Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Ekormurai.com - Bonsai merupakan seni memangkas dan membentuk pohon atau tanaman yang berasal dari Jepang. Bonsai serut, atau yang juga dikenal dengan nama bonsai sikat, merupakan jenis bonsai yang paling diminati oleh kolektor bonsai. Salah satu alasan utamanya adalah ukuran bonsai serut yang kecil dan unik, serta mudah untuk dipelihara di dalam ruangan. Namun, ada sejenis bonsai serut yang begitu langka dan mahal, yaitu Bonsai Serut Termahal Di Dunia. Bagaimana kisah di balik bonsai ini? Mari kita simak bersama.

Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Bonsai adalah tanaman yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa sehingga ukurannya sangat kecil. Bonsai serut, juga dikenal sebagai bonsai ultra mini, adalah jenis bonsai yang sangat kecil. Bahkan, beberapa bonsai serut hanya memiliki ketinggian beberapa milimeter saja. Namun, meskipun ukurannya kecil, bonsai serut bisa sangat mahal harganya.

1. Apa Itu Bonsai Serut?

Sebelum membahas mengenai bonsai serut yang termahal di dunia, ada baiknya jika kita pahami dulu apa itu bonsai serut. Bonsai serut adalah jenis bonsai yang sangat kecil dan biasanya hanya memiliki ketinggian beberapa milimeter saja. Bonsai serut banyak dibuat untuk tujuan dekorasi atau koleksi. Namun, membuat bonsai serut memerlukan kesabaran dan ketelitian yang sangat tinggi karena ukurannya yang sangat kecil.

2. Bonsai Serut Termahal di Dunia

Salah satu bonsai serut termahal di dunia adalah Seiju Elm. Bonsai serut ini dibuat oleh John Naka, seorang seniman bonsai yang terkenal di dunia pada tahun 1985. Pada saat itu, Seiju Elm dijual seharga USD 130.000 atau setara dengan 1,4 miliar rupiah. Dengan harga yang sangat mahal, Seiju Elm menjadi bonsai serut termahal di dunia pada saat itu.

3. Karakteristik Seiju Elm

Seiju Elm memiliki karakteristik yang unik karena ukurannya yang sangat kecil dan bentuknya yang mirip dengan pohon besar. Satu-satunya perbedaan adalah ukurannya yang sangat kecil. Bonsai serut ini memiliki ketinggian hanya sekitar 5 cm dan diameter sekitar 20 cm. Meskipun ukurannya sangat kecil, Seiju Elm memiliki batang yang keras dan kuat seperti pohon asli.

4. Kenapa Bonsai Serut Bisa Sangat Mahal?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bonsai serut bisa sangat mahal harganya? Hal ini karena pembuatan bonsai serut memerlukan teknik yang sangat rumit dan precision yang sangat tinggi. Tanaman bonsai juga harus diberikan perawatan yang sangat baik, seperti pupuk khusus, penyiraman yang teratur, dan pemangkasan yang tepat. Selain itu, proses pembuatan bonsai serut memerlukan waktu yang sangat lama. Untuk menciptakan bonsai serut yang sempurna, orang harus menunggu bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun.

5. Koleksi Bonsai Serut

Beberapa orang di seluruh dunia memiliki koleksi bonsai serut yang sangat banyak dan mahal. Koleksi bonsai serut yang populer di antaranya adalah koleksi Kimura. Kimura adalah seorang seniman bonsai yang terkenal di Jepang dan memiliki koleksi bonsai serut yang sangat luas dan mahal. Ia memiliki lebih dari 300 bonsai serut dengan harga berkisar antara USD 20.000 hingga USD 100.000. Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Pada artikel ini akan dibahas mengenai salah satu jenis bonsai serut termahal di dunia. Bonsai serut sendiri merupakan jenis bonsai yang memiliki akar-akar yang terlihat di permukaan dan membentuk sebuah pola yang indah. Bonsai serut telah menarik perhatian para kolektor dan penggemar bonsai karena penampilannya yang unik dan tentunya harganya yang sangat mahal.

Asal Usul Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Bonsai serut termahal di dunia berasal dari negara Jepang. Bonsai ini dikenal dengan nama Goshin atau " Tujuh Dewa Kehidupan ". Bonsai ini dibuat oleh seorang seniman bonsai legendaris yaitu John Yoshio Naka. Naka memulai pembuatan bonsai ini pada tahun 1948 dan memanfaatkan beberapa batang pohon untuk membuat bonsai yang luar biasa indah ini. Bonsai Goshin menjadi populer dan diangkat ke tingkat nasional pada pameran bonsai di Amerika Serikat pada tahun 1984.

Nama Latin

Bonsai serut termahal di dunia memiliki nama latin Ficus Retusa. Ficus Retusa merupakan spesies tanaman Ficus yang berasal dari Asia Tenggara dan Australia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter dan memiliki ciri-ciri daun hijau gelap dengan bunga kecil dan buah yang berukuran kecil.

Penyebaran

Ficus Retusa tersebar luas di wilayah Asia Tenggara dan Australia. Tanaman ini tumbuh pada daerah dataran rendah atau pegunungan, serta habitatnya yang bervariasi dari hutan tropis hingga gurun. Ficus Retusa merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman hias indoor karena kemampuannya untuk menyerap polutan udara dan memberikan udara yang lebih segar.

Harga Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Bonsai serut termahal di dunia ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Harga bonsai Goshin mencapai 1,3 juta dollar Amerika atau setara dengan 19 miliar rupiah. Harga tersebut tidak hanya sehubungan dengan usia tanaman, tetapi juga karena keterampilan dan keahlian seniman bonsai dalam membentuk dan merawat tanaman tersebut. Bonsai ini membutuhkan perawatan khusus selama bertahun-tahun untuk mencapai bentuk dan pola akar yang unik sehingga tidak heran jika harganya sangat mahal.

Ciri-ciri Bonsai Serut Termahal Di Dunia

Bonsai serut termahal di dunia memiliki ciri-ciri akar yang terlihat di permukaan dan membentuk pola yang indah. Tanaman ini memiliki bentuk pohon yang seimbang dan memberikan kesan keseluruhan yang indah. Daun pada bonsai Goshin relatif lebar dengan warna yang hijau gelap. Apabila dirawat dengan baik, bonsai ini dapat bertahan hidup selama ratusan tahun.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai bonsai serut termahal di dunia. Bonsai Goshin merupakan bonsai yang sangat spesial karena tidak hanya didapat dari usia tanaman, tetapi juga keahlian dan keterampilan seniman bonsai dalam membentuk dan merawat tanaman tersebut. Meskipun harganya sangat mahal, bonsai Goshin tetap menjadi daya tarik bagi para kolektor dan penggemar bonsai di seluruh dunia.

Terima Kasih Telah Membaca

Artikel mengenai Bonsai Serut Termahal di Dunia ini memperlihatkan bahwa keindahan tidaklah murah. Namun, tentunya kita mendapatkan nilai lebih dari memilikinya karena bonsai serut termahal juga dapat melambangkan keberanian, kesabaran, dan keindahan dari alam semesta. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami untuk mendapatkan artikel menarik dan terbaru mengenai budaya, seni, dan keindahan alam. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Bonsai Serut Termahal Di Dunia"