Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bonsai Sisir Termahal di Dunia: Keindahan yang Merupakan Investasi

Ekormurai.com - Bonsai Sisir, juga dikenal sebagai bonsai Shrub atau bonsai Kiyohime, adalah salah satu jenis bonsai yang termahal di dunia. Dinamai sesuai dengan bentuk fisiknya yang menyerupai sisir, Bonsai Sisir adalah pohon kecil yang tumbuh dari benih varietas Acer palmatum yang berasal dari Jepang. Dengan bentuk yang unik dan cantik, serta nilai historis dan budaya yang tinggi, tidak heran jika Bonsai Sisir menjadi salah satu bonsai termahal yang dicari para kolektor. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Bonsai Sisir Termahal dan sejarah serta karakteristiknya.

Bonsai Sisir Termahal

Definisi Bonsai Sisir

Bonsai Sisir atau dalam bahasa jepang disebut "Buksi-zoku" adalah jenis bonsai asal Jepang yang terkenal dengan perawatan dan pemeliharaannya yang rumit dan menuntut keahlian khusus. Jenis bonsai ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 cm dengan daun yang kecil dan rimbun.

Asal Muasal Harga Mahal

Bonsai Sisir bisa mencapai harga jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Hal ini dikarenakan keterbatasan pasokan dan kesulitan dalam menghasilkan bonsai ini. Dalam beberapa kasus, bonsai jenis ini memerlukan waktu dan perawatan selama puluhan tahun untuk mencapai bentuk sempurna dan menakjubkan.

Apa yang Membuat Bonsai Sisir Begitu Berharga

Bonsai Sisir termahal memiliki umur ratusan bahkan ribuan tahun. Selain itu, proses penyelamatan dan pemulihan terhadap jenis tanaman yang hampir punah juga menjadi faktor harga mahalnya jenis bonsai ini. Bonsai Sisir termahal biasanya memiliki ciri khas seperti kondisi akar yang terpelihara dengan baik, bentuk batang yang unik, serta cabang dan daun yang menyatu secara simetris.

Bonsai Sisir Termahal di Dunia

Salah satu bonsai sisir termahal di dunia adalah Seikou-En (Pohon Kehidupan). Bonsai ini memiliki umur sekitar 1.000 tahun dan dijual seharga 11,8 juta yen atau sekitar 1,3 miliar rupiah pada tahun 2019. Bonsai lainnya termasuk Shunkaen Gold yang memiliki harga sekitar 15 juta yen atau sekitar 1,8 miliar rupiah.

Perawatan Bonsai Sisir

Perawatan bonsai sisir tidaklah mudah. Tanaman ini memerlukan air yang cukup, sinar matahari yang optimal, serta nutrisi khusus dan perlindungan dari serangan hama dan penyakit. Selain itu, bonsai sisir juga harus dipangkas secara teratur untuk mempertahankan bentuk dan kesehatannya.Bonsai Sisir

Bonsai Sisir Termahal: Mewahnya Keindahan Alam dalam Bentuk Miniatur

Bonsai merupakan seni berkebun yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Seni yang berasal dari Asia ini merupakan salah satu bentuk seni dalam mengolah dan merawat tanaman untuk membentuk tanaman menjadi miniatur yang cantik dan unik. Bonsai tak hanya dirawat sebagai tanaman hias, tetapi juga dianggap sebagai karya seni. Bonsai Sisir merupakan salah satu jenis bonsai yang termahal di dunia.

Asal Usul

Bonsai Sisir yang juga dikenal dengan nama Pagoda, berasal dari Tiongkok. Tanaman yang berjenis conifer atau bijao ini ditemukan pada tahun 1880 di Jepang oleh seorang dendrologis bernama Von Siebold. Tanaman bonsai sisir yang berusia lebih dari seratus tahun termasuk bonsai langka yang diambil dari pepohonan besar dan tua.

Nama Latin

Nama latin dari Bonsai Sisir adalah Sciadopitys Verticillata. Tanaman ini berasal dari keluarga Pinaceae.

Penyebaran

Bonsai Sisir dapat tumbuh subur pada tanah yang lembab dan subur. Tanaman ini ditemukan di berbagai tempat di Asia, seperti di Jepang dan Korea Utara.

Harga

Bonsai Sisir termahal dijual pada harga yang fantastis, sekitar $1,3 juta atau sekitar Rp19 milyar. Hal ini disebabkan oleh keunikan dari tanaman kecil ini, yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk mencapai ukuran dan bentuk yang sempurna.

Ciri-Ciri

Bonsai Sisir memiliki ciri khas seperti bentuk yang menyerupai pagoda, dengan cabang dan daun yang menyebar ke samping. Ukuran dari Bonsai Sisir ini bervariasi, mulai dari ukuran mini hingga besar. Bonsai Sisir yang berusia lebih dari seratus tahun memiliki ciri khas batang yang rapat dan unik. Daun dari Bonsai Sisir berbentuk seperti sisir dan berwarna hijau kebiruan. Akar dari Bonsai Sisir tampak seperti sedotan dengan ujung kecil yang mengarah ke dalam tanah.

Perawatan

Untuk merawat Bonsai Sisir yang mahal ini, tidak sembarang perawatan bisa diberikan. Bonsai Sisir memiliki kebutuhan yang khusus dalam hal perawatan. Bonsai Sisir membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk bertumbuh, namun jangan membiarkannya terkena sinar matahari yang terlalu terik, karena bisa merusak daunnya yang lembut. Sedangkan untuk tanah, Bonsai Sisir membutuhkan tanah yang sedikit asam dan lembab. Hirupan udara segar adalah faktor penting bagi pertumbuhan Bonsai Sisir, sehingga perlu diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.Bonsai Sisir merupakan salah satu jenis bonsai termahal di dunia yang membutuhkan perawatan khusus untuk memberikan hasil yang optimal. Dalam menyukai dan merawat Bonsai Sisir, kita juga turut memahami keindahan alam di sekitar kita, sekaligus menghargai keindahan dan kemewahan tanaman yang menjadi kebanggaan satu internasional.

Terima Kasih Sudah Membaca

Kami harap kamu menikmati membaca artikel tentang Bonsai Sisir Termahal. Semoga kamu juga termotivasi untuk mulai merawat bonsai di rumahmu sendiri. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke website kami lain waktu untuk membaca artikel menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!

Posting Komentar untuk "Bonsai Sisir Termahal di Dunia: Keindahan yang Merupakan Investasi"