Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Liar Yang Bisa Di Bonsai

Ekormurai.com - Tanaman bonsai merupakan jenis hobi yang telah populer sejak lama. Banyak orang yang gemar mempercantik rumah atau ruangan dengan menambahkan tanaman bonsai ke dalamnya. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai diperoleh dari penanaman secara sengaja? Beberapa tanaman liar ternyata dapat diubah menjadi bonsai yang menawan dan indah. Selain lebih unik dan alami, bonsai dari tanaman liar juga memiliki daya tarik tersendiri dengan ciri khas seperti warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda dari bonsai biasa. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman liar yang bisa di bonsai.

Tanaman Liar Yang Bisa Di Bonsai

Apa itu Bonsai?

Bonsai berasal dari Jepang yang artinya adalah “tanaman yang dibudidayakan dalam wadah pot kecil”. Tanaman ini sangat diminati sebagai salah satu kegiatan hobi bagi pecinta alam. Ada banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menjadi bonsai dan dapat ditanam di dalam atau di luar rumah.

Tanaman Liar?

Tanaman liar juga dikenal sebagai gulma yang sering tumbuh liar di dalam tanah, tepi jalan, atau tanah kosong. Namun, siapa sangka beberapa jenis tanaman liar ternyata dapat dibudidayakan sebagai bonsai dan membantu menghemat biaya serta memberikan suasana yang alami di dalam rumah.

Jenis-Tanaman Liar Yang Bisa Dibudidayakan Sebagai Bonsai

1. Pinus Bunga atau Pinus merkusiiPinus bunga atau Pinus merkusii adalah jenis tanaman liar yang dikenal sebagai cabang pohon yang tumbuh lurus panjang ke atas. Pinus bunga dapat diubah menjadi bonsai dengan mentransfer tanaman yang masih muda ke dalam pot kecil dan memangkas cabang yang tumbuh lebih cepat.

Sumber gambar : https://tse1.mm.bing.net/th?q=Pinus+Bunga+Bonsai&pid=Api&w=580&h=435&rs=1&p=0

2. Beringin Rante Atao atau FicusBeringin Rante Atao atau Ficus adalah tanaman liar yang cepat tumbuh dan cocok untuk dibudidayakan sebagai bonsai. Beringin akan tumbuh subur jika dikombinasikan dengan pupuk organik dan sewaktu-waktu dipangkas untuk membentuk bentuk bonsai yang diinginkan.3. Burung Hantu atau Sansevieria TrifasciataBurung Hantu atau Sansevieria Trifasciata adalah salah satu jenis tanaman liar yang sering terlihat di rumah atau kantor. Tanaman ini sangat mudah diperbanyak dan dikembangkan menjadi bonsai dengan mengurangi jumlah air yang diberikan dan pemangkasan ketika cabang terlalu tinggi.4. KalanchoeKalanchoe adalah salah satu tanaman dalam kelompok sukulent yang dapat dibudidayakan sebagai bonsai. Bonsai kalanchoe yang sehat dengan mengurangi jumlah air yang diberikan dan memberikan cahaya matahari yang cukup.

Kesimpulan

Ternyata banyak jenis tanaman liar yang bisa dijadikan bonsai dan mempercantik lingkungan rumah kita. Pengembangan tanaman Bonsai memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi apabila sudah terbiasa dan pengembangan dilakukan secara metodis, tanaman bonsai dapat tumbuh dengan sempurna dan menjadi jenis tanaman yang asli dan alami untuk dihadirkan di rumah.

Tanaman Liar Yang Bisa Di Bonsai

Tanaman liar merupakan jenis tanaman yang tumbuh secara alami di lingkungan yang masih asli, atau bisa juga disebut tanaman alami. Tanaman liar bisa ditemukan dengan mudah di alam liar seperti hutan, pegunungan, pantai, atau tepi jalan. Selain memberikan keindahan secara alami, tanaman liar juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias dalam sebuah pot dan bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk dibuat bonsai.

Asal Usul

Bonsai sendiri berasal dari kebudayaan masyarakat Jepang. Pada awalnya, bonsai hanya digunakan sebagai pemandangan alam yang disajikan pada acara-acara tertentu. Namun, seiring berjalannya waktu, bonsai menjadi sebuah seni dan hobi yang sangat populer di seluruh dunia. Tanaman liar sendiri bisa dijadikan sebagai bahan untuk dibuat bonsai karena memiliki keunikan tersendiri.

Nama Latin

Berbagai jenis tanaman liar memiliki nama latin yang berbeda-beda. Beberapa contoh tanaman liar yang bisa dijadikan sebagai bonsai antara lain adalah pohon beringin (Ficus Benjamina), akasia (Acacia), belalai gajah (Calophyllum inophyllum), kura-kura (Elaeocarpus), banyan (Ficus Retusa), dan berbagai jenis pohon-pohonan lainnya.

Penyebaran

Tanaman liar biasanya tumbuh liar dan alami di daerah-daerah yang berbeda, tergantung dari jenis-jenis tanaman tersebut. Ada yang tumbuh di daerah dataran tinggi, hutan belantara, atau area pantai. Beberapa tanaman bisa ditemukan di Indonesia, seperti tanaman Kura-kura yang berasal dari hutan Kalimantan dan berada di bawah jenis Elaeocarpus, kemudian bunga cangkok milik akasia yang tumbuh di kawasan pegunungan Andes, dan juga pohon beringin yang tumbuh di hutan-hutan tropis di Asia.

Harga

Harga tanaman liar untuk bonsai ini bervariasi tergantung pada jenisnya. Bonsai yang dibuat dari tanaman liar yang langka atau sulit didapat biasanya lebih mahal. Namun, harga tanaman liar untuk bonsai umumnya masih lebih murah dibandingkan tanaman hias pada umumnya. Tanaman liar bisa dijadikan sebagai pilihan bagi para pecinta bonsai yang ingin menambah koleksi mereka dengan harga yang terjangkau.

Ciri-ciri

Tanaman liar memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan spesiesnya. Namun, secara umum, tanaman liar memiliki daya tahan yang kuat dan bisa tumbuh dengan baik tanpa perawatan yang terlalu ketat. Tanaman liar biasanya juga memiliki daun yang kecil, cabang yang indah dan kayu yang kuat dan bernuansa alami. Hal inilah yang sering menjadi alasan mengapa tanaman liar sering dijadikan sebagai material bonsai.Banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara bonsai karena menemukan keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh tanaman liar yang dijadikan sebagai bahan untuk bonsai. Dengan keunikan dan keindahan yang dimiliki, membuat bonsai ini semakin diminati oleh orang-orang di seluruh dunia dan menjadi hobi yang populer. Untuk itu, cobalah untuk memelihara beberapa jenis tanaman liar yang cocok untuk dibuat menjadi bonsai dan rasakan keindahannya di rumah Anda.

Terima kasih Telah Membaca

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan menginspirasi untuk mencoba menumbuhkan tanaman liar sebagai tanaman bonsai. Ingatlah untuk selalu memperhatikan karakteristik tanaman dan memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar kita. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke website kami untuk membaca artikel lainnya seputar dunia tanaman. Sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Tanaman Liar Yang Bisa Di Bonsai"