Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Raft Serut: Cara Sederhana Membuat Tanaman Mini Unik

Ekormurai.com - Bonsai Raft Serut merupakan salah satu jenis bonsai yang sedang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Bonsai ini mempunyai keunikan tersendiri karena berasal dari teknik pemangkasan pada pohon yang membentuk cabang-cabang yang menyerupai perahu terbalik. Teknik tersebut dikenal dengan istilah "rafting". Bonsai raft serut bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai menanam bonsai dengan praktis dan mudah dirawat. Simak penjelasan mengenai bonsai raft serut lebih lanjut di artikel ini.

Bonsai Raft Serut

Pengertian

Bonsai adalah seni menanam pohon miniatur dalam pot kecil dengan dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk pohon yang besar. Raft serut biasa disebut juga sebagai bonsai berarak.

Sejarah

Asal-usul bonsai berasal dari Jepang, namun praktik menumbuhkan pohon kecil dalam pot telah dilakukan di banyak budaya seperti Cina, Mesir, Persia, dan Yunani. Raft serut mulai menjadi populer di Jepang pada abad ke-19.

Teknik Pembuatan

Untuk membuat bonsai raft serut, diperlukan satu atau lebih batang cabang kecil dan diletakkan secara horizontal di atas tanah atau media tanam. Kemudian, batang diberi umpan, akar pohon kecil yang baru tumbuh di samping batang dan teknik pemaparan akar dapat digunakan untuk menciptakan kesan tumpang tindih dari beberapa pohon.

Perawatan dan Pemangkasan

Pohon raft serut membutuhkan perawatan yang baik dan pemangkasan teratur pada bagian tumbuh dengan kuat. Pemberian pupuk dan penyiraman sesuai dengan kebutuhan pohon juga penting untuk mempertahankan keindahan bonsai.

Keunikan dari Bonsai Raft Serut

Raft serut unik dalam hal menekankan aspek kolaboratif dari media tanam dan pohon miniatur. Setiap pohon yang membentuk bonsai raft serut memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam media tanam yang sama, dan dapat menjadi bagian dari sebuah bonsai yang indah dan mandiri.Bonsai Raft Serut

Bonsai Raft Serut: Mengenal Jenis Bonsai yang Unik dan Berkarakter

Pengenalan Bonsai Raft Serut

Bonsai Raft Serut merupakan salah satu jenis bonsai yang terkenal dengan teknik serut yang unik dan menarik. Teknik ini menghasilkan beberapa bunga atau daun yang tumbuh pada satu cabang. Seperti halnya bonsai jenis lainnya, bonsai raft serut memerlukan perawatan khusus agar tetap subur dan sehat.

Asal Usul dan Nama Latin

Bonsai raft serut berasal dari Jepang dan disebut Mokkan Bonsai, Mokkan yang artinya selembar kayu di dalam bahasa Jepang. Nama latin dari bonsai raft serut ini adalah Carpinus Japonica.

Penyebaran

Bonsai Raft Serut banyak ditemukan di Jepang, tapi saat ini sudah tersebar luas hingga di Indonesia. Karena bentuknya yang unik dan menarik, membuat bonsai raft serut digemari oleh para pecinta bonsai di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Bonsai Raft Serut

Bonsai raft serut memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dari jenis bonsai lain, yaitu:1. Teknik serut yang unik dan menarik.2. Batang yang menyatu membentuk garis besar pokok bonsai.3. Daun dan cabang yang tumbuh berkumpul di bagian atas batang.4. Mudah dalam perawatannya, cocok untuk pemula.5. Harga relatif terjangkau.

Perawatan Bonsai Raft Serut

Untuk merawat bonsai raft serut, kita dapat melakukan beberapa cara, antara lain:1. Tempatkan bonsai raft serut di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.2. Sirami air secukupnya setiap hari.3. Beri pupuk berkala agar bonsai raft serut tetap subur dan tumbuh dengan baik.4. Potong atau bentuk cabang dan daun secara rutin untuk menjaga bentuk dan ukuran bonsai raft serut.

Harga Bonsai Raft Serut

Harga bonsai raft serut bervariasi tergantung dari ukuran dan keunikan bentuknya. Secara umum, harga bonsai raft serut cukup terjangkau dengan kisaran harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 3.000.000.

Kesimpulan

Dengan ciri-ciri unik dan menarik, bonsai Raft Serut menjadi salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia. Menjaga keindahan dan kesehatan bonsai raft serut memerlukan perawatan khusus. Bahkan bagi pemula, perawatan bonsai raft serut tergolong mudah dan simpel. Harga relatif terjangkau juga menjadikan bonsai raft serut sebagai pilihan yang tepat untuk penggemar bonsai maupun orang yang baru memulai hobi menanam bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Raft Serut

Sekian artikel kami tentang Bonsai Raft Serut yang menjadi salah satu tren dalam dunia bonsai. Semoga informasi yang telah kami bagikan dapat menambah wawasan dan memperkaya pengetahuan Anda tentang dunia bonsai. Jangan lupa untuk mengunjungi kami kembali untuk informasi menarik lainnya seputar bonsai dan hobi lainnya. Terima kasih sudah membaca artikel kami, selamat mencoba membuat Bonsai Raft Serut sendiri!

Posting Komentar untuk "Bonsai Raft Serut: Cara Sederhana Membuat Tanaman Mini Unik"