Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bonsai Termahal: Lihat 5 Jenis Bonsai dengan Harga Fantastis Ini!

Ekormurai.com - Bonsai merupakan tanaman pohon yang disesuaikan dengan bentuk keinginan pemiliknya. Selain berfungsi sebagai hiasan, Bonsai juga dijadikan sebagai koleksi bagi pecinta tanaman hias. Tidak mengejutkan bahwa Bonsai dengan harga termahal memiliki nilai seni yang tinggi dan memerlukan perawatan khusus untuk tetap hidup. Harganya yang fantastis dapat mencapai jutaan hingga puluhan miliar rupiah, menjadikan tanaman hias kecil ini sebagai salah satu barang paling mahal di dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas Harga Bonsai Termahal yang pernah tercatat dalam sejarah.

Harga Bonsai Termahal

1. Apa itu bonsai?

Bonsai adalah seni menanam dan merawat tanaman hias dalam bentuk miniatur dengan cara memotong dan membentuk pohon atau tanaman menjadi ukuran yang lebih kecil dari aslinya.

2. Bonsai termahal di dunia

Bonsai termahal yang pernah terjual di dunia adalah sebuah pohon pinus Jepang yang dijual seharga 1,3 juta dollar AS di sebuah lelang di tahun 2019. Pohon bonsai ini telah dirawat selama lebih dari 400 tahun dan dipercayai milik sebuah keluarga di Jepang sejak zaman Edo (1603-1868).

3. Bonsai termahal di Indonesia

Di Indonesia, bonsai termahal yang pernah terjual adalah sebuah pohon beringin yang dijual dengan harga 150 juta rupiah pada tahun 2017. Pohon bonsai ini memiliki usia lebih dari 100 tahun dan tingginya mencapai 2,5 meter.

4. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga bonsai

Harga bonsai ditentukan oleh beberapa faktor, seperti usia, ukuran, jenis tanaman, keunikan bentuk, dan waktu perawatan. Semakin tua pohon bonsai, semakin tinggi harganya. Begitu juga ukuran dan jenis tanaman yang langka akan memberikan nilai lebih pada bonsai tersebut.

5. Menjadi kolektor bonsai

Bagi para kolektor bonsai, harga bukanlah merupakan masalah utama. Mereka akan rela membayar mahal untuk mendapatkan bonsai yang mereka inginkan. Tidak hanya sebagai hobi, namun kolektor bonsai juga sering kali mengikuti komunitas atau perkumpulan untuk mengembangkan ilmu dan pengalaman dalam merawat bonsai. Dengan tingginya nilai bonsai, membuat hobi menanam dan merawat bonsai semakin diminati oleh masyarakat. Namun, perlu diingat bahwa merawat bonsai tidak hanya butuh kesabaran, tapi juga keahlian dalam memotong dan membentuk pohon agar sesuai dengan keinginan.

Harga Bonsai Termahal

Bonsai, tanaman hias yang dikenal sebagai seni merawat pohon atau tanaman kecil ini tidak hanya digemari di Jepang, namun juga menjadi populer di dunia. Menurut sejarah, Bonsai pertama kali dibawa ke Asia pada Abad ke-10 dan kemudian menjadi terkenal di Jepang pada abad ke-14. Bonsai dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki keindahan dan nilai seni yang tinggi, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa harga bonsai dapat mencapai angka yang fantastis.

Asal Usul

Bonsai berasal dari China pada zaman Dinasti Tang dan Song. Bonsai kemudian dibawa ke Jepang sekitar awal abad ke-12 oleh para biksu atau pendeta Zen. Oleh karena itu, Bonsai menjadi terkenal dan populer di Jepang. Pohon atau tanaman yang biasa dipakai untuk membuat bonsai adalah pohon atau tanaman yang dapat tumbuh dalam pot, seperti Akasia, Bungur, Stigi, serta beberapa jenis tanaman lainnya.

Nama Latin

Nama latin dari Bonsai adalah “Bon-sai”, yang memiliki arti pohon atau tanaman yang ditanam di atas batu.

Penyebaran

Bonsai kemudian menyebar ke Indonesia, Korea, Taiwan, dan Thailand. Di Indonesia sendiri, Bonsai menjadi populer pada awal tahun 1970-an. Hingga kini, banyak pecinta Bonsai di Indonesia yang berlomba-lomba untuk memiliki Bonsai yang unik dan langka.

Harga Bonsai Termahal

Harga Bonsai termahal di dunia saat ini adalah Bonsai Juniper yang berumur 1000 tahun. Bonsai juniper ini ditanam di suatu pegunungan di Arizona, Amerika Serikat. Bonsai ini dibeli oleh seorang kolektor seni asal Jepang dengan harga mencapai $1,3 juta atau lebih dari 19 miliar rupiah.Selain Bonsai Juniper, ada juga Bonsai Shimpaku yang dijual dengan harga $400.000, atau sekitar 5,6 miliar rupiah. Bonsai Shimpaku ini dikenal juga sebagai pohon cemara jepang yang memiliki ciri khas berbentuk bulat dengan batang dan cabang yang indah.

Ciri-Ciri Bonsai Termahal

Pohon atau tanaman pada Bonsai termahal biasanya memiliki harga yang tinggi karena usianya yang tua. Bonsai yang lebih tua biasanya lebih mahal dibandingkan dengan yang lebih baru. Selain itu, jenis pohon atau tanaman yang digunakan juga menentukan kualitas dari Bonsai tersebut. Bonsai yang hasilnya indah, unik, dan langka juga mempengaruhi harga dari Bonsai tersebut.

Kesimpulan

Bonsai merupakan tanaman hias yang memiliki nilai seni yang tinggi dan diminati oleh banyak orang. Harga Bonsai dapat mencapai angka yang fantastis, tergantung pada usia, jenis pohon atau tanaman yang digunakan, keunikan serta nilai seni dari Bonsai tersebut. Walaupun termahal, penggemar Bonsai tetap memburu Bonsai yang langka dan unik untuk dipelihara dan dijadikan koleksi.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Harga Bonsai Termahal

Artikel ini dihadirkan untuk memberikan informasi tentang harga bonsai termahal yang ada di dunia. Bagi para pecinta tanaman bonsai, sudah tentu harga bukanlah segalanya. Namun, ketertarikan dan kecintaan pada bonsai akan membuat kita menemukan keindahan pada setiap tanaman. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk kunjungi lagi situs kami lain waktu ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Harga Bonsai Termahal: Lihat 5 Jenis Bonsai dengan Harga Fantastis Ini!"