Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bonsai Jeruk

Ekormurai.com – Bonsai jeruk dikenal sebagai salah satu jenis bonsai paling populer di kalangan pecinta tanaman hias. Selain bentuk yang indah, jeruk bonsai juga memberikan aroma dan buah yang dapat dibanggakan. Di Indonesia, bonsai jeruk menjadi salah satu primadona dalam pameran bonsai. Namun, tidak semua orang mengerti cara membuat bonsai jeruk yang baik dan benar. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat bonsai jeruk dengan mudah dan sederhana. Gelombang kepopuleran bonsai jeruk pun semakin tinggi, dan tentunya membuat banyak orang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Bonsai Jeruk

Pengertian Bonsai Jeruk

Bonsai jeruk merupakan jenis bonsai yang terbuat dari tanaman jeruk. Tanaman tersebut dipotong dan dipangkas sedemikian rupa sehingga bentuknya seperti pohon mini dengan cabang dan ranting yang indah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bonsai jeruk, Anda membutuhkan alat dan bahan berikut:
- Tanaman jeruk
- Pot tanah
- Gunting ranting
- Obat penyembuh luka
- Kawat bonsai
- Cat bonsai
- Penggaris

Langkah-Langkah Membuat Bonsai Jeruk

1. Pilih tanaman jeruk yang sudah berumur satu tahun. Potong batang yang tidak perlu dan cabang yang saling bertumpuk. Hal ini bertujuan untuk membentuk cabang yang bercabang.
2. Letakkan tanaman jeruk pada pot tanah. Namun, letakkan tanaman tersebut tidak terlalu dalam. Sebab, tanaman bonsai memerlukan akar yang cukup untuk tumbuh.
3. Pangkas cabang pada bagian bawah tanaman sehingga membentuk jajaran cabang yang rapi dan berkesinambungan.
4. Buatlah gulungan kawat sebanyak dua kali lipat dari ukuran cabang dan ranting. Selanjutnya, bungkus kawat tersebut pada cabang dan ranting. Hal ini bertujuan agar cabang dan ranting tersebut dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kita.
5. Setelah cabang dan ranting terbentuk, bersihkan sekitar cabang dan ranting. Hal ini bertujuan agar kayu dan kulit terlihat bersih dan rapi.
6. Cat ranting dan batang dengan cat bonsai. Tunggu beberapa saat hingga cat tersebut kering. Selanjutnya, gunting secara perlahan dan hati-hati bagian yang bercabang.
7. Terakhir, oleskan obat penyembuh pada bagian yang telah dipotong. Hal ini bertujuan agar cabang dan ranting dapat tumbuh kembali dengan cepat.

Perawatan Bonsai Jeruk

Perawatan bonsai jeruk merupakan faktor penting agar tanaman tersebut tetap sehat dan indah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat bonsai jeruk adalah:
- Menyiram tanaman secara teratur
- Menyemprotkan pestisida dan pupuk
- Menjaga suhu ruangan agar stabil
- Menyediakan sinar matahari yang cukup
- Menyediakan air yang cukup, namun tidak terlalu banyak

Gambar Bonsai Jeruk

Bonsai Jeruk

Cara Membuat Bonsai Jeruk

Asal Usul dan Nama Latin Jeruk

Jeruk atau Citrus merupakan salah satu tanaman buah yang sering dijadikan sebagai bonsai. Tanaman ini berasal dari Asia dan tersebar ke seluruh dunia melalui jalur perdagangan internasional. Jeruk memiliki nama latin Citrus aurantifolia yang berasal dari bahasa Latin yaitu citrus dan bahasa Sanskerta yaitu aurantium.

Cara Membuat Bonsai Jeruk

Membuat bonsai jeruk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:1. Pilih bibit jeruk yang sehat dan memiliki batang yang cukup tebal serta percabangan yang seragam. Pastikan juga bibit yang dipilih sudah cukup dewasa dan tidak terlalu muda.2. Potong bagian atas bibit jeruk dengan hati-hati untuk membentuk batang bonsai yang diinginkan. Lakukan pemangkasan secara teratur untuk membentuk cabang-cabang yang seimbang dan rapi.3. Gunakan pot tanah bonsai sebagai wadah untuk menanam bibit jeruk. Pastikan pot sudah diisi dengan campuran tanah, pasir, dan pupuk khusus bonsai.4. Taruh bibit jeruk di tengah pot dan ratakan tanah di sekeliling bibit. Pastikan tanah sudah cukup padat tetapi tidak terlalu keras.5. Jaga kelembaban tanah dan berikan air secara teratur. Lakukan pemupukan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan pohon bonsai.

Ciri-ciri dan Harga Bonsai Jeruk

Bonsai jeruk memiliki ciri-ciri batang yang tegak dan kuat serta daun yang kecil dan rapi. Buah jeruk pada bonsai ini cukup kecil tetapi memiliki rasa yang manis dan segar. Bonsai jeruk biasanya dihargai sekitar 200 ribu hingga 500 ribu rupiah tergantung pada ukuran dan usia.

Manfaat Bonsai Jeruk

Selain sebagai tanaman hias, bonsai jeruk juga mempunyai berbagai manfaat, diantaranya sebagai:1. Pengusir nyamuk karena aroma jeruk yang kuat dan segar.2. Sumber vitamin C sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.3. Penghias rumah atau taman sehingga membuat suasana menjadi lebih asri dan indah.4. Sebagai salah satu benda kerajinan tangan yang dapat dijual dan menambah penghasilan.

Kesimpulan

Membuat bonsai jeruk memerlukan kesabaran dan ketekunan karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk membentuk pohon bonsai yang diinginkan. Namun, dengan perawatan yang tepat dan cermat, bonsai jeruk dapat memberikan keindahan dan manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Terima Kasih Telah Membaca!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat bonsai jeruk. Jangan lupa untuk terus mencoba dan mengembangkan kreativitas Anda dalam merawat bonsai. Kami senang bisa berbagi informasi ini dengan Anda. Jangan lupa untuk berkunjung lagi di lain kesempatan untuk membaca artikel-artikel menarik yang kami sajikan. Sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bonsai Jeruk"