Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanuki Bonsai: Membuat Karya Seni Unik dengan Metode Tanuki

Ekormurai.com – Tanuki Bonsai, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bonsai Tanuki, adalah salah satu jenis bonsai yang unik dan menarik. Bonsai tanuki memiliki ciri khas berupa akar pohon yang diperoleh dari tanaman lain dan ditempel pada batang pohon bonsai. Hal ini membuat tampilan bonsai tanuki terlihat seperti bonsai yang telah tua dan besar, padahal sebenarnya usianya masih muda. Tanuki bonsai dapat menjadi pilihan tepat bagi para penggemar bonsai yang ingin memiliki seni taman yang unik dan berbeda. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai asal-usul, teknik pembuatan, serta perawatan yang tepat untuk bonsai tanuki.

Tanuki Bonsai

Introduction

Tanuki Bonsai, also known as Tanuki-style Bonsai or Phoenix Bonsai, is a unique style of bonsai where a living tree is combined with a deadwood or driftwood. This technique gives the appearance of a tree growing from a natural landscape, and it is often used to create dramatic and visually impressive bonsai trees.

Origin and History

The Tanuki Bonsai style originated in Japan during the Edo period (1603-1868), where bonsai trees were a popular form of art and culture. The technique of combining living and deadwood in bonsai trees became known as the Tanuki-style after Japanese folklore about a shape-shifting raccoon dog known as the Tanuki.

Technique

To create a Tanuki Bonsai, a living tree that has been pruned and shaped is attached to a piece of deadwood using nails, screws, or wire. The deadwood is then carved, shaped, and treated with preservatives to give it a weathered and aged appearance that blends well with the living tree. The result is a bonsai tree that looks like it has grown from a natural landscape, giving it a unique, natural, and aged appearance.

Examples

Here is an example of a Tanuki Bonsai tree:Tanuki BonsaiThis bonsai tree shows a classic example of the technique, where a living Juniper is attached to a piece of driftwood. The driftwood is carved and treated to give it an aged appearance that blends perfectly with the living tree, creating a stunning and unique bonsai.

Conclusion

Tanuki Bonsai is a unique style of bonsai that creates dramatic and visually impressive trees. By combining living and deadwood, it gives the appearance of a tree growing from a natural landscape. It is a technique that requires skill and patience but the results are astonishing and can create a beautiful addition to any bonsai collection.

Tanuki Bonsai: Keunikan dan Keindahan Bonsai yang Terwujud Melalui Kreativitas dan Teknik Khusus

Asal Usul Tanuki Bonsai

Tanuki, dalam bahasa Jepang, berarti rakun. Sedangkan bonsai sendiri memiliki arti pohon yang dibudidayakan dalam pot kecil. Tanuki bonsai adalah seni penempaan atau penggabungan pohon bonsai yang tampak tak beraturan dan di bagian bawah percabangannya terdapat kumpulan kayu rakun. Teknik ini bisa dikatakan sebagai salah satu teknik bonsai yang cukup unik dan menantang.

Nama Latin Tanuki Bonsai

Bonsai tidak memiliki nama latin dalam arti sebenarnya, karena bonsai merupakan teknik dalam seni penempaan pohon. Maka, bahkan pada Tanuki Bonsai pun tidak disertakan nama latin.

Penyebaran Tanuki Bonsai

Tanuki bonsai cukup memukau dan unik. Selain itu , tanuki bonsai adalah hal yang cukup menarik bagi para pecinta bonsai dan seni berkebun. Namun, teknik tersebut tak terlalu sering dipraktekkan dan sebenarnya tidak disukai oleh banyak seniman bonsai yang menganggap teknik Tanuki Bonsai justru merusak keindahan pohon yang ada. Meskipun demikian, ada banyak penggemar Tanuki Bonsai di Jepang dan Amerika Serikat.

Harga Tanuki Bonsai

Harga tanuki bonsai sangat bervariasi dan relatif mahal, tergantung dari ukuran, jenis, dan kesulitan dalam pembuatannya. Harga pon bonsai ini bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Ciri-Ciri Tanuki Bonsai

Tanuki Bonsai merupakan seni penempaan pohon bonsai yang unik dan menantang. Tanaman asli dipotong dan kemudian disatukan pada tanaman bonsai lama yang memiliki daun yang tebal dan kuat mencabang. Kayu rakun umumnya dipilih untuk menempel pada tanaman bonsai karena kayu tersebut bisa mudah diukir. Semua bagian tanaman yang lepas diikat dengan tali rafia dan diletakkan di perabot dari bonsai hingga terbentuk seperti bentuk tanaman yang diinginkan.

Cara Merawat Tanuki Bonsai

Perawatan Tanuki Bonsai tidak jauh berbeda dengan pohon bonsai biasa. Merawat Tanuki Bonsai dimulai dengan menempatkan bonsai dalam tempat yang pas, yaitu ditempat yang tidak mengekspos tanaman dalam terik matahari langsung. Jangan lupa untuk memperhatikan bahwa tidak semua pohon cocok untuk ditempatkan di dalam pot kecil, apalagi dijadikan tanuki bonsai. Maka diperlukan penanganan khusus dalam memperhatikan kelembaban, pengairan, pemangkasan serta top dress atau pergantian media tanam.

Konklusi

Tanuki Bonsai bisa dikatakan sebagai salah satu teknik dalam seni penempaan pohon bonsai yang sangat unik dan menantang. Keindahan Tanuki Bonsai terwujud melalui kreativitas pengrajin dalam melakukan teknik yang cukup rumit. Terlepas dari itu semua, Tanuki Bonsai tetaplah salah satu pilihan penggemar bonsai dan seni berkebun yang ingin memberikan sentuhan berbeda pada bonsai yang ada.

Terima kasih Telah Membaca!

Itulah sedikit informasi mengenai salah satu jenis bonsai yang unik yaitu Tanuki Bonsai. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi pembaca. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kembali ke situs ini untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru seputar dunia bonsai. Terima kasih dan sampai jumpa kembali!

Posting Komentar untuk "Tanuki Bonsai: Membuat Karya Seni Unik dengan Metode Tanuki"