Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lovebird Biola Euwink Green >> Ciri, Harga, Perawatan

Lovebird Biola Euwink Green


Ekormurai.comSobat Erai,Lovebird biola euwing green, salah satu jenis lovebird yang sangat populer di kalangan penghobi burung, memiliki keindahan dan keunikan yang tak terbantahkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang lovebird biola euwing green, mulai dari nama lainnya dalam berbagai bahasa, klasifikasi ilmiahnya, hingga sejarah dan asal usulnya.

Nama Lain Lovebird Biola Euwing Green dalam Berbagai Bahasa

Bahasa memang memiliki banyak cara untuk menyebut sebuah jenis burung, termasuk lovebird biola euwing green ini. Berikut adalah beberapa nama lain lovebird biola euwing green dalam berbagai bahasa:

Bahasa Nama Lain
Inggris Euwing Green Violaceous Lovebird
Spanyol Periquito de Amor Euwing Verde
Jerman Euwing Grünviola-Zwergpapagei
Prancis Perruche d'amour Euwing Verte

Klasifikasi Ilmiah Lovebird Biola Euwing Green

Lovebird biola euwing green memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Aves
Ordo Passeriformes
Famili Pittidae
Genus Psephotellus
Spesies Psephotellus dissimilis

Sejarah dan Asal Usul Lovebird Biola Euwing Green

Sejarah

Sejarah lovebird biola euwing green memiliki keterkaitan dengan sejarah lovebird pada umumnya. Lovebird berasal dari Pulau Papua dan Kepulauan Salomon di Pasifik, serta berpindah ke berbagai pulau di Indonesia dan Australia. Lovebird pertama kali dibawa ke Eropa oleh para penjelajah pada abad ke-18. Namun, lovebird biola euwing green ini menjadi populer di kalangan penghobi burung baru-baru ini.

Asal Usul

Lovebird biola euwing green merupakan salah satu variasi dari spesies lovebird Euwing. Euwing sendiri adalah hasil dari persilangan lovebird biola dengan lovebird euwing. Pada lovebird biola euwing green, dominasi warna hijau pada bulu tubuh menjadi ciri khasnya. 

Lovebird ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan lovebird pada umumnya.Dari segi penampilan warna dan kecantikan, lovebird biola euwing green menjadi daya tarik utama bagi para penghobi burung. Bulu hijau yang cerah dengan warna ungu di bagian tenggorokannya membuatnya tampak begitu menawan.

Dalam perkembangannya, lovebird biola euwing green telah banyak diternakkan oleh para penggemar burung di Indonesia. Hasilnya adalah semakin banyak lovebird biola euwing green beredar di pasaran, dan semakin banyak pula penggemar burung yang jatuh hati pada kecantikan burung ini.

Ciri-Ciri lovebird biola euwing green

Lovebird biola euwing green (Agapornis roseicollis) adalah salah satu jenis lovebird yang memiliki ciri-ciri yang sangat khas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari lovebird biola euwing green:

1. Warna Bulu yang Menarik

Lovebird biola euwing green memiliki bulu berwarna hijau cerah yang sangat menarik. Pada bagian dadanya, terdapat warna pink atau merah muda yang membentuk pola seperti biola.

2. Cakar yang Kuat

Ciri lain dari lovebird biola euwing green adalah memiliki cakar yang kuat. Cakarnya yang tajam dan kuat memungkinkan lovebird ini untuk bergerak dengan lincah dan memiliki kemampuan dalam memanjat dan berpegangan pada dahan.

3. Peliharaan yang Bersahabat

Lovebird biola euwing green termasuk jenis lovebird yang ramah dan mudah dijinakkan. Mereka senang berinteraksi dengan manusia dan bisa menjadi teman yang baik bagi pemiliknya.

Habitat lovebird biola euwing green

Habitat asli lovebird biola euwing green adalah Afrika, tepatnya di daerah semak belukar dan hutan kering. Mereka terutama ditemukan di negara-negara seperti Namibia, Angola, dan Afrika Selatan. Biasanya mereka hidup dalam kelompok kecil dan membuat sarang di dalam lubang pohon.

Perawatan lovebird biola euwing green

Untuk merawat lovebird biola euwing green, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Kandang yang Sesuai

Lovebird biola euwing green membutuhkan kandang yang cukup luas dengan peralatan seperti tangkringan dan tempat makan. Pastikan kandang memiliki ruang yang cukup untuk mereka bergerak dan terbang dengan bebas.

2. Gizi yang Seimbang

Pastikan memberikan pakan yang seimbang dan bergizi kepada lovebird biola euwing green seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan juga pakan tambahan seperti milet. Juga, pastikan selalu menyediakan air bersih yang segar bagi mereka.

3. Interaksi dan Permainan

Lovebird biola euwing green suka bermain dan berinteraksi dengan manusia. Luangkan waktu untuk bermain dengan mereka atau menyediakan mainan yang aman dan menarik di dalam kandang mereka.

Makanan lovebird biola euwing green

Lovebird biola euwing green adalah salah satu jenis burung lovebird yang memiliki warna bulu yang cantik dan menarik. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu lovebird ini, Anda perlu memberikan makanan yang seimbang dan berkualitas.

1. Biji-bijian

Makanan pokok lovebird biola euwing green adalah biji-bijian, seperti biji bunga matahari, jagung, dan millet. Pastikan biji-bijian ini segar dan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lovebird Anda.

2. Buah dan sayuran

Tambahkan juga buah dan sayuran segar dalam menu makanan lovebird biola euwing green. Buah seperti apel, anggur, dan melon dapat menjadi pilihan yang baik. Sedangkan untuk sayuran, berikan daun selada, wortel, dan brokoli yang diiris tipis.

3. Tambahan makanan

Selain biji-bijian, buah, dan sayuran, lovebird biola euwing green juga memerlukan tambahan makanan seperti telur rebus yang dihaluskan, serta suplemen vitamin dan kalsium yang dapat membantu menjaga kondisi tubuhnya.

4. Air bersih

Jangan lupa selalu menyediakan air bersih dan segar untuk lovebird biola euwing green Anda. Pastikan air dalam kandangnya selalu diganti setiap hari agar tetap hygienis dan menghindari risiko dehidrasi.

5. Makanan tambahan

Anda juga dapat memberikan makanan tambahan seperti cacing sutra, ulat hongkong, atau serangga kecil lainnya yang telah diolah dengan baik sebagai variasi dalam menu makanan lovebird biola euwing green.

Masa Berkembang Biak lovebird biola euwing green

Masa berkembang biak lovebird biola euwing green adalah saat yang menyenangkan bagi para pecinta burung. Berikut adalah beberapa informasi mengenai masa berkembang biak lovebird biola euwing green:

1. Perawatan sebelum berkembang biak

Sebelum pasangan lovebird biola euwing green Anda bersiap untuk berkembang biak, pastikan mereka berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Berikan makanan berkualitas tinggi dan pastikan lingkungan kandang mereka bersih dan nyaman.

2. Proses berkembang biak

Pada masa berkembang biak, lovebird biola euwing green betina akan membuat sarang dari serat-serat tumbuhan atau kertas. Mereka akan bertelur dan betina akan mengerami telur sekitar 22-24 hari sebelum menetas. Setelah menetas, kedua induk akan turun tangan dalam merawat anak-anaknya.

3. Perawatan anak lovebird

Setelah anak lovebird biola euwing green menetas, Anda perlu memberikan perawatan ekstra pada mereka. Berikan pakan yang mudah dicerna dan sesuai untuk anak lovebird, berikan juga perhatian pada suhu kandang dan kebersihan sarang.

Harga lovebird biola euwing green

Berikut adalah beberapa informasi mengenai harga lovebird biola euwing green:

Usia Harga
1 bulan Rp500.000 - Rp700.000
3 bulan Rp800.000 - Rp1.000.000
Dewasa Rp1.500.000 - Rp2.000.000

Harga lovebird biola euwing green bisa berbeda tergantung dari usia, jenis kelamin, postur tubuh, dan juga keindahan bulunya. Pastikan Anda membeli dari penjual yang terpercaya dan memastikan burung yang Anda beli dalam kondisi sehat dan sesuai dengan keinginan Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, lovebird biola euwing green adalah jenis burung yang menarik dan seru untuk dipelihara. Mereka memiliki warna bulu yang indah dan memiliki suara yang khas. Perawatan mereka cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Dalam perawatan sehari-hari, Anda perlu memberikan makanan berkualitas dan memberikan lingkungan yang nyaman. Dengan pengawasan yang baik, lovebird biola euwing green akan menjadi teman yang setia dan menghibur.

Penutup

Sekian artikel mengenai lovebird biola euwing green. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memelihara jenis burung ini. Dengan memberikan perawatan yang baik, lovebird biola euwing green akan tumbuh sehat dan bahagia di lingkungan Anda. Jangan lupa untuk memberikan kasih sayang dan perhatian kepada burung kesayangan Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Lovebird Biola Euwink Green >> Ciri, Harga, Perawatan"