Yukternak.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Neagari Bonsai Style: Cara Membentuk Tanaman Bonsai yang Mengagumkan

Ekormurai.com - Neagari Bonsai Style merupakan salah satu jenis gaya yang cukup populer dalam dunia bonsai. Gaya ini dikenal juga sebagai gaya "akar menggulung" karena keunikan desainnya yang memperlihatkan akar dari pohon bonsai melilit atau menggulung batang atau batang-batang yang dijadikan dasar. Neagari Bonsai Style banyak ditemukan pada pohon-pohon bonsai yang ditanam di tanah terbuka. Gaya ini sangat menarik dan menjadi incaran para ahli bonsai karena keunikannya yang mampu memberikan keindahan tersendiri pada tanaman bonsai tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang Neagari Bonsai Style dan cara membuatnya.

Neagari Bonsai Style

Pendahuluan

Neagari adalah salah satu gaya bonsai yang sangat populer di kalangan pecinta bonsai di seluruh dunia. Gaya ini ditandai dengan batang yang menjulang tinggi dari pot dan akar yang menyerupai pohon besar di alam liar. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang Neagari Bonsai Style.

Asal Usul

Gaya Neagari berasal dari Jepang. Istilah "neagari" sendiri merujuk pada batang pohon yang ditemukan berdiri tegak di atas permukaan tanah. Gaya Neagari pertama kali muncul pada abad ke-17 dan sejak itu menjadi salah satu gaya bonsai yang paling populer di Jepang.

Cara Pembuatan

Untuk membuat Neagari bonsai, Anda perlu memilih tanaman yang cocok untuk gaya ini. Pohon yang ideal harus memiliki batang yang lurus dan kokoh serta akar yang lebar dan kuat. Setelah Anda memilih pohon yang tepat, pot harus diposisikan sedemikian rupa sehingga akar bisa ditempatkan di luar pot. Kemudian, tekan atau lipat akar dengan hati-hati sehingga membentuk akar yang terlihat menjulang dari permukaan tanah. Tahap berikutnya adalah memangkas pohon hingga sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Perawatan

Perawatan Neagari bonsai tidak jauh berbeda dengan perawatan bonsai pada umumnya. Pohon harus disiram secara teratur dan diberi pupuk secara rutin. Batang dan akar juga perlu dijaga kelembapannya agar tetap sehat dan tampak indah. Setiap beberapa tahun sekali, pohon perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar untuk memberikan ruang bagi pertumbuhan akar.

Keunggulan

Neagari Bonsai Style memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan gaya bonsai lainnya. Selain terlihat mewah, gaya ini juga memberikan kesan alami yang kuat sehingga membuat Anda merasakan keindahan alam yang sebenarnya. Selain itu, Neagari Bonsai dapat menjadi benda hias yang indah dan menghasilkan karya seni yang luar biasa.
Neagari Bonsai Style

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Neagari+Bonsai+Style

Neagari Bonsai Style

Neagari Bonsai Style merupakan salah satu gaya bonsai yang sering digunakan oleh para penikmat seni bonsai. Gaya ini terkenal dengan akar-akar bonsai yang berada di bagian atas pot atau tanah dan biasa dijumpai pada tanaman jenis pohon atau semak.

Asal Usul

Sejarahnya, Neagari Bonsai Style berasal dari Jepang dan mulai diperkenalkan pada awal abad ke-20. Gaya ini merupakan bagian dari tradisi bonsai yang sudah berusia ratusan tahun. Beberapa sumber menyebutkan bahwa gaya ini sudah menjadi populer sejak zaman Edo pada abad ke-17.

Nama Latin

Tanaman yang umumnya digunakan untuk menciptakan gaya Neagari ini adalah spesies Pinus atau Juniperus. Untuk jenis Pinus, nama latinnya adalah Pinus sp., sedangkan untuk Juniperus, nama latinnya adalah Juniperus sp.

Penyebaran

Neagari Bonsai Style dikenal banyak digunakan di berbagai negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Eropa, hingga Asia Tenggara. Banyak juga penghobi bonsai yang mengembangkan variasi gaya ini dengan berbagai penyesuaian dan modifikasi.

Ciri-Ciri

Ciri utama dari gaya Neagari ini adalah akar-akar yang keluar dari permukaan tanah. Dalam pemilihan jenis tanaman, umumnya dipilih jenis pohon atau semak yang memiliki bentuk akar yang indah dan memikat. Selain itu, dalam gaya Neagari, bagian pangkal batang bonsai seringkali ditonjolkan sebagai salah satu elemen penting dalam estetika bonsai.

Harga

Harga dari bonsai Neagari sangat bervariasi tergantung dari faktor-faktor seperti ukuran, umur, dan keindahan akar-akar bonsai tersebut. Bonsai Neagari yang paling umum dapat ditemukan di pasaran dijual dengan harga mulai dari beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah.

Pengembangan dan Modifikasi

Seiring perkembangan zaman, Neagari Bonsai Style terus mengalami berbagai pengembangan dan modifikasi. Beberapa variasi yang umum ditemukan adalah dengan menggabungkan gaya Neagari dengan gaya bonsai lain seperti Moyogi atau Shakan. Selain itu, ada juga penghobi bonsai yang menciptakan gaya Neagari dengan menggunakan tanaman pohon buah seperti apel atau persik.

Kesimpulan

Neagari Bonsai Style merupakan salah satu gaya bonsai yang terkenal dengan akar-akarnya yang memikat dan keluar dari permukaan tanah. Gaya ini berasal dari Jepang dan sudah menjadi populer sejak zaman Edo pada abad ke-17. Gaya ini dapat diterapkan pada berbagai jenis tanaman seperti Pinus atau Juniperus, dan umum ditemukan di berbagai negara. Neagari Bonsai Style terus berkembang dan mengalami modifikasi oleh para penghobi bonsai.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Gaya Tanaman Bonsai Neagari

Semoga artikel ini memberikanmu pengetahuan dan kepuasan dalam mempelajari seni bonsai. Jangan lupa kunjungi lagi situs kami untuk membaca artikel menarik lainnya seputar dunia bonsai. Selamat berkebun!

Posting Komentar untuk "Neagari Bonsai Style: Cara Membentuk Tanaman Bonsai yang Mengagumkan"