Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Gaya Menggantung: Keindahan Miniatur Tumbuh di Udara

Ekormurai.com - Bonsai gaya menggantung merupakan salah satu jenis bonsai yang cukup populer saat ini. Seperti namanya, bonsai ini tumbuh dengan cara digantung dan memberikan efek yang unik serta menarik bagi penggemarnya. Teknik penanaman bonsai jenis ini cukup sulit namun tentunya tetap memungkinkan untuk dilakukan. Bonsai gaya menggantung biasanya ditanam pada pot kecil lalu digantung pada dinding atau pun pangkal pohon. Selain memberikan estetika yang menarik, bonsai gaya menggantung juga dapat menjadi penghilang stres bagi pemiliknya.

Bonsai Gaya Menggantung

Bonsai merupakan tanaman hias yang berasal dari Jepang. Bentuk tanaman hias ini sudah sangat terkenal dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Terdapat berbagai macam bentuk dari bonsai yang bisa dijadikan dekorasi di dalam rumah atau halaman. Salah satu bentuk bonsai yang sedang tren saat ini adalah bonsai gaya menggantung.

Apa itu Bonsai Gaya Menggantung?

Bonsai gaya menggantung adalah jenis bonsai yang bentuknya diubah sedemikian rupa sehingga bagian atas dari bonsai tersebut menggantung ke bawah. Bonsai gaya menggantung memiliki cara perawatan yang sama seperti bonsai pada umumnya, namun membutuhkan perhatian khusus pada pemangkasan dan penyiraman agar tetap terlihat indah.

Cara Membuat Bonsai Gaya Menggantung

Untuk membuat bonsai gaya menggantung, pertama-tama pilih tanaman bonsai yang cocok untuk dijadikan model bonsai gaya menggantung. Setelah itu, lakukan pemangkasan pada batang tanaman dan bentuk sedemikian rupa agar terlihat indah saat digantung.

Contoh Bonsai Gaya Menggantung

Salah satu contoh bonsai gaya menggantung adalah bonsai jenis String of Pearls atau Senecio rowleyanus. Bonsai ini memiliki batang yang sangat panjang dan digantung dari atas sehingga membuat bonsai terlihat unik dan menarik.
String of Pearls bonsai

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=String+of+Pearls+bonsai

Keuntungan Membeli Bonsai Gaya Menggantung

Bonsai gaya menggantung memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan bonsai biasa. Selain memberikan efek yang unik dan menarik, bonsai ini juga dapat membuat ruangan terlihat lebih fresh dan segar. Selain itu, dalam perawatannya, bonsai gaya menggantung hanya membutuhkan sedikit tempat sehingga dapat disimpan di mana saja.Bonsai gaya menggantung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan suasana dekorasi yang berbeda dan menarik. Ada banyak jenis bonsai gaya menggantung yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Jangan lupa mengecek perawatan yang diperlukan oleh bonsai gaya menggantung tersebut agar tetap indah dan segar dalam jangka waktu yang lama.

Bonsai Gaya Menggantung

Bonsai gaya menggantung, dikenal juga sebagai kengai, adalah jenis bonsai yang tumbuh dengan menjulur turun dari potnya. Bonsai gaya ini sangat khas dan menarik perhatian karena tampilannya yang unik dan berbeda. Bonsai jenis ini memerlukan perawatan khusus agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang bonsai gaya menggantung.

Asal Usul

Bonsai gaya menggantung berasal dari Jepang dan merupakan salah satu teknik dalam seni bonsai. Dalam bahasa Jepang, kengai berasal dari kata "kengiru" yang artinya menjulur atau menurun. Bonsai gaya kengai pertama kali muncul sekitar abad ke-18 di bawah pengaruh pengaruh seniman bonsai terkenal bernama Yamamoto. Yamamoto-lah yang pertama kali menciptakan bentuk bonsai gaya kengai dengan menumbuhkan pohon pinus di atas jurang dan di sisi tebing-curam.

Nama Latin

Bonsai gaya menggantung dapat dibuat dari berbagai jenis tanaman, termasuk azalea, maple, dan pohon ek. Namun, untuk bonsai gaya ini, spesies pohon cemara bentuk Aras (Picea abies) menjadi populer. Nama latin untuk tanaman ini adalah Picea abies.

Penyebaran

Bonsai gaya menggantung telah menyebar di seluruh dunia, di mana teknik ini dipelajari, dipraktekkan, dan dipertunjukkan oleh para seniman bonsai. Teknik bonsai gaya kengai juga digunakan oleh para penjual tanaman hias dalam mengekspos tanaman, dan para penggemar bonsai dalam mengekspresikan kreasi mereka.

Ciri-ciri

Bonsai gaya kengai memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis bonsai lainnya. Seperti namanya, bonsai ini tumbuh menjulur turun dan terlihat seperti tanaman yang bisa tumbuh menggantung. Biasanya, pohon yang dibentuk untuk bonsai gaya kengai memiliki bentuk seperti terompet atau payung terbalik dengan daun-daun yang rimbun dan tebal.

Perawatan

Perawatan bonsai gaya kengai membutuhkan perhatian dan kesabaran. Kemampuan untuk menebak kebutuhan tanaman, termasuk sinar matahari, air, dan nutrisi adalah salah satu kunci sukses dalam merawat bonsai gaya kengai. Tanah cenderung lebih cepat kering karena bonsai menempel di pot dan batang terlihat lebih dlliahtan. Itulah sebabnya penyiraman perlu dilakukan secara teratur, namun tidak berlebihan.Pemangkasan, teknik membuat bonsai, juga penting untuk dilakukan pada bonsai gaya kengai agar daunya tetap rimbun dan tumbuh dalam ukuran yang sesuai dengan potnya. Saat memangkas, gunakan gunting yang tajam dan bersih untuk menghindari cedera pada tanaman.

Harga

Harga bonsai gaya kengai tergantung pada jenis tanaman yang digunakan, ukuran bonsai, dan usaha yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Bonsai gaya kengai terkenal mahal karena butuh waktu dan kesabaran untuk merawat dan membentuk tanaman. Namun, bagi para penggemar bonsai, nilai dari sebuah bonsai gaya kengai sudah pasti sangat berharga.

Kesimpulan

Bonsai gaya menggantung adalah jenis bonsai yang sangat unik dan menarik perhatian. Meskipun memerlukan perawatan khusus, bonsai gaya kengai dapat menjadi hobi yang menghasilkan keindahan. Tanaman yang digunakan juga beragam, namun Picea abies menjadi pilihan populer untuk bonsai gaya kengai. Semua jenis bonsai layak dijadikan sebagai bagian dari koleksi seni bonsai Anda, tetapi menghasilkan bonsai gaya kengai dengan bentuk yang indah dan menarik adalah pencapaian yang benar-benar mengesankan.

Terima Kasih Telah Membaca Mengenai Bonsai Gaya Menggantung

Kami berharap artikel ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi para pecinta bonsai di Indonesia. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali situs kami untuk membaca berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia bonsai dan hobi lainnya. Mari kita terus berbagi dan memperkaya pengetahuan tentang keindahan alam melalui hobi yang menyenangkan ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Bonsai Gaya Menggantung: Keindahan Miniatur Tumbuh di Udara"