Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Perbedaan Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung

Ekormurai.com – Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung merupakan dua jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Meski keduanya termasuk dalam kelompok Murai Batu, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Murai Batu Nias memiliki ciri khas warna bulu yang dominan hitam dengan sedikit coklat pada bagian kepala dan tubuh bawah, sedangkan Murai Batu Lampung memiliki warna bulu yang lebih bervariasi, mulai dari hitam, coklat, hingga keemasan. Selain itu, kedua jenis burung ini juga memiliki suara kicauan yang berbeda. Untuk lebih mengenal perbedaan Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung, mari kita simak penjelasannya secara lebih mendalam.

Murai Batu Nias

Mengenal Perbedaan Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung

Murai batu adalah burung yang memiliki suara kicauan yang merdu dan dapat dijadikan sebagai hobi bagi sebagian orang. Ada beberapa jenis murai batu yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah murai batu Nias dan murai batu Lampung. Kedua jenis murai batu ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok, baik dari segi warna bulu, ukuran, dan suara kicauannya.

1. Warna Bulu

Perbedaan pertama yang cukup mencolok antara murai batu Nias dan murai batu Lampung adalah warna bulunya. Murai batu Nias memiliki bulu yang cenderung berwarna hitam pekat dengan sedikit corak-bintik putih di bagian kepala dan ekor. Sementara itu, murai batu Lampung memiliki bulu yang lebih cerah dengan corak bintik-bintik kecil di bagian tubuhnya.

2. Ukuran

Perbedaan selanjutnya adalah ukuran tubuhnya. Murai batu Nias memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan murai batu Lampung. Murai batu Nias memiliki panjang tubuh yang mencapai 25-27 cm, sedangkan murai batu Lampung hanya sekitar 20-22 cm.

3. Suara Kicauan

Perbedaan terakhir adalah suara kicauannya. Murai batu Nias memiliki suara kicauan yang lebih bervolume dan lebih berat dibandingkan dengan murai batu Lampung. Suara kicauan murai batu Nias juga cenderung lebih keras dan terdengar lebih jelas. Sementara itu, suara kicauan murai batu Lampung cenderung lebih halus dan bersahut-sahutan.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan antara murai batu Nias dan murai batu Lampung. Meski terdapat perbedaan pada warna bulu, ukuran, dan suara kicauannya, namun kedua jenis murai batu ini tetap menjadi burung yang sangat diminati oleh pecinta burung kicau di Indonesia. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memelihara burung murai batu, sebaiknya pilihlah jenis murai batu yang sesuai dengan selera dan preferensi Anda.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung berasal dari spesies yang sama, namun terdapat perbedaan dalam karakteristik fisik dan suaranya. Murai Batu Nias memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan suara kicauannya lebih panjang dan keras, sedangkan Murai Batu Lampung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan suara kicauannya lebih pendek dan lembut. Kedua jenis burung ini memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dan sangat diminati oleh para penghobi burung kicau. Oleh karena itu, penting bagi para penghobi untuk memahami perbedaan antara kedua jenis burung ini agar dapat merawat dan mengembangbiakannya dengan baik.

Posting Komentar untuk "Mengenal Perbedaan Murai Batu Nias dan Murai Batu Lampung"