Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Pohon Kelapa Gading: Seni Kecil yang Menakjubkan

Ekormurai.com - Bonsai Pohon Kelapa Gading merupakan salah satu jenis bonsai yang banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Pohon kelapa gading atau Cordyline fruticosa berasal dari pulau-pulau di Pasifik Selatan dan Tenggara, serta wilayah Australia. Bonsai dari pohon kelapa gading memiliki penampilan yang cantik dan unik dengan daun-daun lebar berwarna merah jambu hingga ungu tua. Selain itu, batangnya juga memiliki bentuk yang bercabang-cabang, menjadikan bonsai ini semakin menarik dan mempesona.

Bonsai Pohon Kelapa Gading

Pengenalan

Bonsai pohon kelapa gading merupakan sebuah jenis bonsai yang unik dan menarik. Bonsai ini berasal dari kelapa gading yang tumbuh di Afrika Barat dan Tengah. Pohon kelapa gading memiliki buah yang berbentuk bulan sabit dan sangat keras. Konon jika ditekan dengan kuat, buah ini dapat digunakan untuk membuat bunyi seperti gong.

Cara Merawat

Merawat bonsai pohon kelapa gading sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang perlu diperhatikan adalah penyiraman dan penempatan. Bonsai ini membutuhkan ruang yang cukup luas untuk tumbuh, sehingga sebaiknya diletakkan di luar ruangan atau di tempat yang terbuka. Saat menyiram, pastikan tidak terlalu banyak karena hal itu dapat membuat akar membusuk.

Keunikan Bonsai Pohon Kelapa Gading

Salah satu keunikan bonsai pohon kelapa gading adalah bentuknya yang sangat indah dan memikat. Daun-daunnya yang rimbun dan berwarna hijau menghasilkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain itu, bonsai pohon kelapa gading juga mampu mengikat karbon dioksida dan melepaskan oksigen sehingga menjadikannya sebagai salah satu tanaman yang sangat baik untuk udara.

Manfaat Bonsai Pohon Kelapa Gading

Selain keunikan yang dimilikinya, bonsai pohon kelapa gading juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi manusia. Tanaman ini mampu menghilangkan polutan di sekitar lingkungan, meredam kebisingan, serta memberikan ketenangan bagi penghuni rumah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika menggunakan bonsai pohon kelapa gading sebagai dekorasi dalam interior rumah atau kantor.

Perawatan Khusus

Meskipun tidak terlalu sulit, bonsai pohon kelapa gading membutuhkan perawatan khusus agar dapat tumbuh dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemangkasan daun dan cabang. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan bentuk bonsai. Selain itu, perlakukan juga bonsai ini dengan pupuk khusus bonsai agar nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi.Gambar Bonsai Pohon Kelapa Gading

BONSAI POHON KELAPA GADING

Asal Usul

Bonsai pohon kelapa gading adalah salah satu jenis bonsai yang berasal dari tanaman kelapa gading. Tanaman kelapa gading sendiri merupakan tanaman yang berasal dari wilayah tropis dan dikenal sebagai salah satu jenis palma yang memiliki ukuran kecil. Bonsai pohon kelapa gading pertama kali berkembang di Asia Timur dan secara bertahap menyebar ke seluruh dunia bersama dengan popularitas budaya bonsai yang semakin berkembang.

Nama Latin

Nama latin untuk pohon kelapa gading adalah Adonidia merrillii. Pohon ini termasuk dalam famili Arecaceae dan lebih dikenal sebagai Christmas Palm atau Manila Palm.

Penyebaran

Pohon kelapa gading sendiri berasal dari Filipina dan menyebar ke seluruh kawasan Asia sebagai tanaman hias. Banyak negara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia yang kini membudidayakan pohon kelapa gading sebagai tanaman hias dan bahan dasar dalam pembuatan bonsai.

Ciri-Ciri

Bonsai pohon kelapa gading memiliki ciri-ciri yang cukup unik. Seperti halnya pohon kelapa gading pada umumnya, bonsai ini memiliki daun yang tersegmentasi dan bunga kecil yang tumbuh di cabangnya. Namun, yang paling membedakan dengan pohon kelapa gading biasa adalah bentuk batang yang lebih kecil serta penampilan daun yang lebih rapi dan teratur.

Harga

Harga bonsai pohon kelapa gading cukup bervariasi tergantung pada ukuran, bentuk, dan kualitasnya. Bonsai kelapa gading kecil dengan diameter mencapai 20-30 cm dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 500.000,- sementara bonsai pohon kelapa gading besar dengan diameter mencapai 70-80 cm dapat terjual dengan harga sampai puluhan juta rupiah.

Peluang Bisnis

Bonsai pohon kelapa gading merupakan salah satu jenis bonsai yang cukup populer dan diminati di pasaran. Banyak pecinta bonsai yang mengoleksi jenis bonsai ini karena keunikan bentuk batang dan penampilan daunnya. Jika Anda memiliki keterampilan dalam merawat dan membentuk bonsai, membuka usaha budidaya bonsai pohon kelapa gading bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Perawatan

Bonsai pohon kelapa gading harus ditempatkan di tempat yang cukup terang, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Tanah yang digunakan harus terdiri dari tanah berpasir di campur dengan kompos yang mampu menahan kelembaban. Selain itu, perawatan bonsai pohon kelapa gading juga memerlukan pemangkasan daun dan cabang secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukurannya.

Kesimpulan

Bonsai pohon kelapa gading adalah salah satu jenis bonsai yang sangat diminati karena keunikan bentuk batang dan penampilan daunnya. Pohon ini memiliki ciri-ciri yang unik dan memerlukan perawatan khusus agar tetap sehat dan terlihat indah. Dengan harga yang cukup bervariasi, bonsai pohon kelapa gading menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang memang memiliki keahlian dalam merawat dan membentuk bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Bonsai Pohon Kelapa Gading Ini

Selamat sudah menyelesaikan membaca artikel ini! Kami berharap informasi mengenai bonsai pohon kelapa gading ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman bonsai. Kami juga mengundang Anda untuk berbagi pengalaman dan informasi seputar bonsai pohon kelapa gading di kolom komentar. Sampai jumpa kembali!

Posting Komentar untuk "Bonsai Pohon Kelapa Gading: Seni Kecil yang Menakjubkan"