Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok untuk Pemula

Ekormurai.com - Tanaman bonsai merupakan salah satu aktivitas hobi yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Tanaman yang berasal dari Jepang ini memiliki banyak jenis dan varietas yang memukau mata. Bonsai adalah seni untuk menangkap bentuk dan karakteristik sebuah pohon dalam miniatur yang menyerupai pohon besar yang tumbuh di alam liar. Jenis tanaman bonsai yang dapat dikebunkan pun beragam, mulai dari jenis pohon kayu, semak, hingga tanaman yang banyak ditemukan di kebun-kebun seperti bunga dan tanaman buah-buahan. Setiap jenis pohon bonsai memerlukan perawatan yang berbeda-beda untuk menjamin kelangsungan hidupnya dan mempertahankan keindahan miniatur pohon tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis tanaman bonsai yang dapat menjadi pilihan bagi para hobiis tanaman bonsai.

Jenis Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai adalah sebuah seni memotong dan membentuk pohon atau semak menjadi karya seni miniatur dengan tujuan untuk menghasilkan bentuk pohon yang unik, menarik dan indah. Berikut adalah jenis-jenis tanaman bonsai yang populer di dunia:

1. Bonsai Ficus

Bonsai Ficus

Bonsai Ficus adalah jenis tanaman bonsai yang paling banyak dijual dan dijinakkan di dunia. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan Australia. Ficus memiliki daun hijau dan buah kecil. Ficus dapat dijinakkan menjadi berbagai bentuk seperti conical, banyan, dan raft.

2. Bonsai Buxus

Bonsai Buxus

Bonsai Buxus atau boxwood adalah tanaman bonsai yang berasal dari keluarga Buxaceae dan berasal dari Asia dan Eropa. Tanaman ini memiliki daun hijau tua dan bunga kecil. Bonsai Buxus dapat dijinakkan dalam bentuk topiary atau bentuk bola, piramida, dan bentuk kabuto.

3. Bonsai Serut

Bonsai Serut

Bonsai Serut atau Juniper adalah jenis tanaman bonsai yang berasal dari keluarga Juniperus dan merupakan tanaman asli Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Tanaman ini memiliki daun hijau kebiruan dan buah kecil. Bonsai Serut dapat dijinakkan menjadi berbagai bentuk seperti informal upright, cascade, dan literati.

4. Bonsai Maple

Bonsai Maple

Bonsai Maple atau Acer adalah jenis tanaman bonsai yang berasal dari keluarga Aceraceae dan berasal dari Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Tanaman ini memiliki daun hijau dan buah kluster. Bonsai Maple dapat dijinakkan menjadi berbagai bentuk seperti formal upright, cascade, dan weeping.

5. Bonsai Pine

Bonsai Pine

Bonsai Pine atau Pinus adalah jenis bonsai yang berasal dari keluarga Pinaceae dan berasal dari Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Tanaman ini memiliki daun berbentuk jarum dan buah bulat. Bonsai Pine dapat dijinakkan menjadi berbagai bentuk seperti informal upright, slanting, dan specimen tree.

Demikianlah jenis-jenis tanaman bonsai yang populer di dunia. Anda dapat memilih salah satu jenis tanaman bonsai yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda untuk ditanam di rumah atau taman Anda. Happy planting!

Jenis Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai adalah tanaman-tanaman kecil yang dipangkas dan diatur bentuknya sehingga menyerupai pohon yang sudah tua. Di banyak negara, tanaman bonsai sudah menjadi bagian dari kultur dan disayangi banyak orang. Ada banyak sekali jenis tanaman bonsai yang bisa dipilih sesuai keinginan dan cocok dengan lingkungan tempat tinggal kita. Berikut adalah beberapa jenis tanaman bonsai yang bisa menjadi pilihan:

1. Maple Jepang (Acer Palmatum)

Maple Jepang atau Acer Palmatum adalah salah satu jenis bonsai yang sangat populer di Jepang. Asal-usulnya dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Mapel ini dikembangkan ke seluruh dunia untuk dirawat sebagai tanaman hias. Warna daun merah muda sampai hijau kebiruan dan bobot batang serta ranting yang cukup kuat menjadi ciri khas Maple Jepang. Maple Jepang harga cukup mahal karena pertumbuhan yang lambat dan akan jadi tanaman bonsai indah jika dirawat dengan baik.

2. Pine Jepang (Pinus parviflora)

Pine Jepang atau Pinus parviflora merupakan jenis bonsai dengan ciri-ciri daun yang berwarna hijau berselang dengan agak kebiruan. Tumbuhnya yang lambat, pertumbuhan daun yang teratur dan bentuk batangnya yang indah menjadikan Pine Jepang salah satu jenis bonsai yang paling populer di Jepang. Harga Pine Jepang relatif mahal karena waktu pemilik perlu bersabar menunggu bertahun-tahun untuk menjadikan sebuah tonggak sejarah.

3. Juniper (Juniperus chinensis)

Juniper atau Juniperus Chinensis adalah salah satu jenis bonsai yang paling populer. Ciri khasnya adalah daunnya yang kecil dan menyusun yang tumbuh bersama. Selain itu, batang dan rantingnya lentur yang mudah diatur menjadi berbagai formasi bentuk. Banyak jenis juniper yang cocok dijadikan bonsai, salah satunya Juniperus Chinensis “Shimpaku” asli dari Jepang.

4. Banyan (Ficus microcarpa)

Banyan atau Ficus microcarpa merupakan jenis bonsai yang berasal dari daerah tropis Asia. Ciri khasnya adalah batang pengaruhi bertelanjang, dan berkontur liku-liku, beruas-ruas dan kadang-kadang berlekuk-lekuk. Banyan dapat tumbuh hingga setinggi 20-30 meter dan membutuhkan perawatan yang baik untuk tumbuh menjadi tanaman bonsai. Harga bonsai banyan umumnya lebih murah dibanding jenis bonsai lainnya.

5. Elm (Ulmus parvifolia)

Elm atau Ulmus parvifolia adalah jenis bonsai yang sangat populer di China. Ciri khasnya adalah daun berwarna hijau kebiruan dan permukaan kulit yang schistose. Bentuk cabang dan batang Elm bisa diatur dengan mudah karena memang tumbuh teratur. Elm dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter. Harga alm umumnya sedang karena pertumbuhannya sangat cepat.

6. Cherry Blossom (Prunus serrulata)

Cherry Blossom atau Prunus serrulata menjadi salah satu jenis bonsai favorit di Jepang. Ciri khasnya adalah bunga sakura yang berwarna merah muda dan putih, dan memiliki wangi yang menyegarkan. Tanaman ini juga sering dijadikan sebagai simbol cinta dan kecantikan di Jepang. Harga sakura mahal karena persewaan bunga yang indah.Itulah beberapa jenis tanaman bonsai yang bisa menjadi pilihan jika ingin merawat tanaman bonsai. Masing-masing jenis bonsai memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan selera dan lingkungan tempat tinggal kita. Perlakukanlah bonsai dengan baik dan fasih untuk menciptakan sebuah karya seni bonsai yang indah.

Terima Kasih Telah Membaca dan Selamat Mencoba Menanam Bonsai!

Sampai disini artikel tentang Jenis Tanaman Bonsai. Semoga informasi yang telah kami berikan bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai menanam bonsai. Ingatlah bahwa merawat bonsai bukan hanya sekedar memotong ranting dan daun saja, namun juga membentuk karakteristik pohon agar terlihat indah. Tetaplah berkunjung ke website kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tanaman dan gaya hidup sehat. Selamat mencoba menanam bonsai dan berkreasi!

Posting Komentar untuk "Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok untuk Pemula"