Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Gaya Penjing: Sejarah dan Keunikan Budaya Bonsai Cina

Ekormurai.com - Bonsai Gaya Penjing merupakan salah satu cabang seni Bonsai yang memiliki filosofi dan cara budi daya yang berbeda dengan Bonsai lainnya. Gaya Penjing berasal dari Tiongkok dan memiliki makna yang lebih luas daripada Bonsai jenis lainnya. Ia tidak hanya sekadar seni merawat dan memangkas tanaman, tetapi juga mencakup pembentukan miniatur dari suatu pemandangan alam yang indah.Bonsai Gaya Penjing memiliki tradisi yang panjang dan berkembang pesat di beberapa negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Taiwan. Bagaimana seorang Penjing-ka menghasilkan sebuah karya seni Bonsai Gaya Penjing bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan kesabaran, kreativitas, dan kepekaan terhadap alam sekitar. Bagi para penggemar atau kolektor, Bonsai Gaya Penjing dapat menjadi sebuah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai sejarah, teknik, dan filosofi dari Bonsai Gaya Penjing yang akan memberikan wawasan yang lebih dalam bagi para penggemar seni Bonsai. Yuk, simak bersama-sama!

Bonsai Gaya Penjing

Bonsai merupakan salah satu seni berkebun yang berasal dari Jepang. Bonsai dapat ditemukan di seluruh dunia dan banyak digemari oleh banyak orang karena keindahan dan kesederhanaannya. Namun, gaya bonsai tidak terbatas hanya pada gaya Jepang saja. Gaya Penjing dari Tiongkok juga menjadi salah satu gaya bonsai yang paling populer di dunia.

Apa itu Bonsai Penjing?

Bonsai Penjing sendiri berasal dari Tiongkok yang berasal dari bahasa Mandarin "pen" yang berarti pot atau wadah dan “jing” yang berarti untuk meniru atau memperdalam. Gaya bonsai ini biasanya menonjolkan bentuk pohon dengan pot di dalamnya, tanaman dan bebatuan. Secara keseluruhan, bonsai gaya Penjing menunjukkan kesan keasrian alam.

Unsur dalam Bonsai Penjing

Bonsai gaya Penjing memiliki tiga unsur, yaitu pot, tanaman, dan bebatuan. Pot dapat berupa pot batu alam atau pot yang dirancang khusus untuk mengakomodasi penampilan bonsai. Tanaman yang digunakan dalam bonsai gaya Penjing biasanya adalah jenis pohon atau semak yang cukup tua dan berumur panjang. Bebatuan yang digunakan menunjukkan kesan alamiah, yang memberikan keindahan pada bonsai.

Teknik Cina Dalam Bonsai Penjing

Gaya Penjing dari Tiongkok juga memiliki teknik khas di mana ada dua jenis pendekatan utama. Yang pertama adalah "fengjing”, di mana pohon ditanam di atas tanah yang terangkat dengan berbatu-batu. Yang kedua adalah "shanshui", di mana pohon ditanam di dataran rendah dengan sebuah rivier yang melambangkan air yang bernafaskan kehidupan. Dalam teknik ini, bonsai Penjing cenderung lebih terfokus pada pertumbuhan pohon pada dirinya sendiri, sementara pot, tanaman, dan bebatuan hanya melengkapi keasrian alam bonsai.

Perbedaan Dengan Bonsai Gaya Jepang

Perbedaan antara gaya Penjing dan bonsai gaya Jepang jelas terlihat pada elemen yang diperkenalkan dalam bonsai itu sendiri. Bonsai Jepang biasanya dikaitkan dengan kesederhanaan dan minimalisme, sementara Penjing menekankan kealamiannya. Bonsai Jepang cenderung memiliki pot yang lebih kecil dan lebih ramping daripada pot Penjing. Di sisi lain, bonsai Penjing cenderung menampilkan patung atau figur manusia atau binatang dalam simbolisme kehidupan di alam.

Kesimpulan

Bonsai gaya Penjing memang memiliki penggemar setia di seluruh dunia. Gaya ini menekankan keaslian alam dan menampilkan hanya unsur-unsurnya kompleksitas. Dalam hal ini, menghasilkan bonsai gaya Penjing sangat memerlukan ketelitian dan perjamuan terhadap tanaman itu sendiri. Bagi para pecinta bonsai Penjing atau pun bonsai pada umumnya, perawatan yang teratur dan penggunaan teknik dengan hati-hati sangat diperlukan untuk memiliki dan merawat bonsai gaya Penjing secara optimal.

Bonsai Gaya Penjing

Asal Usul

Bonsai Gaya Penjing merupakan salah satu jenis bonsai yang berasal dari Tiongkok dan memiliki sejarah yang panjang. Penjing sendiri artinya "landscaping di dalam pot" di Tiongkok. Gaya ini mulai berkembang pada zaman Dinasti Tang (618-907) dan mulai diremajakan pada waktu Dinasti Sung (960-1279) dan Yuan (1271-1368).

Nama Latin

Bonsai Gaya Penjing tidak memiliki nama latin yang spesifik. Namun, ada beberapa jenis pohon yang sering digunakan dalam pembuatan bonsai ini seperti Ficus Retusa, Juniperus Chinensis, dan Zelkova Serrata.

Penyebaran

Gaya Penjing ini mulai dikenal di seluruh dunia pada abad ke-20 dan berkembang di negara-negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Harga

Harga bonsai Gaya Penjing bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis pohonnya. Bonsai Gaya Penjing dengan ukuran kecil biasanya dijual dengan harga sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Namun, untuk bonsai Gaya Penjing dengan ukuran lebih besar bisa mencapai harga puluhan juta rupiah.

Ciri-ciri

Bonsai Gaya Penjing memiliki ciri-ciri yang khas dibandingkan dengan jenis bonsai lainnya. Gaya ini lebih mengutamakan alam semesta yang lebih lebar dan lebih alami. Selain itu, bonsai Gaya Penjing juga lebih menekankan pada unsur-unsur air dan halaman yang lebih kuat. Bentuk pot yang digunakan pada bonsai Gaya Penjing juga memiliki benda-benda lain seperti perahu, jembatan, dan akuarium.

Cara Merawat Bonsai Gaya Penjing

Untuk merawat bonsai Gaya Penjing ini, dibutuhkan perhatian yang cukup. Bonsai harus ditempatkan pada tempat yang cukup terang dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pengaturan kelembaban juga perlu diperhatikan. Pemupukan dilakukan setiap bulan sekali sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Kesimpulan

Bonsai Gaya Penjing merupakan salah satu jenis bonsai yang sangat menarik. Selain memiliki sejarah yang panjang, bonsai Gaya Penjing juga memiliki keunikannya tersendiri. Harganya yang bervariasi tidak mengurangi minat orang-orang untuk memiliki bonsai Gaya Penjing. Merawat bonsai ini tidaklah sulit jika diperhatikan dengan baik. Jika Anda tertarik untuk memiliki bonsai Gaya Penjing, pastikan untuk memilih jenis pohon yang tepat dan belajar tentang cara merawatnya dengan benar.

Salam Berbunga-bunga dengan Bonsai Gaya Penjing

Demikianlah ulasan singkat mengenai Bonsai Gaya Penjing yang memiliki sejarah yang panjang dan memiliki keunikan tersendiri. Semoga informasi yang telah disajikan dapat memberikan pencerahan bagi pembaca yang ingin mencoba memelihara bonsai gaya ini. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan! Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk mengunjungi lagi di lain waktu untuk mendapatkan informasi menarik yang lainnya. Sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Bonsai Gaya Penjing: Sejarah dan Keunikan Budaya Bonsai Cina"