Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Asoka Kuning: Pesona Cantik dari Jepang

Ekormurai.com - Bonsai Asoka Kuning, sebagai salah satu jenis bonsai yang populer, merupakan jenis pohon yang memiliki bunga unik berwarna kuning. Di dalam dunia budidaya Bonsai, Asoka Kuning kerap dijadikan sebagai salah satu pilihan yang menarik karena bentuk dan ukurannya yang bisa diedit dan diubah sesuai dengan keinginan. Bonsai Asoka Kuning ini tergolong ke dalam jenis pohon yang berasal dari India dan Sri Lanka serta memiliki daya tahan yang cukup kuat dalam beradaptasi ke lingkungan tropis. Dalam pembudidayaanya, Bonsai Asoka Kuning memerlukan perawatan khusus terutama dalam hal penyiraman, pencahayaan, dan pemupukan yang tepat, sehingga bisa berkembang dengan baik dan tetap mempertahankan keindahannya.

Bonsai Asoka Kuning

Bonsai Asoka Kuning adalah salah satu jenis bonsai yang cukup populer di Asia. Bonsai Asoka mempunyai ciri khas yaitu bunga kuning yang cantik dan beraroma harum. Bunga ini biasanya mekar pada bulan Maret hingga Mei, sehingga banyak penghobi bonsai yang menggemari jenis ini.

Asal-Usul Bonsai Asoka Kuning

Bonsai Asoka Kuning berasal dari India dan Nepal. Asoka diambil dari nama pohon Asoka yang merupakan pohon sakura dari Hindia. Pohon Asoka termasuk dalam keluarga Leguminosae, dengan nama ilmiah Saraca asoca. Pohon ini terkenal karena keindahan bunganya dan khasiatnya sebagai obat herbal. Bunga Asoka juga menjadi salah satu lambang nasional India dan Nepal.

Cara Merawat Bonsai Asoka Kuning

Untuk merawat Bonsai Asoka Kuning, kita perlu menanamnya pada media tanam yang benar, yaitu campuran antara pasir, tanah humus, dan pupuk kandang. Selain itu, Bonsai Asoka juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, sehingga sebaiknya ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Penyiraman juga perlu dilakukan secara teratur, tetapi tidak sampai membuat tanah tergenang air.

Keindahan Bonsai Asoka Kuning

Bonsai Asoka Kuning memiliki keindahan yang sangat menawan. Bunga yang kuning cerah tersebut memberikan kesan keceriaan bagi siapa saja yang melihatnya. Selain itu, aroma harum yang dihasilkan oleh bunga Asoka juga memberikan kesan rileks dan menyegarkan. Bentuk dan cabang pohon yang unik dan elegan memberikan kesan artistik dan tampilan yang memukau.

Harga Bonsai Asoka Kuning

Harga Bonsai Asoka Kuning cukup bervariasi tergantung dari usia, bentuk, dan ukuran. Untuk ukuran kecil dengan usia 1-2 tahun, harga bisa dipatok mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran besar dengan usia 4-5 tahun bisa mencapai puluhan juta rupiah.Bonsai Asoka Kuning

Kesimpulan

Bonsai Asoka Kuning adalah pilihan yang bagus untuk para penggemar bonsai yang ingin memiliki tanaman yang indah dan bunga yang harum. Merawat Bonsai Asoka Kuning membutuhkan kehati-hatian dan perawatan yang tepat, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Dengan bentuk yang unik dan keindahan bunga kuning cerah, Bonsai Asoka Kuning merupakan investasi yang bagus untuk koleksi bonsai Anda.

Bonsai Asoka Kuning

Asal Usul

Bonsai Asoka Kuning merupakan salah satu jenis bonsai yang memiliki bentuk, warna dan keindahan yang sangat memukau hati siapa saja yang menyukai tanaman hias. Tanaman Asoka Kuning ini berasal dari India selatan, tepatnya dari daerah Mysore. Tanaman ini biasanya dijumpai di gunung-gunung miring atau di tepi sungai. Pohon ini lebih sering digunakan sebagai penghias taman di sekitar bangunan atau di area publik.

Nama Latin

Tanaman Asoka Kuning memiliki nama latin yaitu Saraca Asoca. Tanaman ini tergolong dalam kategori tanaman penghias karena memiliki bunga yang sangat cantik dan berwarna kuning emas atau bahkan kuning kehijauan yang nampak begitu memukau saat dilihat.

Penyebaran

Asoka Kuning merupakan jenis tanaman asli India dan sangat cocok ditanam di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Meskipun demikian, tanaman ini juga dapat tumbuh di daerah-daerah dengan suhu yang sedikit lebih dingin. Namun dianjurkan untuk menempatkannya di tempat yang teduh, karena tanaman Asoka Kuning lebih suka tumbuh di tanah yang agak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Harga

Bonsai Asoka Kuning memang tergolong dalam jenis tanaman hias yang mahal, namun tetap sangat diminati oleh para pecinta tanaman bonsai. Harga bervariasi tergantung dari ukuran dan usia bonsai Asoka Kuning, namun kisaran harga untuk bonsai Asoka Kuning ukuran kecil mulai dari 500 ribu rupiah hingga mencapai jutaan rupiah untuk ukuran yang lebih besar.

Ciri-ciri

Ciri-ciri Bonsai Asoka Kuning terlihat dari bentuk daunnya yang memiliki ukuran kecil dan menyerupai daun tanaman Asoka lainnya yang pada umumnya berbentuk lancip dan berwarna hijau tua. Namun, yang membedakan daun Asoka Kuning dengan varietas lainnya adalah warnanya yang berubah menjadi kuning emas ketika terkena sinar matahari. Pohon Asoka Kuning juga memiliki bunga yang sangat indah dan berwarna kuning emas atau kuning kehijauan. Bunga-bunga ini terlihat begitu indah dan membuat mata siapa saja yang menyaksikan terpukau.

Perawatan

Perawatan untuk bonsai Asoka Kuning tergolong cukup mudah. Pertama, tanam bonsai Asoka Kuning di tempat yang terkena sinar matahari, namun tidak langsung. Kedua, siram bonsai Asoka Kuning secara teratur dengan air dan jangan sampai tanah terlalu kering atau terlalu basah. Ketiga, gunakan pupuk organik atau fertilizer secara berkala untuk menjaga kesuburan tanah dan pertumbuhan bonsai Asoka Kuning.

Kesimpulan

Bonsai Asoka Kuning merupakan varietas bonsai yang sangat memukau dan populer sangat besar di kalangan pecinta tanaman bonsai di Indonesia. Meskipun harga yang cukup mahal, namun dibandingkan dengan keindahan asli yang dimiliki, harga yang mahal sebanding dengan keindahan yang didapatkan dari bonsai ini. Bonsai Asoka Kuning juga mudah dijaga dan dirawat, sehingga sangat cocok untuk hiasan di rumah, taman, atau bahkan di ruang-ruang publik seperti mall atau restoran.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Asoka Kuning

Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru mengenai Bonsai Asoka Kuning. Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi bagi para pecinta bonsai untuk mengembangkan koleksi mereka. Jangan lupa untuk mengunjungi situs kami lagi di lain waktu untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang bonsai dan tanaman hias lainnya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Bonsai Asoka Kuning: Pesona Cantik dari Jepang"