Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dewandaru Bonsai: Kiat Memelihara dan Merawat Bonsai agar Tetap Sehat dan Indah

Ekormurai.com - Dewandaru Bonsai adalah jenis seni yang memadukan hortikultura dan seni rupa. Bonsai berasal dari Jepang yang berarti "tanaman di dalam pot" dan banyak dipraktikkan untuk menciptakan miniatur dari pohon-pohon dan semak-semak. Bonsai dewandaru adalah salah satu jenis bonsai unik yang lebih memilih kanopi besar, dan telah menjadi tren dalam dunia hobi tanaman dan seni rupa. Banyak sekali orang yang menggemari bonsai, tidak hanya sebagai sebuah hobi namun juga sebagai sebuah bentuk kreativitas dan wujud apresiasi terhadap alam. Salah satunya ialah Dewandaru Bonsai. Tanaman ini memang tidak asing lagi bagi para pecinta tanaman bonsai, karena memiliki kemampuan untuk melahirkan permukaan tajuk yang sangat indah dan unik. Di Indonesia, hampir semua pencinta bonsai tahu akan kualitas Dewandaru Bonsai dan mengakui kehebatannya dalam memberikan pengalaman unik bagi pecintanya.

Dewandaru Bonsai

Pengenalan Dewandaru Bonsai

Dewandaru Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sedang naik daun di kalangan pecinta tanaman. Populernya jenis tanaman ini berasal dari kemampuannya untuk ditanam dalam pot kecil sehingga cocok diletakkan di atas meja atau sebagai hiasan di ruangan.

Karakteristik Dewandaru Bonsai

Dewandaru Bonsai memiliki karakteristik yang unik. Pada bagian tanaman, terdapat duri-duri kecil yang membuatnya semakin menarik. Ukuran daunnya kecil sehingga membuatnya cocok dijadikan sebagai tanaman bonsai. Selain itu, kayu dewandaru yang digunakan sebagai media tumbuh dari tanaman ini memiliki keunikan tersendiri karena warnanya cokelat kehitaman dengan serat kayu yang indah.

Cara Merawat Dewandaru Bonsai

Untuk merawat Dewandaru Bonsai, Anda cukup memberikan air 1-2 kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering memberikan air karena tanaman ini mudah sekali kebanjiran. Selain itu, tanaman ini juga perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup agar pertumbuhannya optimal.

Manfaat Dewandaru Bonsai

Dewandaru Bonsai mempunyai manfaat untuk memberikan suasana yang sejuk pada lingkungan ruangan. Tanaman ini juga bisa membantu mengurangi polusi dan melembabkan udara sehingga membantu mengurangi efek buruk dari AC atau ventilasi lainnya.

Galeri Gambar Dewandaru Bonsai

Dewandaru BonsaiItulah sedikit informasi tentang Dewandaru Bonsai yang bisa menjadi pilihan sebagai tanaman hias. Terlebih dengan karakteristik yang unik, tanaman ini akan membuat ruangan Anda semakin hidup.

Dewandaru Bonsai: Pengetahuan Umum

Asal Usul

Dewandaru Bonsai, atau sering disebut sebagai Bonsai Dewandaru, merupakan jenis bonsai yang berasal dari Indonesia. Pohon ini memiliki keterkaitan erat dengan Budaya Jawa dan digunakan sebagai perlambang kesuburan dan keberuntungan.

Nama Latin

Dewandaru Bonsai disebut juga dengan nama latin Mimusops elengi atau Mimusops parvifolia. Genus Mimusops sendiri berasal dari keluarga Sapotaceae.

Penyebaran

Bonsai Dewandaru menyebar cukup luas di wilayah Asia Tenggara. Selain Indonesia, pohon ini juga ditemukan di negara-negara seperti Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Ciri-ciri

Pohon Dewandaru Bonsai dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter. Namun, dalam bentuk bonsai, tinggi pohon ini umumnya tidak lebih dari 60 cm. Cabang-cabang pohon yang tebal, menghiasi bentuk serupa payung pohon ini.Daun dari Dewandaru Bonsai berbentuk lancip dan berwarna hijau tua setiap yang pada mineral atau medium asam, namuan pada tanah yang basa daunnya akan menguning. Buahnya berbentuk bulat sekitar 0,4 cm dan memiliki daging berwarna jingga. Bunga yang sedap, harum dengan warna putih-kepucatan yang tergolong dalam kelompok bunga majemuk.

Harga

Harga Dewandaru Bonsai yang sudah dirawat dan dijaga kualitasnya cukup tinggi, dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, harga tergantung pada ukuran dan usia pohon bongsai.

Perawatan

Perawatan Dewandaru Bonsai tidak terlalu sulit. Pohon ini cukup tahan terhadap kondisi lingkungan tropis. Bonsai Dewandaru membutuhkan sinar matahari yang cukup, dengan penyiraman rutin saat tanah sudah terlihat kering. Penting untuk memberikan pupuk secara teratur untuk menjaga kualitas dan kondisi pohon.

Manfaat

Selain sebagai tanaman hias, Dewandaru Bonsai juga memiiki banyak manfaat. Daunnya yang berguna sebagai bahan obat tradisional dalam pengobatan sakit gigi, sakit demam, batuk, dan masalah dengan pernapasan. Bunga dan buah pohon juga memiliki kegunaan dalam pengobatan kesehatan.

Kesimpulan

Dewandaru Bonsai merupakan jenis pohon bonsai yang berasal dari Indonesia dan mempunyai keterkaitan erat dengan budaya Jawa.Karena keindahan dan manfaatnya, pohon ini menjadi salah satu jenis bonsai yang populer di Asia Tenggara. Meskipun perawatannya relatif mudah, tetapi membutuhkan pengetahuan dan perhatian yang cukup untuk mempertahankan kualitas dan keindahan Dewandaru Bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca!

Kami berharap artikel tentang Dewandaru Bonsai ini telah memberikan wawasan baru bagi para pecinta tanaman bonsai dan seni. Jangan lupa kunjungi kembali website kami untuk mengetahui info terbaru seputar bonsai, tanaman, dan hal-hal seputar hobi dan kreativitas. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! Terima kasih dan selamat berbonzai!

Posting Komentar untuk "Dewandaru Bonsai: Kiat Memelihara dan Merawat Bonsai agar Tetap Sehat dan Indah"