Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bonsai Beringin Dolar: Berapa Kisaran Harganya?

Ekormurai.com - Bonsai beringin dolar atau disebut juga alsop dengan nama ginseng ficus adalah salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia. Selain memiliki tampilan yang indah, bonsai beringin dolar juga memiliki nilai estetika yang tinggi dan menjadi favorit bagi para penggemar bonsai. Karena keunikannya tersebut, saat ini banyak orang tertarik untuk membeli bonsai beringin dolar. Namun, sebelum membeli, ada baiknya untuk mengetahui kisaran harga bonsai beringin dolar agar tidak salah dalam menentukan pilihan.

Harga Bonsai Beringin Dolar

Pengenalan

Bonsai beringin dolar atau Ficus Microcarpa merupakan tumbuhan hias yang populer di Indonesia. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara dan biasanya tumbuh di hutan-hutan lebat. Namun, dengan adanya tekhnologi bonsai, beringin dolar telah terkenal sebagai tanaman hias yang indah dan menawan. Tanaman ini populer sebagai pajangan indoor maupun outdoor.

Keistimewaan Bonsai Beringin Dolar

Salah satu faktor yang membuat bonsai beringin dolar menjadi istimewa adalah bentuk daunnya yang kecil. Tekstur daun yang halus dan merata membuatnya lebih mudah dijadikan bonsai. Selain itu, tumbuhan ini sangat mudah diatur dan diformat sesuai keinginan. Bonsai beringin dolar memiliki banyak daun kecil yang rapi dan terlihat menawan.

Harga Bonsai Beringin Dolar

Berapa sih harga bonsai beringin dolar? Harganya tergantung dari ukuran dan umur bonsai tersebut. Satu bonsai kecil biasanya dibandrol sekitar 50 ribu rupiah. Tetapi untuk bonsai beringin dolar yang besar dan tua bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga tersebut disesuaikan dengan keindahan dan keunikannya.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga bonsai beringin dolar, di antaranya ukuran, umur, bentuk, dan kualitas. Semakin besar ukuran bonsai beringin dolar, semakin tinggi pula harganya. Selain itu, umur bonsai yang lebih tua biasanya lebih mahal. Bentuk dan kualitas bonsai juga turut memengaruhi harga yang ditawarkan.

Tips Perawatan Bonsai Beringin Dolar

Untuk menjaga nilai dan keindahan bonsai beringin dolar, perawatannya harus dilakukan dengan baik. Pertama, jangan biarkan tanah bonsai kering. Tanah harus selalu lembab dan terhidrasi dengan baik. Kedua, posisikan bonsai beringin dolar di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. Terakhir, pindahkan bonsai beringin dolar ke pot yang lebih besar seiring bertambahnya ukuran bonsai.
Bonsai Beringin Dolar

sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Bonsai+Ficus+Microcarpa&t=url&url=https%3A%2F%2Fi.pinimg.com%2Foriginals%2F63%2F50%2F12%2F63501258520f3c2303caf018dcca8293.jpg

Harga Bonsai Beringin Dolar

Asal Usul

Bonsai beringin dolar merupakan salah satu jenis bonsai yang berasal dari budaya Asia, terutama Jepang. Beringin dolar, atau Ficus microcarpa, adalah tumbuhan tropis yang biasa ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan termasuk dalam keluarga Moraceae. Tumbuhan ini sangat populer untuk dibuat dalam bentuk bonsai karena dengan mudah ditata dan dipotong sesuai keinginan.

Nama Latin

Bonsai beringin dolar atau Ficus microcarpa juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Chinese banyan tree, Malayan banyan tree, Taiwan banyan tree, curtain fig, atau laurel fig.

Penyebaran

Ficus microcarpa tersebar di wilayah tropis hingga subtropis seperti Asia Tenggara, Indonesia, Filipina, Taiwan, Australia, dan beberapa negara lainnya di kawasan tersebut. Beringin dolar tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Ciri-ciri

Bonsai beringin dolar memiliki batang yang tebal dan berlekuk-lekuk, dengan daun hijau gelap dan berbentuk ovoid. Akar bonsai ini biasanya diganti dengan akar sungguhan atau akar buatan yang terbentuk dari campuran akar gaharu yang diujung dengan bunga besar yang biasanya muncul pada musim semi hingga musim panas. Tinggi bonsai beringin dolar biasanya sekitar 30-40cm, namun bisa diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan pemiliknya.

Harga

Harga bonsai beringin dolar dapat bervariasi tergantung pada ukurannya dan kualitasnya. Bonsai beringin dolar yang sudah tua dan dianggap sebagai karya seni biasanya dibanderol hingga ratusan juta rupiah. Namun, untuk bonsai dengan tinggi sekitar 30-40cm biasanya dibanderol dalam kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Harga yang diberikan juga dipengaruhi oleh faktor kondisi bonsai tersebut, seperti keindahan daun, bentuk batang, dan kesehatan akar.

Perawatan

Perawatan bonsai beringin dolar cukup mudah dilakukan, namun memerlukan kesabaran dan kehati-hatian. Bonsai ini memerlukan sinar matahari yang cukup dan penyiraman teratur namun tidak berlebihan. Pemangkasan cabang dan daun juga diperlukan agar ukuran bonsai tetap sesuai dengan yang diinginkan. Akar bonsai juga perlu dipelihara dengan baik, seperti mengganti pot dan menyiramnya dengan pupuk khusus untuk bonsai.

Kesimpulan

Bonsai beringin dolar merupakan salah satu jenis bonsai yang populer di Asia, terutama di Jepang. Bonsai ini memiliki batang yang tebal dan berlekuk-lekuk, dengan daun hijau gelap dan berbentuk ovoid. Harga bonsai ini bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitasnya. Perawatan bonsai beringin dolar cukup mudah dilakukan, namun memerlukan kesabaran dan kehati-hatian untuk mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Terimakasih Telah Membaca Tentang Harga Bonsai Beringin Dolar

Semoga kamu telah menemukan informasi yang kamu cari tentang harga bonsai beringin dolar di artikel ini. Jangan lupa kunjungi kembali situs kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tips bercocok tanam dan hal-hal menarik lainnya seputar dunia taman. Kami berharap kamu selalu membawa keindahan yang ditanam dari bonsai beringin dolar ke kehidupanmu sehari-hari. Sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Harga Bonsai Beringin Dolar: Berapa Kisaran Harganya?"