimal yang dijual di pasaran hanya berkisar antara 20-50 cm.Ciri-ciri bonsai mirten adalah cabangnya yang halus dan berwarna hijau muda, daunnya yang kecil dan berwarna hijau gelap, serta bunga kecil berwarna putih yang memiliki harum yang khas. Pohon ini juga kerap dijadikan sebagai tanaman bonsai karena bentuk batang yang indah dan cabang-cabang yang mudah dibentuk.

Pembentukan dan Perawatan

Untuk memperoleh bentuk dan ukuran yang ideal, bonsai mirten dapat dipangkas secara teratur setiap beberapa bulan. Pemangkasan cabang atau daun pada bonsai mirten dilakukan secara hati-hati dan teliti agar tanaman tetap tumbuh dengan baik.Untuk perawatan bonsai mirten, tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur dengan tingkat drainase yang baik. Sinar matahari yang dibutuhkan bonsai mirten adalah sinar matahari pagi atau sore hari. Sedangkan, air yang diperlukan harus disesuaikan dengan kebutuhan di dalam dalam ruangan. Bahkan, membuat air jangan terlalu banyak agar tanah tetap dapat bernapas. Apabila ada tanaman bonsai mirten yang kekurangan air maka aroma dan bentuk pohon dapat berubah.

Harga

Harga jual bonsai mirten di pasaran cukup bervariasi. Pohon bonsai dengan ukuran yang kecil, atau biasa disebut pre-bonsai, dibandrol dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. Sedangkan, untuk bonsai mirten yang sudah berbentuk dan memiliki tinggi yang ideal, harganya bisa mencapai angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari ukuran, bentuk dan tingkat kematangan tanaman.

Kesimpulan

Bonsai mirten dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pecinta tanaman bonsai. Pohon ini memiliki ciri-ciri yang unik dan bentuk yang indah. Meskipun asal usulnya berasal dari wilayah Mediterania, tanaman ini dapat berkembang dengan baik di lingkungan tropis seperti di Indonesia. Untuk memelihara bonsai mirten, dibutuhkan perawatan dan pengawasan yang berkala agar tanaman terlihat sehat dan indah. Dengan harga yang bervariasi, bonsai mirten dapat menjadi koleksi dan investasi yang menarik bagi para penggemar tanaman bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Mirten

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang Bonsai Mirten dan bagaimana cara merawatnya. Jangan lupa untuk selalu merawat tanamanmu dengan baik agar selalu terlihat indah. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan ragu untuk berkunjung kembali untuk membaca tentang tumbuhan dan hobi budidaya lainnya di masa mendatang. Sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Bonsai Mirten: Panduan Merawat Bonsai yang Cantik dan Menarik"