Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bonsai Santigi: Jenis, Perawatan, dan Harga Pasar Terbaru

Ekormurai.com - Bonsai Santigi, atau disebut juga dengan nama ilmiah Ficus Santigi, merupakan salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia. Pohon ini berasal dari keluarga Ficus dan dapat tumbuh hingga mencapai 10 meter pada habitat aslinya. Namun, sebagai bonsai, pohon Santigi diatur pertumbuhannya agar lebih kecil dan menarik sebagai hiasan. Bonsai Santigi memiliki ciri khas daunnya yang kecil, rimbun, dan memiliki warna hijau yang menawan. Di Indonesia, bonsai Santigi menjadi salah satu alternatif untuk hiasan rumah yang terlihat elegan dan eksotis. Namun, seperti halnya dengan jenis bonsai lainnya, harga bonsai Santigi dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

Harga Bonsai Santigi

Pengertian Bonsai Santigi

Bonsai Santigi Image
Bonsai Santigi

Bonsai Santigi adalah jenis bonsai yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Santigi, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Bonsai ini memiliki batang yang kuat dan berbulu serta daun yang lebat.

Perawatan Bonsai Santigi

Perawatan Bonsai Santigi sebenarnya cukup mudah, yakni dengan memberikan air secara rutin dan memastikan tanah di dalam pot tidak kering. Bonsai ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

Harga Bonsai Santigi

Harga Bonsai Santigi cukup bervariasi, tergantung pada ukuran dan usia pohon tersebut. Untuk bonsai ukuran kecil dengan usia sekitar 5 tahun dibanderol sekitar Rp 150.000,- hingga Rp 200.000,-. Sedangkan untuk bonsai dengan ukuran besar dan usia di atas 20 tahun, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Keindahan Bonsai Santigi

Bonsai Santigi memiliki keindahan tersendiri, dengan daun yang lebat dan kulit batang yang berbulu. Ketika diletakkan di dalam pot mini yang cantik, Bonsai Santigi dapat menjadi salah satu dekorasi yang mempercantik tampilan rumah Anda.

Kesimpulan

Bonsai Santigi merupakan salah satu jenis bonsai yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga dapat dijadikan pilihan bagi pecinta bonsai yang ingin mengoleksi berbagai jenis bonsai asli Indonesia.

Harga Bonsai Santigi

Asal Usul

Bonsai Santigi adalah bonsai yang berasal dari Indonesia. Tanaman ini menjadi populer di Jepang dan dikembangkan sebagai bonsai oleh para ahli bonsai di sana. Santigi sebenarnya merupakan tanaman liar yang banyak ditemukan di hutan-hutan Indonesia.

Nama Latin

Nama latin untuk Bonsai Santigi adalah Ficus forstenii.

Penyebaran

Bonsai Santigi tersebar di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina.

Harga

Harga Bonsai Santigi cukup beragam, tergantung pada ukuran dan bentuknya. Untuk ukuran mini dengan tinggi sekitar 20 cm harganya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Untuk ukuran sedang dengan tinggi 30-40 cm harganya bisa mencapai Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Sementara untuk ukuran besar dengan tinggi di atas 50 cm harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Ciri-ciri

Bonsai Santigi memiliki daun yang berbentuk oval dan mengkilap. Biasanya daunnya berwarna hijau muda atau hijau tua. Batang dari Bonsai Santigi memiliki banyak cabang-cabang kecil dan terlihat sangat cantik ketika sudah dibentuk sesuai dengan ide bonsai yang diinginkan. Kuncup pohon ini juga bisa tahan terhadap angin kencang atau suhu ekstrem.

Perawatan

Bonsai Santigi tidak terlalu sulit untuk dirawat, namun harus diberikan perawatan yang tepat untuk bisa tumbuh sehat dan indah. Menyiram tanaman harus dilakukan secara teratur, jangan sampai tanaman kekurangan air karena bisa membuat daun mengering dan mati. Selain itu, tanaman juga perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, sehingga bisa tumbuh dengan sempurna.

Kesimpulan

Bonsai Santigi adalah salah satu tanaman bonsai yang populer dan indah untuk dijadikan hiasan di rumah. Tanaman ini berasal dari Indonesia dan ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Harga bonsai Santigi cukup bervariasi, tergantung pada ukuran dan bentuknya. Untuk merawat bonsai Santigi, perlu diberikan perawatan yang tepat dengan menyiram tanaman secara teratur dan memberikan nutrisi yang cukup. Bonsai Santigi juga cukup mudah ditemukan di berbagai toko tanaman. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Bonsai Santigi.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Harga Bonsai Santigi

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang harga bonsai santigi dan faktor-faktor yang memengaruhi. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari bonsai santigi. Terima kasih banyak telah membaca artikel kami. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke situs kami untuk membaca artikel menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Harga Bonsai Santigi: Jenis, Perawatan, dan Harga Pasar Terbaru"